Site icon Vocasia

20+ Majas Eufimisme beserta Pengertiannya

majas eufimisme adalah

Pernahkah kamu ingin mengungkapkan sesuatu, tapi menggantinya dengan kata lain agar terkesan lebih sopan? Jika pernah, mungkin saat itu kamu sedang menerapkan majas eufimisme. Ya, eufimisme adalah majas yang bertujuan untuk mengurangi tingkat kekasaran kata dan menggantinya dengan kata yang lebih halus.

Tanpa disadari, majas atau gaya bahasa lekat dengan keseharian. Menurut Rachmad Djoko Pradopo dalam Pengkajian Puisi (1990), gaya bahasa dapat menimbulkan reaksi tertentu untuk menimbulkan tanggapan pemikiran kepada pembaca. Salah satu majas yang sering digunakan di Indonesia adalah majas eufemisme.

Nah, supaya lebih paham, berikut pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, serta contoh majas eufimisme. Simak baik-baik, ya!

Baca juga | 11+ Contoh Majas Personifikasi beserta Pengertiannya

Pengertian Majas Eufimisme

source: unsplash

Eufemisme merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani ‘euphemizei’, yang berarti kata-kata yang baik. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), majas eufimisme adalah ungkapan yang lebih halus sebagai pengganti ungkapan yang dirasakan kasar atau dianggap tidak menyenangkan. Gaya bahasa jenis ini termasuk dalam kategori majas perbandingan.

Sementara menurut Ainia Prihantini dalam buku Majas Idiom dan Peribahasa, eufemisme adalah majas yang berupa ungkapan-ungkapan yang dirasakan kasar, kurang sopan, atau kurang menyenangkan.

Baca juga | 11+ Contoh Majas Litotes

Dari sini kita bisa simpulkan, majas eufimisme dapat berguna untuk menggantikan kata-kata yang dipandang tabu atau dirasa kasar dengan kata-kata yang dianggap pantas atau lebih halus. Dengan kata lain, tujuan dari eufimisme ini untuk menunjukkan kesopanan dengan memperhalus gaya bahasanya. Dengan demikian, gaya bahasa ini berkaitan dengan bentuk konotasi positif sebuah kata. Sebagai contoh: tunakarya merupakan bentuk halus dari pengangguran.

Ciri-ciri Majas Eufimisme

source: unsplash

Adapun ciri-ciri untuk mengidentifikasi kalimat bermajas eufimisme, di antaranya:

Intinya, majas eufimisme ini adalah pemilihan kata untuk menggantikan kata yang dianggap kasar atau kurang pantas untuk diucapkan dari segi norma sosial.

Kumpulan Contoh Majas Eufimisme

source: pixabay

Berikut ini contoh-contoh kalimat yang mengandung majas eufimisme.

Itu dia pembahasan mengenai pengertian, ciri-ciri, dan beberapa contoh majas eufimisme. Semoga artikel ini dapat memperkaya pengetahuanmu, ya. Selamat belajar!

Baca juga | 50+ Contoh Majas Hiperbola Beserta Pengertiannya

Exit mobile version