Site icon Vocasia

Apa bedanya Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

Komunikasi terdiri dari berbagai jenis, di antaranya adalah komunikasi intrapersonal dan komunikasi interpersonal. Kedua jenis komunikasi tersebut sangatlah penting untuk pengembangan diri.

Apakah Anda tahu perbedaan dari keduanya? Jika belum, mari baca artikel ini sampai selesai, sehingga Anda dapat mengetahui perbedaan komunikasi intrapersonal dan interpersonal serta manfaatnya bagi diri dan kehidupan Anda.

Pengertian Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Komunikasi intrapersonal atau komunikasi intrapribadi adalah komunikasi yang dilakukan kepada diri sendiri, di mana Anda tak hanya berperan sebagai komunikator, namun juga sebagai komunikan. Berikut ini, beberapa pengertian komunikasi intrapersonal menurut para ahli.

Perbedaan Antara Komunikasi Intrapersonal Dan Interpersonal

Intrapersonal dan interpersonal adalah dua bentuk dasar komunikasi manusia. Kedua jenis komunikasi ini menyebar dalam segala aspek kehidupan manusia. Dari buaian sampai liang lahat, orang terus menerus terlibat dalam komunikasi intrapersonal.

Unsur – unsur Komunikasi Intrapersonal

Ciri – ciri Komunikasi Interpersonal

Tujuan Komunikasi interpersonal

Bentuk Komunikasi interpersonal

Kesimpulan

Perbdaan komunikasi intrapersonal, interpersonal dan komunikasi bermedia terletak pada orangyang memerankannya serta media yang digunakannya. Komunikasi intrapersonal dilakukanhanya pribadi orang itu sendiri, seperti berkhayal, melamun, berimajinasi dan lain-lain.

Komunikasi interpersonal dilakukan oleh seseorang dengan individu, organisasi dan lain sebagainya, secara tatap muka. Sedang komunikasi bermedia merupakan komunikasi interpersonal namun dilakukan melalui media secara tidak langsung (tidak berhadapan)

Adapun komponen-komponen komunikasi massa secara umum ada empat : sumber(source),  pesan (message), saluran atau media (channel), penerima (reciever),

Exit mobile version