Tanggal:21 February 2024
Beda CV dan Resume

CV vs Resume Apakah Berbeda? Berikut Penjelasannya

Perbedaan CV vs Resume? Hallo sobat minvo mendengar kata Curriculum vitae (CV) dan resume mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kalian. Yaps bener banget CV dan resume merupakan dua dokumen yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan. Tapi dobat minvo tau gasih apa bedanya CV dan resume? Yuk simak penjelasan berikut mengenai apa bedanya CV dan resume

Pengertian CV vs Resume

Kursus online belajar grammar vocasia

Perbedaan CV vs Resume yang pertama yaitu dikutip dari situs resmi prakerja CV merupakan sebuah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup. Isi Curriculum Vitae (CV) berisi informasi lengkap dan kronologis mengenai data diri, latar belakang akademik beserta prestasi dan pencapaiannya, pengalaman profesional, kualifikasi, dan deskripsinya. Sedangkan resume merupakan dokumen yang berisi ringkasan dari pengalaman, skill, pendidikan, dan pencapaian seseorang. Meskipin berbeda baik CV maupun Resume keduanya digunakan untuk melamar pekerjaan dan harus dibuat dengan baik agar membuat HRD tertarik.

Tujuan CV vs Resume

Perbedaan CV vs Resume yang kedua adalah dari sisi tujuan, Walaupun keduanya sama-sama merupakan dokumen yang berfungsi untuk melamar pekerjaan agar meyakinkan HRD untuk menerima kamu, tetapi CV dan resume memiliki tujuan yang berbeda. CV bertujuan untuk merangkum kualifikasi yang dimiliki secara keseluruhan. Untuk memberi perincian pribadi kamu seperti pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan minat. Sedangkan resume dibuat serta disesuaikan dengan setiap pekerjaan yang hendak dilamar secara spesifik.

Urutan kronologis

Perbedaan CV vs Resume yang ketiga  adalah didalam CV informasi mengenai pendidikan, pengalaman dan prestasi ditulis secara berurutan sesuai dengan waktunya (kronologis). Informasi diberikan dari yang paling lama di atas dan paling baru di bawah. Berbeda dengan CV urutan informasi dalam resume dimulai dari yang paling baru ke yang paling lama. Hal ini dikarenakan perusahaan ingin melihat sekilas kemampuan kamu yang paling baru saat ini, oleh karena itu sebaiknya perlihatkan kemampuan dari yang baru – baru ini kamu lakukan.

Panjang (banyaknya halaman)

Dikutip dari laman Thebalancemoney, CV dan resume memiliki perbedaan dari segi panjang atau banyaknya halaman. CV merupakan dokumen dengan informasi yang lengkap sehingga memiliki panjang hingga mencapai 2-3 halaman, tergantung pada pengalaman yang kamu miliki, semakin banyak pengalaman kamu semakin banyak halamannya. Resume dibuat lebih singkat dan spesifik. Dokumen ini biasanya hanya membutuhkan satu halaman sehingga kerap dibutuhkan pada saat-saat tertentu saja.

Penggunaan CV dan Resume

Setiap negara memiliki preferensi serta persyaratan sendiri untuk melamar kerja. Beberapa negara di Eropa lebih banyak menggunakan CV untuk melamar pekerjaan. Berbeda dengan Eropa, Amerika Serikat dan Kanada lebih banyak menggunakan resume. Negara-negara di Asia, Australia, Afrika Selatan, dan India kerap kali menggunakan CV dan resume secara bersamaan untuk melamar pekerjaan.

Nah sekarang sobat minvo udah paham kan mengenai apa perbedaan antara CV vs Resume? Kalau udah paham, maka pasti mudah bagi sobat minvo untuk membuat CV ataupun resume untuk melamar pekerjaan. Jika belum paham yuk gabung di Vocasia. Vocasia menyediakan berbagai kursus termasuk kursus membuat CV yang baik agar kamu dimudahkan dalam melamar pekerjaan dan dapat diterima di pekerjaan yang kamu lamar. Dengan harga yang murah serta video yang dapat diakses seumur hidup, jadi jangan ragu lagi yuk gabung di Vocasia.

Penulis : Elsa Novia Ramdani – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

 

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *