Site icon Vocasia

Kuliah di Jurusan Sastra Jawa? Berikut Prospek Kerjanya!

Apakah kamu lulusan Sastra Jawa? Sudah tahu belum prospek kerja yang kamu miliki saat nanti cari kerja? Yuk kita belajar dan cari tahu bareng-bareng! Sebelum kita mulai bahas, kamu tahu tidak bahwa jurusan ini itu banyak juga lho peminatnya? Tidak kalah dengan peminat jurusan-jurusan lain seperti hukum, komunikasi dan kedokteran.

Baca Juga | 9 Prospek Pekerjaan untuk Jurusan Sastra Arab yang Berpeluang Besar!

Banyak juga orang yang mungkin berpikir ‘Untuk apa sih belajar bahasa jawab, nanti kerjanya memang jadi. Apa?’. Realitanya, prospek kerja jurusan ini juga banyak kok! Ditambah lagi mahasiswa yang banyak banget peminatnya! Lalu, ada apa aja ya prospek kerjanya dari jurusan Sastra Jawa? Yuk kita cek bareng-bareng! 

1. Pengajar 

Kamu bisa menjadi dosen atau guru lho! Tentunya kamu harus lulus dari Sastra Jawa dan menyelesaikan semua tes-tes yang dibutuhkan. Setelah itu, kamu dapat mulai mengajar dan tidak hanya kamu mendapatkan gaji, tetapi kamu juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam menyalurkan informasi dan pembelajaran kepada murid-murid.

Baca Juga | 10 Cara untuk Siswa agar Disukai Guru, Dijamin Bakal Jadi Siswa Favorit!

2. Ahli Bahasa Jawa 

Mungkin kamu sudah ahli banget sama Bahasa Jawa, sampai-sampai kamu akan menjadi ahli Bahasa Jawa lho! Jika kamu menekuni bahasa ini dan ingin melanjutkannya sebagai profesi, kamu bisa kok menjadi ahlinya Bahasa Jawa. Syaratnya sendiri harus lulusan Sastra Jawa dan memiliki latar belakang pendidikan yang mendukung.

Baca Juga | Istilah dan Tata Istilah dalam Bahasa Indonesia

3. Penerjemah 

Siapa nih yang kira-kira ahli dan bisa menjadi translator? Penerjemah antara Bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia itu dibutuhkan banyak lho! Walaupun tidak sebanyak penerjemah-penerjemah lain, tetapi masih banyak kok! Kamu sendiri harus ulet mencarinya ya!

Baca Juga | Deretan Pekerjaan yang Cocok untuk INFP

4. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

Jadi PNS tapi lulusan Sastra Jawa? Tentu bisa dong! Walaupun menjadi PNS tidak ada hubungannya sama jurusan kamu, ternyata tidak mengharuskan dari jurusan spesifik kok, maka dari itu lulusan Sastra Jawa bisa banget jadi PNS! Tertarik gak nih?

Baca Juga | CPNS vs PPPK? Apa Sih Perbedaannya?

5. Peneliti Budaya 

Menjadi peneliti budaya juga bisa menjadi salah satu prospek kerja kamu lho sebagai lulusan Sastra Jawa! Profesi yang akan kamu temukan atau nanti kerjanya jadi bagian apa dan dimana ya?, tempat-tempatnya sendiri adalah Balai Pustaka hingga lembaga yang berkaitan dengan kebudayaan lokal.

Baca Juga | Isi dan Struktur Penulisan Laporan Penelitian

6. Tour Guide 

Turis-turis yang sedang berkunjung ke daerah Jawa pastinya membutuhkan pemandu wisata bukan? Maka dari itu kamu bisa lho jadi tour guide untuk mereka! Apalagi turis-turis dari luar negeri, mereka membutuhkan tour guide yang bisa memberikan informasi dan memandu mereka selama ada di daerah Jawa.

Baca Juga | 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Indonesia

7. Penulis 

Kamu suka nulis? Jadi penulis aja yuk! Mulai dari artikel berita, artikel konten, cerpen, dan lain-lainnya bisa kamu jadikan profesi dan memiliki penghasilan dari profesi-profesi tersebut.

Baca Juga | 5 Skill yang harus di kuasai jika ingin menjadi seorang Penulis

Kira-kira kamu minat sama prospek kerja yang mana nih dari jurusan Sastra Jawa?

Exit mobile version