Site icon Vocasia

Penjelasan 2 Macam Adverb of Frequency Lengkap Beserta Contoh Kata

Macam Adverb of Frequency dan Contoh Kata. Sumber: pexels.com

Beragam macam adverb dalam bahasa Inggris membuat kita perlu pemahaman dan informasi pada setiap jenisnya. Memperluas vocabulary saja tidak cukup apabila kita tidak belajar untuk merangkai kata agar membentuk kalimat yang baik dan benar.

Persamaan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang membutuhkan subjek, predikat, objek, dan juga keterangan, sehingga untuk menguasai bahasa Inggris kita perlu mempelajari aspek-aspeknya untuk membentuk kalimat yang baik dan benar. 

Artikel ini akan membahas mengenai salah satu jenis dari kata keterangan (adverb) yang disebut sebagai adverb of frequency.

Baca Juga:

Pengertian Adverb of Frequency

Pengertian Adverb of Frequency. Sumber: pexels.com

Adverb of frequency merupakan kata keterangan untuk menerangkan frekuensi atau intensitas dari sebuah kegiatan yang dilakukan atau yang sedang terjadi. Adverb of frequency biasanya menjawab pertanyaan yang dilontarkan dengan kata keterangan berupa angka.

Beberapa contoh kata tanya untuk menjawab adverb of frequency diawali dengan how often, how frequently, dan how many times. Sementara, adverb of frequency yang umum ditemui seperti Always, Frequently, Hardly Ever, Never, Occassionally, Often, Rarely, Regularly, Scarcely, Seldom, Sometimes, dan Usually.

Adverb of frequency terbagi menjadi 2 macam, yaitu adverb of definite frequency dan adverb of indefinite frequency. Kedua macam kata keterangan ini digunakan untuk menjelaskan intensitas atau frekuensi waktu, namun ada perbedaan pada spesifikasi waktunya.

Posisi adverb of frequency dalam kalimat dapat digunakan sebelum kata kerja, keta kerja to be, diantara dua kata kerja, dan akhir kalimat. Berikut di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

Rumus: Subject + Adverb of Frequency + Verb

I always finish my task before I go to bed. (Saya selalu menyelesaikan tugas saya sebelum saya pergi tidur).

Rumus: Subject + To Be (is/am/are/was/were) + Adverb of Frequency

She is not usually arrogant. (Dia biasanya tidak sombong.)

Jika dalam sebuah kalimat terdapat dua kata kerja Adverb of Frequency ditempatkan diantara kata kerja bantu dan kata kerja utama. Berikut rumus yang dapat digunakan: Subject + Verb Auxiliary + Adverb of Frequency + Main Verb

He can sometimes beat me in marathon. (Dia terkadang bisa mengalahkan saya di marathon).

Adverb of Frequency pada akhir kalimat dikhususkan untuk anggota Adverb of Definite Frequency dan kata keterangan yang memiliki akhiran -ly. 

My bestie taught me that I should wash my face twice daily. (Sahabatku mengajarkan saya bahwa saya harus mencuci muka saya dua kali sehari).

Baca Juga:

1. Adverb of definite frequency

Adverb of definite frequency digunakan untuk menyatakan frekuensi sebuah kejadian atau peristiwa dalam waktu yang spesifik. Kata keterangan ini memiliki rincian waktu yang sangat jelas dan pasti tanpa perkiraan. Beberapa kata yang digunakan adverb of definite frequency di antaranya adalah: 

Adverb of Definite Frequency Arti
Hourly Setiap Jam
Daily Setiap Hari
Weekly Setiap Minggu
Monthly Setiap bulan
Yearly Setiap Tahun
every second Setiap Detik
once a minute Sekali setiap menit
twice a year Dua Kali dalam Setahun
Once Sekali
Twice Dua Kali
thrice / three times Tiga Kali

Baca Juga:

2. Adverb of indefinite frequency

Adverb of indefinite frequency untuk menjelaskan frekuensi tidak dinyatakan dengan spesifik, sehingga menunjukkan frekuensi suatu peristiwa atau kejadian tanpa adanya waktu yang jelas dan pasti kapan terjadinya. Berikut di bawah ini beberapa daftar kata adverb of indefinite frequency yang dipakai untuk mengukur frekuensi yang tidak pasti sebagai berikut.

Adverb of Indefinite Frequency Arti
Always Selalu
Constantly Selalu
Usually Biasanya
Normally Biasanya
Frequently Sering
Regularly Sering
Often Sering
Sometimes Kadang-kadang
Occasionally Sekali-sekali
Rarely Sekali-sekali
Infrequently Sekali-sekali
Seldom Jarang
hardly ever Sangat Jarang
Never Tidak Pernah

Baca Juga:

Itu dia 2 jenis adverb of frequency untuk membantu kamu menyatakan kata keterangan frekuensi dalam bahasa Inggris. Kamu bisa mempelajari dan mecari daftar kata yang termasuk ke dalam adverb of frequency lebih dalam lagi untuk menambah wawasan serta pengetahuan dalam materi bahasa Inggris.

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC di vocasia. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%!

Exit mobile version