Tanggal:25 April 2024
Desain Grafis

Mengenal Jurusan Desain Grafis dan Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Hallo sobat minvo disini ada ga sih yang berminat atau tertarik untuk kuliah di jurusan Desain Grafis. Tapi kuliah di jurusan ini itu kayak gimana sih? Bagaimana pula dengan prospek kerjanya? Yuk, simak penjelasan berikut

Apa sih Desain Grafis itu?

Desain Grafis merupakan suatu bentuk komunikasi secara visual yang disampaikan melalui gambar sebagai media penyampaian informasi. Desain grafis merupakan salah satu bentuk seni lukis yang memiliki beberapa tujuan. Diantaranya untuk mengatur dan menciptakan elemen seni rupa. Contohnya foto, ilustrasi, tulisan dan garis di atas sebuah media.

Apa aja sih yang dipelajari?

Apa sih yang ada dipikiran kalian ketika mendengar tentang kuliah jurusan desain grafis? Jurusan buat orang yang jago ngedesain? Eits perlu diketahui bahwa kuliah jurusan ini tidak hanya membuat logo ataupun poster. Di awal perkuliahan mahasiswa jurusan ini akan mempelajari hal – hal dasar mengenai desain grafis yang disebut desain fundamental seperti warna, ruang, tekstur, bentuk, dan garis. Juga mempelajari menganai prinsip-prinsip desain, yang terdiri dari unity, repetisi, kontras, proporsi, emphasis, ritme, dan balance. Jurusan ini juga akan mempelajari fotografi, tipografi, sejarah gambar dan seni, User Interface (UI) Design, Communication & Presentation, Desktop Publishing, Single Page Design, dan lain-lain.

Alasan mengapa harus memilih jurusan ini

  1. Perusahaan sekarang banyak membutuhkan jurusan ini karena jaman sekarang pola komunikasi cenderung lebih ke bentuk visual dan audio dibandingkan dengan tulisan
  2. Menjadi seorang graphic designer tidak harus bekerja di suatu perusahaan. Graphic Designer juga bisa bekerja sebagai freelancer atau membuka usahanya sendiri dengan penghasilan yang tak kalah dengan bekerja di perusahaan.
  3. Tidak hanya perusahaan besar yang membutuhkan seorang graphic designer. UMKM juga membutuhkan graphic designer untuk membuat media promosi produk mereka.

Prospek kerja jurusan desain grafis

Setelah lulus dan menjadi sarjana desain prospek kerja yang tersedia terbilang sangat luas. Hal itu dikarenakan kebutuhan akan komunikasi secara visual semakin meningkat. Jasa seorang graphic designer sangat dibutuhkan oleh perusahaan besar maupun UMKM untuk membuat branding derta membuat media promosi. Selain itu ada banyak peluang baik di industri media, periklanan, bisnis, dan masih banyak lagi yang membutuhkan jasa graphic designer. Bahkan, seorang graphic designer, bisa juga memilih pekerjaan freelance atau membuka usaha sendiri yang lebih fleksibel tapi tetap berpenghasilan tinggi. Prospek kerja seorang graphic designer diantaranya:

  • Agensi periklanan
  • Software house
  • Branding agency
  • Branding consultant
  • Perusahaan game

Universitas di Indonesia yang terdapat jurusan Desain Grafis

  1. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Institut Teknologi Bandung (ITB).
  2. Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta (IKJ).
  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), Universitas Trisakti.
  4. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Pelita Harapan (UPH).
  5. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Multimedia Nusantara (UMN).
  6. Jurusan Desain Grafis, Universitas Kristen Petra (UK Petra).
  7. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
  8. Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.
  10. Universitas Negeri Malang (UM), Malang

Gimana nih sobat minvo setelah membaca penjelasan diatas tentang jurusan design grafis? Makin tertarik untuk kuliah di jurusan desain grafis? Pasti dong, Karena prospek kerja lulusan desain grafis sangat menjanjikan. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seorang desainer grafis , bisa juga membuka usaha sendiri dengan waktu yang fleksibel dan tentunya pengahasilan yang tak kalah tinggi dengan kerja di perusahaan.

Penulis : Elsa Novia Ramdani – Kelompok B 

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

autocad
adobe illustrator

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *