Site icon Vocasia

5 Cara Menghadapi Klien yang Menyebalkan

Menjamin jenjang karier. Sumber: pexels.com

Pada saat berhubungan bisnis, kamu akan terlibat situasi dimana akan melakukan kerja sama dengan klien. Klien yang dimaksud di sini adalah manusia sebagai pembisnis maupun konsumen. Dengan begitu kamu akan berhadapan dengan klien dengan berbagai macam sifat dan karakter, tak jarang kamu bisa bertemu klien yang menyebalkan lho!

Baca Juga | Pentingnya Jingles Untuk Iklan Bisnis Anda

Klien yang menyebalkan biasanya memiliki karakter yang pelit, banyak permintaan, selalu sibuk dan lain sebagainya.

Buat kamu yang saat ini bekerja di posisi yang mengharuskan kamu bertemu dengan banyak klien, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas bagaimana cara menghadapi klien yang menyebalkan.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Baca Juga | 8 Cara Mengatasi Toxic Parents Demi Menjaga Kesehatan Mental

tetap profesional (pexels.com)

1. Jaga sikap profesionalisme

Ketika ada sesuatu yang tidak mengenakan yang disebabkan oleh klien kamu, kamu sebaiknya tidak ambil hati. Tetaplah fokus pada kebutuhan klien kamu dan kebutuhan perusahaan kamu sendiri.

Dengan begitu kesepakatan bisa cepat terbentuk dan kamu akan dipandang profesional oleh klien kamu.

Baca Juga | Kode Etik Profesi Public Relations

Gunakan kata-kata yang tepat ketika berbicara – @karirpad.com

2. Gunakan tutur kata yang tepat

Tak jarang kamu akan bertemu klien dengan karakter yang suka meminta revisi terhadap hasil kerja kamu selain itu juga kamu bisa saja ditolak secara mentah-mentah sebelum kamu selesai menyampaikan informasi.

Hal yang kamu harus lakukan ketika terjadi hal seperti ini adalah mendengarkan keluhan dan permintaan klien secara tuntas dan menyeluruh, lalu kamu berikan tanggapan tepat yang dijelaskan secara baik-baik dan penuh kesabaran.

Pastikan kata-kata yang kamu gunakan tidak membuat klien tersinggung sedikit pun.

Baca Juga | Bangun Pikiran Positif dengan Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris!

3. Responsif

Klien dengan sikap yang tidak sabaran harus direspon secepat mungkin dan seefektif mungkin karena mereka bisa saja tidak mau melakukan negosiasi lebih jauh dengan kamu sehingga kamu bisa merugikan perusahaan.

Untuk bisa bersikap responsif, kamu harus bisa memastikan kebutuhan klien secara menyeluruh di awal perjanjian sehingga kamu selalu bisa memberikan respon yang cepat maupun rencana cadangan yang cepat juga.

Baca Juga | 5 Cara Ampuh Menghadapi Atasan yang Suka Menuntut

4. Menjaga hubungan baik

Cara yang satu ini memang terdengar sepele, namun nyatanya cara terbukti ampuh dalam memuluskan proses negosiasi dengan klien.

Di kala waktu senggang cobalah untuk tetap berhubungan dengan klien kamu di luar konteks pekerjaan. Hal ini akan membangun hubungan baik dengan klien sehingga klien akan memiliki rasa simpati dan empati kepada perusahaan kamu.

Baca Juga | Pengertian Customer Relationship Management

Jangan minder! (pixabay.com)

5. Percaya diri

Tak jarang orang akan merasa terintimidasi ketika bernegosiasi dengan klien. Hal ini bisa berdampak buruk pada proses negosiasi ke depannya.

Maka dari itu kamu harus bisa tetap percaya diri dengan apa yang bisa kamu berikan kepada klien dan lakukan yang terbaik!

Baca Juga | Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

Demikian 5 cara menghadapai klien yang menyebalkan. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Exit mobile version