Tanggal:25 April 2024

Layout: Pengertian, Manfaat, Elemen dan Prinsipnya

Layout adalah salah satu elemen penting dalam desain grafis. Layout sendiri merupakan cara untuk menata elemen-elemen desain secara visual pada suatu media, seperti halaman buku, majalah, poster, atau website. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian, manfaat, elemen, dan prinsip dari layout.

layout-adalah-2

Source: Blog Vocasia

Apa Itu Layout?

Layout adalah tata letak visual yang menunjukkan bagaimana elemen desain disusun di dalam sebuah media. Layout melibatkan perencanaan tata letak dan organisasi visual dari elemen desain seperti teks, gambar, dan grafik. Alhasil, produk akhir dapat menarik perhatian, mudah dibaca, dan memiliki daya tarik estetika yang kuat.

Manfaat Layout

Penggunaan layout yang tepat dapat memberikan manfaat bagi desain grafis, antara lain:

  1. Meningkatkan Daya Tarik Visual: Layout yang baik dapat meningkatkan daya tarik visual dari sebuah desain. Alhasil dapat menarik perhatian audiens dan membuat pesan yang ingin disampaikan lebih efektif.
  2. Memudahkan Pemahaman Pesan: Layout yang tepat dapat memudahkan audiens untuk memahami pesan yang ingin disampaikan karena elemen-elemen desain telah diatur dengan baik sehingga mudah dibaca dan dipahami.
  3. Meningkatkan Profesionalisme: Layout yang baik dapat meningkatkan kesan profesional dan kredibilitas sebuah desain karena terlihat rapi, mudah dibaca, dan menarik perhatian.

Elemen Layout

Beberapa elemen yang terdapat pada layout di antaranya adalah:

  1. Ruang Kosong atau White Space: berupa ruang kosong di antara elemen-elemen desain. Ruang kosong ini diperlukan untuk memberi fokus pada elemen utama dan menjaga keseimbangan visual dalam desain.
  2. Teks: elemen penting pada layout karena dapat membawa informasi penting dan mempengaruhi tampilan desain secara keseluruhan.
  3. Gambar: salah satu elemen yang dapat digunakan untuk menarik perhatian audiens dan memperjelas pesan yang ingin disampaikan.
  4. Grafik: grafik dapat memvisualisasikan data atau informasi yang kompleks dalam bentuk yang lebih mudah dipahami.

Prinsip Layout

Berikut ini beberapa prinsip layout yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah desain yang menarik:

  1. Kesederhanaan: layout yang sederhana akan lebih mudah dipahami dan bisa menarik perhatian audiens. Hindari terlalu banyak elemen dan informasi yang tidak perlu.
  2. Keseimbangan: sebuah desain yang seimbang terlihat lebih harmonis dan menarik perhatian. Keseimbangan dapat dicapai dengan menggunakan ruang kosong dan memposisikan elemen desain dengan benar.
  3. Kontras: Penggunaan kontras dalam desain dapat menarik perhatian audiens dan membuat elemen desain menjadi lebih menonjol. Kontras dapat dicapai melalui warna, ukuran, dan bentuk.
  4. Ritme (Rhythm): Ritme dalam layout dapat membantu menentukan arah pandang audiens dan membuat desain lebih menarik.

Nah itulah sobat seputar Layout, mulai dari pengertian, manfaat, elemen dan prinsipnya.

Buat para sobat yang ingin memulai belajar Layout di desain grafis, sobat bisa mengikuti Kursus Apa Yang Harus Kamu Pelajari Saat Menjadi Pemula Graphic Designer

Dengan mengikuti kursus ini, sobat akan mempelajari elemen, prinsip, warna, typografi, cara memilih font untuk publikasi dengan tepat, layout, visual identity, logo.

Klik tombol di bawah ini untuk mengikuti kursus ini!

autocad
belajar photoshop

Hallo! Perkenalkan, saya Yanuario Bagas Prayoga atau biasa dipanggil Kakanda Zyan. Saya adalah mahasiswa aktif Fakultas Teknologi Informasi, Program Studi Sistem Informasi di Universitas Teknologi Digital Indonesia (d.h STMIK Akakom Yogyakarta).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *