Site icon Vocasia

Cara Budidaya Ikan Arwana untuk Pemula

Pernahkah kamu mendengar budidaya ikan arwana? Ternyata, budidaya ikan arwana menjadi ide bisnis yang cukup dilirik oleh banyak pengusaha karena keuntungannya mencapai puluhan juta rupiah.

Budidaya ini dirasa cukup menguntungkan, lantaran nirwana merupakan ikan hias berkualitas baik yang diminati banyak orang. Banyaknya peminat diakibatkan oleh anggapan bahwa nirwana adalah ikan pembawa keberuntungan bagi para pemeliharanya.

Akibatnya, harga jualnya cukup mahal jika dibandingkan ikan hias lainnya. Apalagi yang dibudidayakan adalah arwana dengan jenis super red. Arwana super red memiliki harga jual tinggi karena menjadi primadona yang digemari oleh pecinta ikan hias.

Lalu, bagaimana cara budidaya ikan arwana yang baik? Apakah boleh menggunakan kolam terpal? Apa saja pakan berkualitas baik yang dapat diberikan pada ikan primadona tersebut? Kamu akan mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan di atas pada pembahasan di bawah ini. Simak hingga akhir, ya.

Baca juga: 7 Cara Budidaya Burung Murai Batu, Dijamin Sukses!

Keuntungan Budidaya Ikan Arwana

Memelihara ikan arwana merupakan bisnis yang cukup menguntungkan. Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, ia memiliki banyak peminat karena dipercaya sebagai ikan keberuntungan. 

Harga jual satu ikan arwana dapat menembus angka hingga 5 sampai 10 juta rupiah. Apalagi ikan tersebut memiliki kualitas sangat baik dan keunikan tertentu. Ia dapat diajukan pada lelang dan kemungkinan dapat meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

Pemeliharaan ikan jenis ini terbilang mudah. Hanya dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dan kolam terpal, kamu bisa memulai budidaya dengan keuntungan fantastis ini.

Baca juga: Mudah dan Cepat, Berikut 7 Cara Budidaya Kelinci bagi Pemula

Cara Budidaya Ikan Arwana

Jika tertarik memiliki keuntungan jutaan hingga ratusan juta rupiah, kamu dapat mencoba peruntungan pada bisnis ini. Cara membudidayakan ikan arwana, baiknya seperti di bawah ini: