Tanggal:17 June 2024

Business Intelligence Analyst: Tugas, Skill, Gaji, Jenjang Karir dan Tipsnya

Dalam era digital yang semakin berkembang, data telah menjadi aset berharga bagi perusahaan-perusahaan di berbagai industri. Sejalan dengan hal tersebut, peran seorang Business Intelligence Analyst menjadi sangat penting dalam memahami dan mengoptimalkan data bisnis. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai aspek terkait peran ini, termasuk tugas utama, keterampilan yang diperlukan, perkiraan gaji, jenjang karir yang dapat dikejar, serta beberapa tips berguna bagi mereka yang tertarik membangun karir di bidang ini. Yuk disimak!

1. Pengertian

Business Intelligence Analyst adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data bisnis untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih cerdas. Mereka menggunakan perangkat lunak analisis data dan alat visualisasi untuk menyajikan informasi yang relevan kepada manajemen dan pemangku kepentingan bisnis.

2. Tugas

Seorang Business Intelligence Analyst memiliki tugas-tugas sebagai berikut:

  1. Mengumpulkan data bisnis dari berbagai sumber, baik internal maupun eksternal perusahaan.
  2. Menganalisis data menggunakan teknik statistik dan perangkat lunak analisis data untuk menemukan tren, pola, dan wawasan bisnis yang relevan.
  3. Menggunakan alat visualisasi data untuk membuat grafik, dashboard, dan laporan yang mudah dimengerti, sehingga memungkinkan manajemen membuat keputusan berdasarkan informasi yang jelas dan terperinci.
  4. Memiliki pemahaman mendalam tentang industri dan bisnis perusahaan, sehingga analisis yang dilakukan relevan dan bermanfaat bagi perusahaan.
  5. Menggunakan teknik pemodelan prediktif untuk meramalkan tren masa depan berdasarkan data historis, membantu perusahaan dalam perencanaan strategis.
  6. Memberikan rekomendasi berdasarkan analisis data untuk membantu manajemen membuat keputusan yang lebih baik dalam hal strategi bisnis, pemasaran, dan operasional.
  7. Memastikan bahwa sistem Business Intelligence berfungsi dengan baik, mengelola dan membersihkan data, serta melakukan pemeliharaan rutin untuk memastikan integritas data.
  8. Menyusun laporan reguler untuk memantau kinerja bisnis, mempresentasikan temuan kepada manajemen, dan memberikan wawasan untuk mendukung pengambilan keputusan.

3. Skill

Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang Business Intelligence Analyst:

  1. Analisis data
  2. Manajemen data
  3. Problem-solving dan kreativitas
  4. Pengetahuan industri yang spesifik
  5. Kemampuan komunikasi. Dalam bisnis kemampuan ini sangat penting, mulailah mengikuti kursus-kursus seperti kursus Sukses Karir Profesional Melalui Komunikasi Publik agar mampu melakukan Public Speaking dengan karakter yang unik dari diri Anda.
  6. Visualisasi dan interpretasi data. Anda dapat mengikuti kursus Data Analisis Menggunakan Google Data Studio. Kursus ini dapat membantu anda memvisualisasikan data atau menyajikan data dengan mudah dan cepat menggunakan Google Data Studio.
  7. Kemampuan teknis seperti data mining, analisis statistik, dan analisis deskriptif
  8. Kemampuan untuk mempersiapkan data
  9. Kemampuan untuk memahami model bisnis perusahaan
  10. Kemampuan untuk mengelola proyek
  11. Kemampuan untuk memahami teknologi yang digunakan dalam bisnis intelligence
  12. Kemampuan untuk membuat keputusan bisnis yang strategis

4. Gaji

Gaji seorang Business Intelligence Analyst bervariasi tergantung pada pengalaman, keterampilan, dan lokasi kerja. Berikut adalah perkiraan gaji seorang Business Intelligence Analyst di Indonesia:

  • Gaji awal: sekitar 8 juta hingga 12 juta rupiah per bulan
  • Gaji menengah: sekitar 12 juta hingga 20 juta rupiah per bulan
  • Gaji tinggi: sekitar 20 juta hingga 30 juta rupiah per bulan

Namun, perlu diingat bahwa gaji seorang Business Intelligence Analyst dapat berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan industri tempat mereka bekerja.

5. Jenjang Karir

Seorang Business Intelligence Analyst dapat mengejar karir yang beragam dalam bidang teknologi informasi dan bisnis. Berikut adalah beberapa jenjang karir yang dapat diambil oleh seorang Business Intelligence Analyst:

1. Business Intelligence Developer

Seorang Business Intelligence Developer bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara sistem business intelligence yang digunakan oleh perusahaan. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara database dan data warehouse.

2. Business Intelligence Manager

Seorang Business Intelligence Manager bertanggung jawab untuk mengelola tim Business Intelligence dan memastikan bahwa sistem dan proses bisnis berjalan dengan baik. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis dan memastikan bahwa data yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat.

3. Data Analyst

Seorang Data Analyst bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data untuk membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Mereka juga bertanggung jawab untuk membuat laporan dan visualisasi data yang dapat digunakan oleh pemangku kepentingan.

4. Data Scientist

Seorang Data Scientist bertanggung jawab untuk mengembangkan model prediktif dan algoritma yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku pelanggan dan tren pasar. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memelihara sistem machine learning dan artificial intelligence.

5. Business Analyst

Seorang Business Analyst bertanggung jawab untuk menganalisis proses bisnis dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi bisnis dan memastikan bahwa perusahaan dapat mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan.

6. Chief Data Officer

Seorang Chief Data Officer bertanggung jawab untuk mengembangkan strategi data dan memastikan bahwa data yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat. Mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi peraturan dan kebijakan privasi data yang berlaku.

Dalam mengambil jenjang karir, seorang Business Intelligence Analyst harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk setiap posisi yang diinginkan.

6. Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang Business Intelligence Analyst yang sukses:

1. Pelajari teknologi dan alat BI

Seorang Business Intelligence Analyst harus memiliki pengetahuan yang baik tentang teknologi dan alat BI seperti Python, R, Tableau, dan Power BI. Pelajari dan tingkatkan keterampilan Anda dalam menggunakan alat-alat ini untuk menghasilkan laporan dan visualisasi data yang akurat dan bermanfaat.

2. Pelajari bisnis

Seorang Business Intelligence Analyst harus memahami bisnis dan proses bisnis perusahaan. Pelajari bagaimana data dapat digunakan untuk mengambil keputusan bisnis yang tepat dan bagaimana data dapat membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

3. Pelajari analisis data

Seorang Business Intelligence Analyst harus memiliki kemampuan analisis data yang baik. Pelajari teknik analisis data seperti data mining, analisis statistik, dan analisis deskriptif untuk membantu Anda menghasilkan wawasan yang bermanfaat dari data. Anda bisa belajar dengan mengikuti kursus Data Science & Machine Learning Masterclass Dengan Python agar memahami analisis data dengan baik.

4. Pelajari komunikasi

Seorang Business Intelligence Analyst harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Pelajari cara membuat laporan dan visualisasi data yang mudah dipahami oleh pemangku kepentingan dan bagaimana berkomunikasi dengan tim dan pemangku kepentingan lainnya. Salah satu caranya dengan mengikuti kursus Keterampilan Dasar Dalam Berkomunikasi untuk dapat berkomunikasi dalam dunia bisnis di era persaingan global.

5. Pelajari manajemen proyek

Seorang Business Intelligence Analyst harus memiliki kemampuan manajemen proyek yang baik. Pelajari cara mengelola proyek BI dari awal hingga akhir, termasuk pengumpulan data, analisis data, dan pelaporan.

6. Pelajari bisnis secara global

Seorang Business Intelligence Analyst harus memahami bisnis secara global. Pelajari tren bisnis global dan bagaimana data dapat digunakan untuk membantu perusahaan bersaing di pasar global.

7. Terus belajar dan berkembang

Seorang Business Intelligence Analyst harus terus belajar dan berkembang. Pelajari teknologi dan alat BI terbaru, pelajari tren bisnis terbaru, dan terus tingkatkan keterampilan Anda dalam analisis data dan manajemen proyek.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, seorang Business Intelligence Analyst dapat menjadi sukses dalam karirnya dan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *