Jenuh dalam suatu pekerjaan yang sedang kamu jalani memang susah untuk dialami dan dilewati. Kamu tidak bisa langsung menghilangkan rasa ketidaksukaan itu dengan cepat, pasti butuh waktu untuk proses menghilangkannya. Untuk sebagian orang mungkin itu akan berhasil, sisanya mungkin saja tidak, dan harus keluar dari pekerjaannya karena memang sudah waktunya untuk pindah ke pekerjaan yang lain. Lalu, apakah kamu sudah mencoba semua cara?
Terkadang, kita hanya sedang mengalami hari yang buruk, bisa saja minggu atau bulan. Lalu, hal tersebut berdampak kepada pekerjaan kita pada saat itu, yang membuat kita tidak memiliki motivasi bekerja dan sebagainya. Selalu ingat bahwa hal ini sangat wajar dan terjadi pastinya di setiap orang, tidak kamu saja. Terus, ada cara-caranya untuk mengatasinya tidak sih? Tentu ada!
Sebelum kamu mengambil keputusan dengan berpindah tempat kerja atau lain-lainnya, alangkah baiknya kamu mencoba cara-cara berikut agar kamu dapat kembali bekerja seperti biasanya. Karena mungkin saja, kamu hanya sedang mengalami mood yang tidak enak. Mau tahu gak nih ada cara-cara apa saja? Yuk kita simak dan belajar cara-caranya berikut! Jangan sampai dilewati ya!
1. Mencari Aktivitas Lain di Luar Pekerjaan
Setiap orang pasti memiliki kehidupan yang berbeda-beda di luar jam kantor. Ada yang memiliki hobi dengan berolahraga, jalan-jalan bersama keluarga atau teman, dan menggunakannya untuk istirahat sebanyak-banyaknya di rumah. Maka dari itu, sangat penting untuk orang yang bekerja memiliki aktivitas yang lain agar menyeimbangi kehidupan pribadi dengan kantor, agar kamu tidak terlalu terbebani dengan pikiran pekerjaan yang kamu miliki.
- Baca juga: Tugas debt collector dalam menagih hutang
2. Buat Goals atau Tujuan di dalam Pekerjaan
Dalam suatu pekerjaan, pasti kamu memiliki banyak tugas setiap hari, minggu, hingga bulan dari atasan kamu. Terkadang, pekerjaan-pekerjaan ini bisa membuatmu pusing karena banyak sekali. Tetapi, lebih baik kamu membuat tugas-tugas ini sebagai motivasi untuk kamu bekerja lebih giat lagi, dengan membuatnya sebagai goals atau tujuan yang harus kamu selesaikan. Buatlah “To-Do List” agar kesannya kamu harus menyelesaikannya dengan cepat, pasti akan lebih seru dan bikin kamu semangat!
3. Curhat Ke Teman atau Kerabat Terdekat
Walau semua cara sudah dicoba, terkadang kamu juga membutuhkan seseorang untuk dijadikan tempat untuk mengeluh dan bercerita dengan masalah-masalah yang kamu sedang alami. Salah satunya adalah beban pekerjaan ini. Sangat penting untuk kamu selalu cerita, agar masalah yang sedang kamu hadapi tidak terpendam di dalam hati saja, sangat sehat kok untuk kamu ceritakan ke temanmu! Jangan lupa curhat-curhat ya!
- Baca juga: Pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia
4. Memberi Penilaian atau Self Reward Ke Diri Sendiri
Setelah kamu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kamu, jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih dan penilaian kepada dirimu sendiri. Hal ini sendiri dapat menolong kamu dalam hubungan dengan diri kamu sendiri. Kamu juga harus selalu memikirkan diri kamu sendiri ya, dan hal tersebut wajar kok! Jangan lupa juga untuk membuat diri kamu bahagia dengan self-reward seperti membeli suatu barang atau makan yang enak setelah mengerjakan tugas yang berat atau banyak di kantor ya!
5. Pergantian Divisi/Deskripsi Kerja
Meminta untuk perpindahan divisi atau deskripsi kerja juga dapat kamu lakukan. Jika kamu sudah mengikuti cara-cara lainnya dan tidak kunjung berhasil, saatnya mencoba hal yang baru, tetapi masih dalam perusahaan yang sama. Mungkin dengan pergantian ini, kamu jadi semangat akan hal yang baru untuk kamu coba. Selalu semangat ya!
- Baca juga: Apa itu front office dan back office