Tanggal:30 April 2024

Memahami People Management, Pengertian, Keterampilan, Cara Meningkatkannya

Jika kamu ingin atau sudah menjadi seorang pemimpin, baik dalam perusahaan, tim, atau circle kerja, kamu membutuhkan skill people management atau manajemen orang. Alasan mendasarnya karena kamu pasti akan mengorganisir atau mengatur orang lain agar sesuai dengan tugasnya sehingga apabila kamu tidak memiliki kemampuan ini maka akan kesulitan.

Nah, dari alasan yang telah disebutkan, berikut akan dijelaskan tentang, apa itu people management? Keterampilan apa saja yang dibutuhkan? Dan bagaimana cara meningkatkan people management? Pahami dengan seksama, ya!

Baca juga:  8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

Apa itu People Management?

People Management (Sumber: Freepik.com)

People management adalah skill untuk mengatur, mengarahkan, memberi motivasi, dan solusi kepada karyawan atau bawahan untuk meningkatkan kinerja agar lebih terarah sesuai tugasnya dan mendorong agar lebih professional.

Seorang pemimpin, seperti manajer harus memperhatikan skill ini karena harus mengatur dan memperhatikan work flow karyawan serta mampu memberikan solusi dan motivasi kepada karyawan agar selalu semangat dalam menyelesaikan segala pekerjaan.

Seorang manajer harus bekerja keras untuk membantu meningkatkan kinerja karyawannya. Dengan adanya skill ini, menjadikan karyawan lebih bagus performanya, disiplin, professional, betah dengan pekerjaannya, dan manajer mampu mengatasi permasalahan yang terjadi dalam perusahaan dengan cermat.

Keterampilan yang Dibutuhkan dalam People Management

People Management (Sumber: Freepik.com)

Pada kemampuan people management, terdapat keterampilan-keterampilan yang harus dimiliki untuk menunjang keberhasilannya. Berikut penjelasan tentang keterampilan dalam people management  yang harus diperhatikan.

1. Komunikasi

Komunikasi merupakan keterampilan yang wajib dimiliki oleh setiap orang di era society 5.0. Keterampilan ini sangat penting untuk dikuasai dan diimplementasikan dalam people management, karena secara langsung kamu akan selalu berkomunikasi dengan karyawan atau relasi di luar perusaahan untuk membangun kerja sama dengan baik.

Tanpa kemampuan komunikasi yang mumpuni, sulit bagi kamu untuk menyampaikan informasi dengan detail dan jelas kepada karyawan atau lawan bicaramu.

2. Keterbukaan

Tidak hanya kemampuan berkomunikasi, sikap terbuka terhadap kritik dan saran yang membangun perlu dibiasakan. Terkadang pemimpin yang memiliki sifat otoriter atau perfeksionis tidak mau dikritik atau diberi saran terhadap perusahaannya karena merasa dirinya atau hasil usahanya direndahkan. Padahal kritik dan saran itu sangat diperlukan dalam berjalannya sebuah perusahaan, lho.

Kemampuan mendengar harus diasah dan dibiasakan. Kita sebagai manajer tidak tahu kekurangan atau kecacatan dalam berjalannya perusahaan kecuali dari karyawan atau orang lain yang berkecimpung dalam membangun bisnis tersebut.

Selain itu, kegiatan mendengar ini juga berfungsi sebagai sarana untuk lebih dekat dengan karyawan karena pastinya setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulan. Akan mendapat keluhan yang dirasakan oleh karyawan dalam bekerja sehingga kamu sebagai pemimpin dapat mengomentari dan memberi solusi dengan baik.

3. Manajemen konflik

Tidak dapat dipungkiri bahwa konflik dapat terjadi di mana-mana dan kapan saja, seperti perbedaan pendapat, iri kepada sesama rekan kerja, dan lainnya. Keberadaan manajer dituntut untuk mampu menyelesaikan konflik yang terjadi dengan cepat dan akurat.

Kemampuan ini sangat diperlukan dalam people management, pasalnya apabila konflik dalam sebuah perusahaan tidak ditangani dengan cepat dan akurat maka dimungkinkan akan terjadi perpecahan dan akan mengganggu kerja karyawan hingga mengganggu stabilitas perusahaan.

4. Kolaborasi dan elaborasi

Kemampuan kolaborasi dan elaborasi merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kerja tim. Mengutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kolaborasi merupakan kerja sama untuk  mewujudkan sesuatu yang ingin dicapai, sedangkan elaborasi merupakan penngerjaan secara tekun dan cermat.

Kedua aspek tersebut berjalan beriringan dan tidak dapat dipisahkan sehingga bagi manajer harus melakukan kolaborasi dengan perusahaan atau pihak yang berkaitan dengan pengembangan perusahaan, atau dengan sesama karyawan dan juga mampu menjaganya dengan berupaya untuk melakukannya dengan tekun dan cermat.

5. Fleksibel

Seorang manajer dituntut harus memiliki waktu yang fleksibel di tengah padatnya jadwal. Hal ini berpengaruh dengan kualitas manajemen waktu dan orang yang kamu miliki.

Fleksibilitas manajer bisa diwujudkan dalam satu waktu bisa mengerjakan berbagai hal, seperti dalam meeting atau saat bertemu dengan klien tetap mampu memantau progres karyawannya. Hal ini menjadi nilai lebih di mata karyawan sehingga merasa nyaman dalam bekerja.

Baca juga:  Tipe Kepemimpinan Transformasional

Cara Meningkatkan Kemampuan People Management

People Management. Freepik.com

Kemampuan people management dapat dikembangkan dengan baik sejak dini, sehingga bagi kamu yang belum menguasai, tidak ada kata terlambat untuk meningkatkan kemampuan ini. berikut akan dijelaskan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan people management.

1. Fokus pada satu keterampilan

Dalam kemampuan people management terdapat banyak keterampilan yang diperlukan. Namun, dalam tahap belajar, kamu tidak perlu langsung mempelajari keseluruhan keterampilan yang ada, tetapi lebih dianjurkan untuk fokus pada satu keterampilan terlebih dahulu.

Contoh, kamu ingin memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah maka kamu hanya perlu fokus pada keterampilan manajemen konflik hingga benar-benar paham dan mampu mengimplementasikannya. Setelah itu, baru kamu bisa pindah ke keterampilan lain dengan tetap menjaga keterampilan sebelumnya.

2. Mencari mentor

Dengan kesesuaian seseorang dalam belajar, terkadang ada yang mampu belajar secara otodidak dan ada yang hanya bisa belajar jika ada mentor. Keduanya tidak ada yang salah, namun jika kamu memiliki mentor, kamu akan mendapat feedback atas setiap progres yang telah kamu lakukan dan menjadi bahan evaluasi atas kemampuan dalam people management

3. Sharing dengan sesama manajer

Kegiatan sharing atau bertukar cerita antar sesama manajer tentang bisnis merupakan hal yang menyenangkan dan berdampak bagi perusahaan agar lebih baik. Dalam kegiatan sharing, seorang manajer akan mendapat insight baru yang meungkin belum ditemukan dalam perusahaannya karena mereka saling bertukar pikiran dan memberi masukkn terhadap apa yang sedang dialami dalam perusahaannya.

Baca juga:  3+ Tugas Manajemen Puncak Dalam Perusahaan

Demikian penjelasan singkat mengenai kemampuan people management. Ingat, kemampuan people management merupakan kunci bagi seorang pemimpin, terutama manajer agar mampu memanajemen karyawan sesuai dengan tugasnya dan mampu meciptakan suasana yang nyaman dalam bekerja.

Supaya skill atau kemampuan dalam dunia kerjamu semakin berkembang, Vocasia menyediakan beragam informasi seputar skill dalam dunia kerja atau bisnis. Berikut tautannya: Kursusu Bisnis Vocasia.

Yuk, segera daftar dan dapatkan pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat bagi perusahaan kamu!

Sukses karir profesional - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *