Site icon Vocasia

Pengertian Customer Relationship Management

Untuk kalian yang pembisnis, pasti tidak asing untuk selalu menjaga hubungan baik dengan customer kalian. Namun dalam menjalani bisnis, kalian pasti pernah mendapatkan komplain dari customer untuk sesuatu hal yang kurang memuaskan bagi mereka. Mungkin bisa dari produk atau dari layanan bisnis kalian. 

Hal seperti itu memanglah wajar dan sering terjadi dalam menjalani bisnis. Maka dari itu, kalian perlu mengetahui yang namanya Customer Relationship Management (CRM) agar kalian tetap bisa menjaga hubungan baik terhadap customer kalian dan senantiasa melakukan pembelian produk-produk dan layanan yang kalian tawarkan.

Baca Juga | Apa Itu Customer Experience? Pengertian, Faktor, Dan Cara Membangunnya

Dilansir dari laman redcomm.co.id berikut penjelasan mengenai Customer Relationship Management (CRM)

Apa Itu Customer Relationship Management dan Apa Pentingnya Customer Relationship Management dalam Perusahaan?

Customer Relationship Management, atau yang disingkat CRM, adalah strategi manajemen hubungan pelanggan dengan perusahaan yang bertujuan untuk mengelola hubungan baik dengan para customer atau pelanggan, mengumpulkan semua data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual, terutama dalam berhubungan dengan calon customer atau yang sudah jadi customer tetap. 

Lalu, jika kalian bertanya apa pentingnya CRM dalam perusahaan? Jawabannya sudah tentu penting. Karena dalam pekerjaan penjualan secara langsung, interaksi antara tenaga penjual sebagai wakil perusahaan dan calon customer harus dibangun dengan baik.

Baca Juga | Apa Itu Customer Satisfaction?

Dalam bisnis, kalian sudah pasti tidak bisa selalu menyenangkan dan membuat semua orang puas. Pasti akan ada orang-orang yang merasa kecewa, tidak puas, dan sebagainya. Untuk itulah dibutuhkan adanya CRM yang diharapkan dapat membantu kalian lebih dekat dengan customer. Kenapa bisnis perlu dekat dan mendengar suara customer? Karena jika kalian tak mendengarkan mereka, maka mereka akan dengan mudah berpindah ke kompetitor yang bisa jadi memberi layanan customer dengan lebih baik serta mau mendengarkan keluhan dan masukan dari mereka. 

Menghadirkan Customer Relationship Management (CRM) di dalam perusahaan kalian sebenarnya tak semata-mata untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, tetapi juga untuk meningkatkan penjualan yang berkesinambungan dan mendapatkan laba. Jika dirumuskan lebih detail, maka keberadaan CRM akan banyak membantu kalian dalam menyediakan berbagai informasi yang kalian butuhkan terkait pelanggan, kebutuhan dan keinginan mereka, yang jika kalian penuhi akan meningkatkan keuntungan bagi usaha kalian.

Baca Juga | Apa Itu Customer Loyalty?

Manfaat Customer Relationship Management dalam Bisnis 

Hadirnya aplikasi keluhan customer seperti Customer Relationship Management (CRM) ini, tentu dapat membantu para pemilik perusahaan menangani semua keluhan dengan penanganan yang cepat dan baik. Namun, di balik itu semua tentu ada manfaat yang nantinya bisa kalian dapatkan dari penerapan CRM dalam bisnis kalian, seperti:

  1. Dapat Meningkatkan Kesetiaan Customer

Dengan semua informasi mengenai customer yang nantinya dikumpulkan melalui SMS, email, panggilan telepon, website, hingga sosial media, dapat membuat perusahaan memahami para customer secara konsisten, bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan sesuai dengan kebutuhan mereka, mudah mencarikan solusi atas permasalahan yang customer hadapi, bahkan bisa memberikan perhatian lebih di momen-momen istimewa customer. Otomatis perhatian yang kalian berikan dapat meningkatkan kesetiaan customer terhadap produk ataupun brand kalian. Data yang dikumpulkan melalui CRM juga bisa menjadi bekal bagi perusahaan untuk melakukan berbagai perbaikan serta meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik lagi. 

Baca Juga | Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Customer Value

  1. Efesien dalam Penggunaan Anggaran Perusahaan 

Dengan adanya penerapan CRM dalam bisnis, tentu kalian juga akan bisa mengurangi biaya pemasaran. Mengapa demikian? Sebab, setiap produk yang dikeluarkan tentu sudah menemukan pangsa pasarnya masing-masing. Oleh karena itu, kalian tidak perlu melakukan survei lagi. 

Penggunaan CRM dalam menjalankan bisnis kalian juga bisa membantu peningkatan pelayanan kepada customer, tetapi kalian tetap bisa mengefisiensikan anggaran dana perusahaan agar tak terbuang percuma untuk layanan customer yang kurang tepat sasaran. Skema CRM yang sistematis dalam menargetkan pelayanan yang perlu diberikan kepada customer di saat yang tepat dan memang dibutuhkan customer bisa memberi dampak yang bagus pada terjadinya peningkatan penjualan. 

Baca Juga | Target Market: Pengertian, Cara Menentukan Dan Contoh

  1. Kegiatan Perasional Semakin Efektif

Hadirnya aplikasi CRM akan memberi banyak kemudahan terutama dalam mengatasi keluhan dari para customer. kalian tidak perlu lagi mengeluarkan biaya administratif hingga biaya birokrasi yang mungkin saja muncul ketika keluhan tersebut tidak teratasi.

Nah, itulah hal – hal yang wajib kamu ketahui mengenai Customer Relationship Management agar kalian dapat mengelola hubungan baik dengan para customer atau pelanggan kalian.

Baca Juga | Apa Sih Fungsi Dari Customer Relationship Management? Cek Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

Exit mobile version