Site icon Vocasia

Panduan Rumus SUM di Excel

MS Excel

MS Excel - @pixabay.com

Rumus atau fungsi SUM pada excel umumnya digunakan untuk menjumlahkan data.

Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tentang rumus SUM sekaligus cara penggunaannya.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan ini dengan seksama!

Pengertian rumus SUM di excel

Rumus SUM merupakan salah satu fungsi pada excel yang digunakan untuk memudahkan kita menjumlahkan dara serta menambahkan semua suatu angka menjadi suatu argumen.

Rumus SUM bisa kamu gunakan untuk menjumlahkan beberapa data atau angka yang tedapat do beberapa sel atau range yang diinginkan.

Cara menggunakan rumus SUM di excel beserta contohnya

Formula rumus :

Format rumus SUM – @kelasexcel.id

Contoh penggunaanya :

Menggunakan SUM dengan dua rentang angka – @microsoft.com

Berikut adalah rumus yang menggunakan dua rentangsel: =SUM(A2:A4,C2:C3) menjumlahkan angka dalam rentang A2:A4 dan C2:C3. Kamu menekan Enter untuk mendapatkan total 39787.

Langkahnya:

  1. Ketik =SUM dalam sel, diikuti dengan tanda kurung buka (.
  2. Untuk memasukkan rentang rumus pertama, yang disebut argumen (bagian data yang perlu dijalankan rumus), ketik A2:A4 (atau pilih sel A2 dan seret melalui sel A6).

  3. Ketik koma (,) untuk memisahkan argumen pertama dari argumen berikutnya.
  4. Ketikkan argumen kedua, C2:C3 (atau seret untuk memilih sel).
  5. Ketik tanda kurung tutup ), lalu tekan Enter.

Setiap argumen dipisahkan oleh tanda baca koma.

Demikian adalah pengertian, cara menggunakan rumus SUM di excel beserta contohnya.

Ada event menarik nih buat kamu yang sedang ingin mempelajari sekaligus mempraktikan langsung mengenai rumus-rumus yang ada pada excel, dengan mengikuti program bootcamp excel dari Vocasia berikut ini.

Bootcamp Excel “How To Become An Advance In Excel” dari Vocasia.id

Yuk daftarkan dirimu segera sebelum kehabisan! Klik di sini untuk daftar!

“Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia

Buat kamu yang ingin mengunakan excel secara profesional untuk di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia. Kursus ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan Excel.

Dengan mengikuti kursus ini kamu akan mendapatkan beberapa benefit seperti:

Nikmati diskon hingga 84%!

Kamu akan mendapatkan 3,5 jam+ video yang terbagi dalam 60 materi pembelajaran dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun!

Klik disini untuk daftar sekarang!

Sumber : kelasexcel.id & microsoft,com

Exit mobile version