Site icon Vocasia

2 Cara Penggunaan Expression of Hope Lengkap Beserta Contoh Dialognya

2 Cara Penggunaan Expression of Hope. Sumber: pexels.com

Pernahkah kamu mendengar istilah expressing hope atau expression of hope dalam bahasa Inggris? Istilah ini singkatnya digunakan untuk seseorang yang akan menyampaikan suatu harapan secara lisan maupun tertulis. 

Sebagian orang atau bahkan orang Indonesia cenderung mengartikan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris satu persatu. Hal tersebut terkadang mengakibatkan kejanggalan dan kalimat bahasa Inggris yang tidak efektif.

Ingin tahu lebih lengkapnya mengenai expression of hope untuk mengungkapkan harapan yang baik dan benar? Artikel ini akan membahas 2 cara penggunaan yang dapat digunakan untuk mengutarakan harapan dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Baca Juga:

Pengertian Expressing of Hope

Pengertian Expression of Hope. Sumber: pexels.com

Expression of hope digunakan dengan menyelipkan verb “hope” dalam suatu kalimat untuk membicarakan bahwa suatu kondisi atau situasi memiliki kemungkinan terjadi di masa depan.

Expression of hope dapat digunakan dalam segala segala jenis kalimat baik formal maupun informal. Hal ini seringkali kamu temukan dalam surat lamaran kerja atau surat resmi lainnya yang berhubungan dengan dunia profesional.

Oleh karena itu, expressing hope dapat diartikan sebagai harapan untuk menceritakan masa lalu (past tense) dan harapan untuk masa depan. Akan tetapi kebanyakan istilah “Hope” digunakan untuk mengekspresikan harapan yang belum terjadi dan sangat mengharapkan harapan tersebut agar terjadi.

Berikut di bawah ini 2 cara penggunaan expression of hope berupa rumus dan contoh kalimatnya yang dapat kamu gunakan untuk menyatakan suatu harapan agar terwujud. 

Baca juga:

Hope + Object / No Object

Rumus Penggunaan Expression of Hope. Sumber: pexels.com

Suatu expression of Hope dapat bersifat transitive (diikuti direct object) atau intransive (tidak diikuti direct object).

Untuk membentuk suatu kalimat expression of Hope sebagai transitive verb, hope dapat diikuti infinitive (to+verb) atau that-clause (noun clause) sebagai direct object-nya.

Kata kerja ini digunakan bersama infinitive untuk menyatakan harapan dan niat untuk melakukan sesuatu di masa depan agar sewaktu-waktu dapat dilakukan, sedangkan bersama that-clause ketika ada subject baru yang ingin disebutkan (subject baru tersebut berada di dalam that-clause).

Subordinator “that” pada that-clause tersebut dapat dihilangkan, sehingga hanya menyisakan subject dan predikatnya. That-clause tersebut sering menggunakan present verb form (simple present tense) meskipun ada time reference (keterangan waktu) di masa depan (next week, tomorrow, next month, dll).

Lebih lengkap, artikel ini akan membahas contoh-contoh kalimat pada 2 cara penggunaan dalam rumus Hope + Object / No Object untuk digunakan pada expression of hope. 

Baca Juga:

1. Hope + object

Kalimat Penggunaan Expression of Hope. Sumber: pexels.com

Baca Juga:

2. Hope + no object

Cara Penggunaan Expression of Hope. Sumber: pexels.com

Baca Juga: Pengertian dan jenis-jenis Interrogative Sentences

Untuk memudahkan kamu dalam menggunakan expression of hope, artikel ini telah menyediakan sebuah contoh dialog yang dapat menggambarkan expression of hope dalam percakapan sehari-hari.

Jasmine : Hi, how are you? It’s been a long time no see you, my bestie.

Selvie : Hi! I get a little problem, I have headache.

Jasmine : Oh, I see. Have you seen the doctor?

Selvie : Not yet, I haven’t had time to go to the doctor.

Jasmine : Please, go to the doctor soon. I hope you will get better soon. I really need your help for asking my task.

Selvie : Ok, thank you. 

Baca Juga: Pengertian dan contoh penggunaan Adverb of Place

Itu dia 2 cara penggunaan expression of hope untuk membantu kamu menunjukkan keterangan waktu dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menggunakan kedua rumus tersebut untuk memudahkan dalam menyampaikan suatu harapan yang diselipkan verb “hope”.

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran kursus lainnya!

Exit mobile version