Site icon Vocasia

Cara Membuat Blog di HP dengan Mudah

cara membuat blog di hp

Blog merupakan salah satu wadah untuk menampung karya-karya seseorang yang tertarik dan bergelut pada dunia kepenulisan. Blog memiliki perbedaan dengan situs-situs atau website yang sering kita ketahui. Dalam blog, penulis diberi kesempatan untuk menuangkan karya apa pun berbentuk tulisan dan tidak dibatasi waktu dan jumlahnya. Karya yang sudah dituangkan dalam blog dapat dibaca oleh siapa pun yang mengakses tautan dari tulisan tersebut. 

Kini, blog dapat dibuat dengan mudah dan gratis. Tidak hanya melalui laptop dan komputer, membuat blog juga bisa dilakukan melalui telepon genggam atau HP. Pembuatannya pun tidak memerlukan waktu yang lama dan langkah yang rumit sehingga para penulis utamanya pemula dapat dengan mudah mempublikasikan hasil tulisan melalui blog pribadi miliknya.

Situs atau laman yang dapat digunakan untuk pembuatan blog juga bermacam-macam. Terdapat beberapa situs yang berbayar dan beberapa lainnya gratis. Situs tidak berbayar yang dapat digunakan untuk membuat blog salah satunya adalah blogger.com. Blogger.com adalah situs gratis pembuatan web milik Pyra Labs yang kini telah bergabung dengan Google. Akhiran blogspot.com adalah ciri khas dari situs yang dikeluarkan oleh situs tersebut. 

Baca Juga | Cara Membuat Blogspot Bagi Pemula

Cara Membuat Blog di HP melalui Blogspot

Ikuti cara membuat blog di bawah ini, jika kamu seorang penulis dan tertarik untuk membuat blog pribadi di HP dengan mudah.

  1. Buka Safari untuk pengguna iOS atau Google Chrome untuk pengguna Android
  2. Masuk ke situs www.bloger.com
  3. Tekan pilihan ‘Create Your Blog’
  4. Masukkan e-mail yang ingin kamu gunakan. Apabila sudah tersambung, cukup pilih salah satu email yang tertera.
  5. Isi judul untuk nama blog milikmu. Judul yang kamu tulis akan  ditampilkan di bagian paling atas blog mu.
  6. Tekan ‘Selanjutnya’
  7. Pilih alamat URL untuk blog anda. Alamat ini merupakan tautan yang dapat diakses pembaca hingga sampai ke blog milikmu.
  8. Tekan ‘Selanjutnya’
  9. Isi nama kamu di bagian ‘Konfirmasikan nama tampilan anda’. Ini akan digunakan untuk menunjukkan siapa pemilik blog kepada para pembaca
  10. Tekan ‘Selesai’

Kini kamu sudah memiliki blog pribadi dan siap menuangkan karya-karya hebatmu untuk para pembaca. 

Baca Juga | Cara Menambahkan Subscribe ke Blog WordPress Anda

Fitur-fitur Blog dan Fungsinya

Dalam blog yang kamu buat terdapat opsi yang dapat kamu gunakan dengan maksimal. Berikut adalah menu-menu dan fungsi yang ada di Dashboard blog secara lengkap.

Menu ‘Post’ dapat digunakan untuk melihat dan menyimpan hasil tulisan milikmu. Hasil tulisan yang muncul dalam menu ‘Post’ adalah postingan terpublikasi dan yang masih dalam bentuk draft.

Dalam menu ini kamu bisa melihat data-data statistik atau aktivitas blog dalam kurun waktu tertentu. Data yang ditampilkan biasanya berupa jumlah penayangan postingan dan kata kunci yang digunakan pembaca untuk mencapai blog tersebut.

Menu ini akan menampilkan seluruh komentar pembaca pada tiap postingan yang ada di dalam blog.

Menu ini berguna untuk menampilkan iklan atau Ads yang ingn ditampilkan pada blog.

Fungsinya adalah untuk mengubah tampilan halaman dengan aktivitas berupa menambahkan, menampilkan, dan menghapus jumlah halaman blog.

Layout berfungsi mengatur penampakan blog, seputar penambahan dan penghapusan Widget.

Ukuran huruf, warna, jenis, dan latar belakang blog, dapat diatur melalui menu ‘Theme’.

Dalam menu ‘Settings’ kamu bisa megatur hal-hal yag berkaitan dengan postingan dan komentar.

Kamu bisa mengikuti blog dan membaca postingan milik orang lain. Postingan-postingan yang sudah dibaca akan ditampilkan dalam menu ini.

Kamu bisa menggunakan menu ‘View blog’ untuk melihat dan mengevaluasi tampilan blog pribadimu. 

Demikian pembahasan mengenai cara membuat blog melalui HP dan menu-menu di dalamnya. Jika kamu tertarik, kamu bisa mempraktikkan saat ini juga. Selamat mencoba! 

Baca Juga | Cara Membuat Blog Anda Memuat Lebih Cepat

Exit mobile version