Tanggal:21 July 2024

Inilah Keuntungan dan Kekurangan Menabung di Bank BCA

Pada 2022 tahun lalu, Forbes merilis daftar urutan bank terbaik dari seluruh dunia termasuk Indonesia yang bertajuk World’s Best Bank 2022. Dari 27 negara yang masuk pada daftar tersebut, Indonesia juga salah satunya. BCA (Bank Central Asia) pada waktu lalu menempati posisi pertama, menjadi salah satu bank terbaik di seluruh dunia.

Dengan mempertimbangkan hal ini, Bank BCA menjadi salah satu pilihan bank yang tepat untuk menabung. Selain, memiliki nama yang baik, nasabah juga akan mendapatkan beberapa keuntungan jika menabung di Bank BCA.

Meski Bank BCA memiliki beberapa keuntungan, tentu dibalik itu semua Bank BCA memiliki beberapa kekurangan yang akan dirasakan, sehingga perlu anda perhatikan sebagai nasabah dan calon nasabah. Namun, bukan berarti hal tersebut dapat membuat Bank BCA menjadi kurang sesuai sebagai salah satu pilihan anda dalam menabung. Anda dapat memilih produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan anda. 

Produk Bank BCA

Sebelum membahas keuntungan dan kekurangan yang akan didapatkan, anda perlu mengetahui produk dan layanan yang ditawarkan oleh bank swasta terbaik di dunia ini. Berikut produk bank BCA yang perlu diketahui.

1. Tahapan BCA

Tahapan Hari Depan BCA atau yang lebih sering dikenal sebagai Tahapan BCA adalah salah satu produk yang ditawarkan oleh bank swasta ini. Tabungan masih digemari dan masih sangat populer dikarenakan penggunaannya yang praktis yang dilengkapi dengan paspor BCA dimana dapat berfungsi sebagai kartu debit yang dapat digunakan untuk bertransaksi di ATM ataupun tarik tunai. Dengan adanya Tabungan Tahapan BCA, nasabah dipermudah dengan fitur-fitur transaksi yang ada seperti pembayaran kartu kredit, pembayaran pulsa dan lain sebagainya. Setoran awal saat membuka rekening sebesar Rp 500.000 dan untuk setoran selanjutnya cukup Rp 50.000 saja.

2. Tahapan Xpresi

Jika anda ingin membuka rekening bank BCA namun dengan setoran awal yang rendah, Tahapan Xpresi solusinya. Setoran awal minimum dan selanjutnya hanya Rp 50.000 saja. Uniknya, nasabah diberikan kebebasan untuk memilih desain gambar kartu ATM mereka sendiri dengan desain yang telah disediakan berjumlah 50 pilihan.

3. Tahapan Gold

Tabungan ini cocok bagi anda yang memiliki suatu bisnis karena dilengkapi dengan kemudahan dalam melakukan perencanaan finansial dan kemudahan dalam mengatur keuangan suatu usaha. Setoran awal yang diperlukan saat membuka rekening tabungan minimal Rp 10.000 sedangkan untuk setoran selanjutnya minimal Rp 50.000. Uniknya lagi, transaksi yang dilakukan pada tabungan Tahapan Gold ini tidak memiliki limit transaksi atau limit transfer, sehingga bisa dilakukan kapanpun selama 24 jam tanpa henti.

4. Tahapan Berjangka

Tabungan BCA jenis ini memiliki banyak peminat sebab dapat difungsikan sebagai investasi masa depan. Persyaratan yang diperlukan yaitu individu yang sepakat untuk memberikan setoran secara rutin pada jangka waktu tertentu sesuai dengan yang telah disepakati. Jika dibandingkan dengan jenis tabungan BCA yang lain, tabungan ini memiliki keuntungan seperti bunga yang diberikan cukup tinggi tergantung lama jatuh tempo dan jumlah saldo di dalam rekening tersebut.

5. TabunganKu BCA

Produk ini bisa menjadi pilihan anda jika ingin memiliki rekening tabungan impian dengan setoran awal dan selanjutnya dengan nominal yang paling terjangkau. Minimal setoran awalnya sebesar Rp 20.000 dan setoran selanjutnya minimal hanya Rp 10.000. Meski nominal setoran awal dan setoran selanjutnya cukup terjangkau, produk tabungan ini memiliki kekurangan yaitu fitur internet banking yang belum disematkan pada pilihan produk ini.

6. Tapres BCA.

Salah satu produk BCA yang memberikan kemudahan terkait suku bunga dan dari sisi praktisnya. Uniknya, jika kamu memiliki rekening pada produk Tapres BCA ini anda tidak akan mendapatkan buku tabungan. Namun, terkait laporan keuangan yang dimiliki akan diberikan dengan bentuk rekening koran agar bersifat lebih pribadi.

7. Simpanan Pelajar.

Simpanan Pelajar atau yang biasa dikenal dengan SimPel, adalah produk yang dikeluarkan oleh Bank BCA yang menyasar nasabah berusia dibawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. Kelebihan yang dimiliki tabungan ini ialah setoran awalnya hanya sebesar Rp 5.000 dan nasabah tidak dikenakan biaya administrasi apapun.

8. Tabungan BCA LAKU

Produk ini sangat cocok bagi nasabah yang memiliki transaksi yang cukup sering dan mobilitas yang terbatas. Keuntungan pada produk ini yaitu para nasabah tidak dikenakan biaya administrasi bulanan. Namun, nasabah dibatasi dengan jumlah transaksi per bulan yaitu sebesar 5 juta rupiah dengan ketentuan maksimal saldo sebesar 20 juta rupiah.

9. Tabungan BCA Dollar

Pilihan produk ini cocok bagi anda yang ingin mendapatkan kemudahan berinvestasi sekaligus bertransaksi dengan mata uang asing. Fitur yang dimiliki produk ini yaitu mampu mengkonversikan nilai mata uang asing menjadi rupiah dengan suku bunga per tahunnya mencapai 0-0,30 persen tergantung dengan saldo yang tersedia pada rekening tabungan tersebut.

10. Deposito

Produk ini cocok untuk anda yang ingin menabung dengan jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan seperti 1 bulan hingga 1 tahun. Menariknya lagi, pada produk ini anda dapat memilih sembilan jenis mata uang.

Kelebihan Bank BCA

Bank BCA memiliki beberapa keunggulan dibanding bank swasta lainnya di mata masyarakat Indonesia. Berikut adalah kelebihan yang dimiliki Bank BCA.

  1. Keamanan dan kenyaman transaksi. Bank BCA memiliki keamanan yang terjamin dan telah bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Bank BCA juga menyediakan berbagai produk dan layanan yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan keperluan nasabah. Pelayanan yang diberikan selalu dioptimalkan demi memberikan pelayanan penuh bagi nasabah saat bertransaksi dengan BCA.
  2. Mudah digunakan, praktis, dan pilihan produk yang bervariasi 

Bank BCA menyediakan fitur-fitur yang selalu mengikuti perkembangan zaman seperti internet banking dan mobile banking demi memberikan kenyamanan kepada nasabah untuk mendukung transaksi online mereka dimana saja dan kapan saja. Tentu saja fasilitas tersebut memiliki tampilan yang mudah digunakan siapa saja dan praktis.  

Kekurangan Bank BCA

Dibalik kelebihan yang dimiliki, Bank BCA memiliki beberapa kekurangan. Berikut diantaranya.

  1. Suku bunga kecil. Suku bunga yang dimiliki oleh BCA dibanding dengan bank lain lebih kecil berkisar antara satu hingga dua persen saja dimana bagi beberapa orang hal ini kurang dalam kaitannya dengan keuntungan.
  2. Biaya administrasi transfer bank yang berbeda. Seperti biaya administrasi bank lain, Bank BCA mengenakan nasabah nya sebesar Rp 6.500 tiap transaksi melalui media apapun termasuk ATM, mobile banking BCA, ataupun internet banking BCA.

Dari kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Bank BCA, BCA masih sangat layak untuk dijadikan pilihan bagi nasabah maupun calon nasabah yang hendak menabung karena keunggulan yang dimiliki dari pelayanan yang dimiliki sangat baik, fitur keamanan yang terbaik, dan kenyamanan yang ditawarkan. Maka tidak perlu khawatir untuk menggunakan layanan dan produk yang dimiliki oleh BCA.

Penulis: Salsa Amalia

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *