Site icon Vocasia

Apa itu Virtual Account? Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Kemajuan era digital kini benar-benar membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Virtual account adalah salah satu inovasi yang lahir dari kemajuan digital saat ini. Adanya virtual account (VA) ini tentu sangat mempermudah aktivitas jual beli secara online.

Berbeda ketika menggunakan layanan transfer manual, kamu akan mendapati bahwa rekening tujuan saat mengirim uang via virtual account berbeda untuk setiap orang. Hal ini tidak lain karena akun virtual account memang dibuat secara khusus bagi setiap pengguna. Akun tersebut tidak bisa dipakai oleh orang lain.

Dalam praktiknya, setiap VA mempunyai bentuk yang berbeda disesuaikan dengan provider atau bank. Hanya saja, penggunaan VA biasanya dalam bentuk kombinasi angka atau kombinasi angka dan huruf yang unik. Setiap akun juga mempunyai kombinasi yang berbeda antara satu sama lain.

Lantas, apa sebenarnya pengertian virtual account tersebut? Apa manfaatnya? Dan bagaimana cara kerjanya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer di Indonesia

Pengertian Virtual Account

Pengertian Virtual Account. Sumber: pexels.com

Virtual Account adalah akun/rekening bank yang dibuat secara virtual, di mana umumnya berbentuk kombinasi angka unik, yang dapat digunakan untuk melakukan identifikasi pembayaran. Bentuk VA bisa berbeda-beda sesuai provider/bank penggunanya. Akan tetapi umumnya virtual account berbentuk kombinasi angka atau angka-huruf.

Saat terjadi transaksi, perusahaan akan memberikan virtual account kepada pelanggan berupa nomor ID. Nomor tersebut yang kemudian digunakan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi. Virtual account didesain untuk memunculkan nomor ID yang unik dan berbeda bagi setiap transaksi pelanggan.

Keunggulan dari virtual account adalah tidak perlu menyimpan bukti atau melakukan konfirmasi pembayaran. Ketika sudah dilakukan pembayaran melalui VA, maka otomatis dideteksi oleh bank tanpa menunjukkan bukti pembayaran.

Baca juga: Apa Saja Alat Pembayaran Non Tunai?

Manfaat Virtual Account

Manfaat Virtual Account. Sumber: pexels.com

Virtual account adalah produk financial technology (fintech) luar biasa yang telah mengubah gaya bertransaksi masyarakat. Ada banyak manfaat VA bagi para penggunanya, berikut uraiannya di bawah ini.

1. Melayani Segala Jenis Transaksi

Saat ini, berbagai provider virtual account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif agar transaksi kamu lebih mudah. Sebagian besar layanan VA yang ada saat ini sudah bisa kamu akses di berbagai marketplace dan aplikasi. Sehingga jika kamu ingin membeli produk/menarik dana secara online, kamu tinggal memakai VA saja.

2. Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran

Keunggulan dari virtual account berikutnya ialah tidak perlu menyimpan bukti atau melakukan konfirmasi pembayaran. Ketika sudah dilakukan pembayaran melalui VA maka otomatis dideteksi oleh bank tanpa menunjukkan bukti pembayaran.

3. Dapat Dilakukan Di Mana Pun & Kapan Saja

Virtual account (VA) menawarkan fleksibilitas transaksi. Adanya VA mendukung transaksi di mana pun dan kapan saja bahkan 24 jam non stop. Metode pembayarannya bisa melalui m-banking atau via ATM.

4. Birokrasi Lebih Singkat

Manfaat berikutnya yaitu birokrasi lebih singkat, praktis, dan tidak memakan waktu. Saat ke bank/ATM, kamu mungkin perlu mengantri terlebih dulu sebelum bisa bertransaksi. Ini belum menghitung risiko menunggu pelayanan teller terlalu lama atau kerusakan ATM. Hal-hal semacam ini tidak perlu kamu hadapi saat menggunakan VA.

5. Lebih Aman

Selain lebih praktis, VA juga lebih aman dibandingkan transaksi manual. Nomor unik VA cenderung diatur kadaluarsa agar transaksi lebih cepat diselesaikan. Hal ini dapat mencegah penyalahgunaan nomor VA oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, dan Manfaat

Cara Kerja Virtual Account

Cara Kerja Virtual Account. Sumber: pexels.com

Cara kerja virtual account adalah relatif, sesuai providernya dan di mana akun VA tersebut dipasang. Akan tetapi secara umum, berikut ini alur kerja VA mulai dari awal pembayaran sampai konfirmasinya:

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian, manfaat, serta cara kerja virtual account. Dari pembahasan ini, kamu jadi tahu kalau virtual account adalah layanan yang memberi banyak kemudahan, kan? Tidak hanya bagi kamu yang seorang pelanggan, tetapi juga untuk kamu yang memiliki bisnis online.

Baca juga: Pengertian Payroll: Manfaat dan Metodenya

Exit mobile version