Rumus atau fungsi COUNT pada excel umumnya digunakan untuk menjumlahkan data.
Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tentang rumus COUNT sekaligus cara penggunaannya.
- Baca juga: Paduan rumus Sum di Excel
Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan ini dengan seksama!
Pengertian rumus COUNT di excel
Rumus COUNT merupakan salah satu rumus yang digunakan untuk memudahkan kita menghitung jumlah data atau cell yang berisikan angka dari beberapa argumen.
Rumus COUNT di excel sering digunakan untuk mencari tahu jumlah entri dan banyaknya kemunculan number (data berupa angka) dari sebuat range atau aray.
- Baca juga: Paduan rumus Counta d Excel
Fungsi ini berbeda dengan fungsi SUM yang dimana fungsi SUM tergolong kelompok fungsi Matematik dan Trigonometri.
Lebih tepatnya, perbedaan kedua rumus ini terletak pada nilai yang dihitung. Rumus SUM digunakan untuk menghitung total nilai dari keseluruhan data sedangkan COUNT hanya untuk mengetahui seberapa sering data yang muncul.
Cara menggunakan rumus COUNT di excel beserta contohnya
Formula rumus:
value1 Diperlukan. Item pertama, referensi sel, atau rentang yang ingin Anda hitung angkanya.
value2, … Opsional. Hingga 255 item tambahan, referensi sel, atau rentang yang ingin Anda hitung angkanya.
- Argumen yang berupa angka, tanggal, atau teks representasi angka (misalnya, angka yang dimasukkan dalam tanda petik, seperti “1”) dihitung.
- Nilai logika dan teks representasi angka yang Anda ketikkan secara langsung ke dalam daftar argumen akan dihitung.
-
Argumen yang berupa nilai kesalahan atau teks yang tidak dapat diterjemahkan menjadi angka tidak dihitung.
- Jika argumen adalah larik atau referensi, hanya angka dalam larik atau referensi yang dihitung. Sel kosong, nilai logika, teks, atau nilai kesalahan dalam larik atau referensi tidak dihitung.
- Jika Anda ingin menghitung nilai logika, teks, atau nilai kesalahan, gunakan fungsi COUNTA.
- Jika Anda ingin hanya menghitung angka-angka yang memenuhi kriteria tertentu, gunakan fungsi COUNTIF atau fungsi COUNTIFS.
Berikut adalah panduan cara menggunakan rumus COUNT dalam bentuk video:
Klil link di bawah!
Demikian adalah pengertian, cara menggunakan rumus COUNT di excel beserta contohnya.
- Baca juga: Paduan rumus Average di Microsoft Excel
Ada event menarik nih buat kamu yang sedang ingin mempelajari sekaligus mempraktikan langsung mengenai rumus-rumus yang ada pada excel, dengan mengikuti program bootcamp excel dari Vocasia berikut ini.
Yuk daftarkan dirimu segera sebelum kehabisan! Klik di sini untuk daftar!
Buat kamu yang ingin mengunakan excel secara profesional untuk di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia. Kursus ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan Excel.
Dengan mengikuti kursus ini kamu akan mendapatkan beberapa benefit seperti:
- Mampu mengenali basic tools yang ada di Excel
- Mampu menggunakan Aplikasi Excel
Nikmati diskon hingga 84%!
Kamu akan mendapatkan 3,5 jam+ video yang terbagi dalam 60 materi pembelajaran dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun!
Klik disini untuk daftar sekarang!
Sumber : kelasexcel.id & microsoft.com