Tanggal:29 February 2024
jurusan sepi peminat tapi peluang kerja besar

23 Jurusan Ini Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar Lho!

Seringkali seseorang memilih jurusan berdasarkan popularitas atau tren saat ini. Namun, kamu tahu ga sih? Ada loh beberapa jurusan yang sepi peminatnya tetapi menawarkan peluang kerja yang besar. Jika kamu ingin melangkah di jalur yang berbeda dan potensial, kamu bisa pertimbangkan nih beberapa jurusan di bawah ini. Siapa tahu, kamu bisa menemukan passion dan meraih kesuksesan di bidang tersebut.

1. Ilmu Perpustakaan

ilmu perpustakaan

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Jurusan ilmu perpustakaan tidak hanya belajar tentang buku-buku dan manajemen perpustakaan saja loh, ada banyak hal yang menarik yang bakal kamu dapetin. Kamu akan belajar tentang matematika, hukum, sosial, filsafat, komputer, dan berbagai macam ilmu lainnya. Di jurusan ini kamu dituntut untuk menguasai segala ilmu.

Setelah lulus nanti, peluang kerja kamu tidak terbatas cuma jadi pustakawan saja, tetapi kamu bisa jadi document controller alias orang yang mengatur dokumen. Kalau kamu senang banget mengurus arsip, bisa juga mencoba jadi arsiparis, lalu jadi sekretaris, indexer, atau mungkin yang punya percetakan bisa menjadi pilihan.

2. Ilmu Filsafat

filsafat

Banyak yang berfikir jurusan ini sangat membosankan, tapi ternyata setelah masuk ke sini, kamu tidak akan menyesal. Ilmu filsafat sebenarnya membahas tentang semua hal dalam hidup dan pikiran manusia dengan cara kritis, dan dijelaskan dengan konsep dasar. Lulusan filsafat diajarkan untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Ini penting banget untuk membantu memecahkan masalah dan memberi cahaya untuk pikiran dunia kerja. Yang kedua, lulusan filsafat sebenarnya harus terus bertanya dan memperhatikan semua hal dengan tenang. Tapi, dari kontemplasi mereka bisa jadi rekomendasi buat bikin sesuatu lebih baik.

3. Ilmu Kehutanan

ilmu kehutanan

Kamu suka banget dengan alam? Nah, itu bisa jadi alasan untuk kamu masuk ke jurusan ilmu kehutanan. Meskipun jurusan ini tidak seterkenal jurusan kedokteran atau teknik, tapi peluang kerja nya di sini luas banget loh. Dengan kuliah ilmu kehutanan, kamu bisa membantu untuk jaga hutan dan kekayaan alam Indonesia.

4. Teknik Perpipaan

jurusan teknik erpipaan

Jika kamu masuk ke jurusan teknik perpipaan di sana kamu akan diajarkan rekayasa perpipaan, di mana kamu akan belajar segala hal tentang perancangan dan analisis pipa serta komponennya. Tidak hanya itu saja, kamu juga akan belajar tentang ilmu teknik kimia dan materi teknikal. Jadi, ilmunya tidak hanya sebatas pipa, tapi juga overlap sama teknikal.

5. Arkeologi

arkeologi

Arkeologi adalah ilmu yang menggali tentang kehidupan manusia zaman dulu lewat benda-benda peninggalan. Meskipun jurusan ini tidak popoler, tetapi peluang karir cukup menjanjikan. Kamu bisa bekerja di museum, institute riset, atau jadi konsultan arkeologi.

6. Antropologi Sosial

antropologi sosial

Di jurusan ini, kamu bakal explore ilmu yang unik dan menarik. Kamu bakal menggali tentang cara masyarakat di kelompok tertentu berhubungan dan kekayaan budayanya, mulai dari tingkah laku, adat istiadat, sampai variasinya. Bagi yang suka budaya dan dinamika sosial cocok banget masuk jurusan ini.

Setelah lulus banyak banget loh peluang kerjanya, mulai dari HRD, peneliti, antropolog, jurnalis, konsultan budaya, dan masih banyak lagi.

7. Teknik Kelautan

teknik kelautan

Yang harus kamu pahami pada jurusan ini adalah jurusan teknik kelautan bukan jurusan kelautan yang mengurusi ekosistem laut, melainkan di jurusan ini kamu diajarin membuat bangunan di tengah laut. Mahasiswa juga belajar bikin pipa untuk sangkut minyak dari sumur ke tempat lain. Banyak banget ilmu yang kamu dapetin dari jurusan ini salah satunya desain anjungan lepas pantai.

8. Seni Peran

seni peran

Lulus dari jurusan ini enggak berarti kamu cuma bisa jadi artis loh. Kamu bisa belajar banyak hal terkait dengan seni peran, seperti riasan wajah, nulis skenario, atau jadi sutradara. Memang sih, beberapa orang tidak terlalu antusias dengan jurusan ini mungkin karena alasan orang tua atau pikiran, “Nanti setelah lulus mau jadi apa?” Kamu jangan terlalu khawatir sama anggapan tersebut, karena ketika sudah lulus seni peran banyak peluang karier yang menjanjikan di dunia hiburan seperti aktor teater, film, sinetron, atau nulis skenario dan drama juga bisa.

9. Fisioterapi

fisioterapi

Kalau kamu lagi nyari jurusan yang jarang dipilih orang tapi peluang kerjanya besar, mungkin kamu bisa pertimbangin buat masuk jurusan ini deh. Karena ilmu di jurusan ini berfokus pada ngerapiin masalah-masalah di tubuh dan gerakannya yang bermasalah. Jadi jangan berfikir di jurusan ini cuma jadi tukang urut ya. Di jurusan ini kamu akan belajar mulai dari teknik-teknik terapi sampai cara melakukan terapi yang sesuai dengan penyakit pasiennya.

10. Kearsipan

Jurusan kearsipan sendiri sebenarnya cukup langka karena ga semua kampus punya jurusan ini. Di jurusan ini kamu bakal belajar banyak hal terkait cara atur-atur arsip, model kearsipan yang berbeda, bagaimana caranya mencari arsip, analisis dan pelaporan arsip, dan bermacam-macam lainnya. Plus kamu juga bakal diajarin cara ngurusin macam-macam jenis arsip karena tiap arsip punya standar sendiri.

11. Teknik Pengelasan

teknik pengelasan

Kalau dengar “Jurusan Teknik Pengelasan” mungkin yang terbayang itu ngelas-ngelas saja. Banyak yang meremehkan jurusan ini karena berpikir, tidak perlu kuliah untuk bisa ngelas, asal sudah punya pengalaman saja cukup. Di jurusan ini, kamu akan diajari cara ngelas yang benar dan juga teori-teori tentang ngelas. Peluang kerja di jurusan ini sangatlah besar karena banyak industri-industri yang membutuhkan ahli las.

12. Manajemen Transportasi

Selama manusia suka berpindah dari tempat satu ke tempat lain menggunakan mobil, kapal, pesawat maka lulusan manajemen transportasi masih sangat dibutuhkan. Di jurusan ini kamu akan belajar bagaimana cara mengatur lalu lintas kendaraan, baik di darat, laut, ataupun udara dan juga barang-barang dagang.

13. Sastra Jawa

sastra jawa

Untuk kamu yang ingin melestarikan bahasa daerah, coba deh masuk ke jurusan ini. Walaupun jurusan ini kalah pamor dengan jurusan sastra lainnya mungkin karena banyak yang belum tahu apa saja yang dipelajari dan prospek kerja setelah lulus. Di jurusan ini, kamu akan dapat pengetahuan tentang bahasa yang beragam. Tidak hanya bahasa Jawa saja, tetapi juga macam-macam aksara. Kamu juga akan dihadapkan dengan naskah-naskah kuno berbahasa jawa yang isinya beragam banget ada politik, ekonomi sampai filsafat.

14. Astronomi

astronomi

Jika kamu suka hal-hal tentang luar angkasa, jurusan ini sangat cocok untuk kamu. Karena di jurusan ini kamu akan mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi. Kamu juga akan mengamati benda-benda di langit seperti bintang, komet, nebula, planet, gugus bintang, atau galaksi.

15. Oseanografi

oseonografi

Oseanografi merupakan cabang ilmu dari ilmu kelautan yang mengupas segala hal tentang laut, mulai dari makhluk hidup di laut dan ekosistemnya, arus dilautan, gelombang, geologi dasar laut, dan segala macam tentang laut. Ilmu ini sangat dibutuhkan di Indonesia karena sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Oleh karena itu lulusan jurusan ini sangat dicari dan gaji yang ditawarkan cukup tinggi. Kamu bisa bekerja sebagai metocean engineer, oceanographer, coastal modeler, hingga peneliti di pemerintahan.

16. Kriptografi

kriptografi

Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik penyandian dan menjaga keamanan data. Di era digital ini, sangat dibutuhkan ahli kriptografi. Oleh karena itu lulusan kriptografi sangat dicari oleh banyak perusahaan.

17. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

ilmu hama dan penyakit

Kalau kamu suka dunia tumbuhan dan ingin bermanfaat untuk Indonesia, kamu bisa masuk ke jurusan ini, karena Indonesia sebagai negara agraris dan memiliki banyak industri yang terkait dengan perkebunan dan kehutanan. Di jurusan ini kamu akan mempelajari cara mengatasi hama tanaman, mengelola sumber daya alam ramah lingkungan. Kamu bisa menghafal jenis-jenis hama dan penyakit tanaman serta cara mengatasinya.

18. Teknik Desain dan Manufaktur

teknik desain dan manufaktur

Di jurusan ini kamu bakal dapat ilmu yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari. Kamu akan belajar tentang membuat inovasi produk sesuai perkembangan teknologi. Persiapkan diri dan belajar tentang CAD 3D dan CNC karena di kampus akan identik dengan dua hal tersebut.

19. Mikrobiologi

mikrobiologi

Di jurusan ini kamu akan mengulik tentang mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Walaupun jurusan ini kurang popular, tapi peluang kerja untuk lulusan ini banyak banget loh. Kamu bisa bekerja di lab medis, industri makanan, atau peneliti mikrobiologi.

20. Arsitektur Lanskap

arsitektur lanskap

Di jurusan arsitektur lanskap ini kamu akan mempelajari tentang desain dan pengelolaan ruang terbuka. Meski kelihatannya tidak terlalu santai, peluang kerja jurusan ini oke banget loh. Setelah lulus kamu bisa menjadi konsultan lanskap, bekerja di perusahaan desain atau pemerintah daerah.

21. Aktuaria

aktuaria

Jurusan ini sering disebut sebagai “Matematika Asuransi”, karena di jurusan aktuaria kamu akan mempelajari segala hal tentang asuransi dan risiko keuangan dimasa mendatang. Materi kuliah di jurusan ini campur aduk mulai dari matematika, statistika, keuangan, sampai programming dan data science. Nah, dengan kamu kuliah di jurusan aktuaria, kamu diharapkan ahli asuransi yang mengerti tentang cara mengurus administrasi asuransi dan aktuaria.

22. Pendidikan Luar Biasa

Ingin menjadi guru tapi spesialis untuk anak-anak penyandang disabilitas? Coba deh masuk ke jurusan ini, karena di jurusan ini kamu mempelajari tentang metode mengajar untuk anak berkebutuhan khusus, ilmu-ilmu tentang anak berkebutuhan kursus, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa belajar banyak dari anak-anak yang kuat meski beda dari siswa biasa lainnya.

23. Fotografi

fotografi

Fotografi tidak hanya sekedar hobi aja loh, tapi juga bisa menjadi karier yang keren. Kalau kamu masuk jurusan ini kamu akan mendapatkan ilmu dan skill untuk menjadi fotografer yang handal. Khususnya di zaman sosial media yang lagi hype, fotografer yang handal sangat dibutuhkan.

 

Nah, itu dia beberapa jurusan yang sepi peminatnya tetapi punya peluang kerja yang besar dan beragam. Kamu masih mau menganggap remeh? Yuk, persiapkan diri kamu dari sekarang agar dapat diterima di kampus impian! Mau tahu caranya? Ikuti kursus di Vocasia, ada berbagai macam kursus yang bisa kamu ikuti untuk mempersiapkan diri kamu agar di terima dikampus impian!

 

Yuk, segera join kursus di Vocasia!

*SNBT 2023: Strategi Jitu Lulus SNBTdi Perguruan Tinggi Negeri Favorit* 

 

Join Kursus Vocasia

Penulis : Achmad Refikasa – Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *