Tanggal:29 February 2024

15+ Tools Corel Draw dan Fungsinya untuk Desain Grafis

Tools Coreldraw adalah hal yang wajib kamu pelajari ketika ingin menjadi seorang desainer grafis. Setiap fungsi tools pada Coreldraw memiliki ciri khas serta karakteristiknya masing-masing. Pentingnya tools ini juga mencakup aspek secara keseluruhan dari proses editing dan desain grafis. Tanpa mengetahui fungsi-fungsi tools yang terdapat pada Coreldraw tentu akan mempersulit pembuatan desain grafis.

Pada dasarnya, karakteristik setiap tools dalam Coreldraw memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Nah, artikel ini akan membahas apa saja tools pendukung desain grafis dalam Coreldraw.

1. Shape Tool

Shape merupakan tools dalam Coreldraw yang berfungsi untuk membuat dan mengubah satu objek menjadi bentuk lain. Perubahan bentuk ini dapat dilakukan dengan memakai titik sudut pada objek tersebut. Kemudian, sudut atau objek dapat diubah bentuknya agar menjadi bulat atau runcing.

2. Pick Tool

Tool selanjutnya adalah pick tool yang merupakan alat dengan ikon dengan simbol tanda panah yang memiliki fungsi untuk menyeleksi, memilih, serta mengatur ukuran dan posisi dari suatu objek. 

Selain itu, opsi pada pick tool memiliki beberapa pelengkap tambahan, seperti:

  • Freehand Pick Tool: berfungsi untuk menyeleksi suatu objek secara bebas.
  • Free Transform tool: berfungsi untuk mengatur skala serta ukuran dari suatu objek.

3. Smear Tool

Selanjutnya adalah smear tool yang memiliki fungsi untuk mengubah bagian tertentu dari objek yang memiliki bentuk lengkungan. Namun, cara untuk mengubah bagian objek tersebut bisa kamu lakukan dengan menarik objek yang akan dipilih ke arah manapun secara bebas.

Kamu dapat membuat objek tersebut menjadi sebuah objek baru dalam bentuk yang baru. Dengan kata lain, tool ini memiliki fungsi untuk memanipulasi objek agar terlihat samar dengan tampilan yang baru.

4. Smooth Tool

Tool selanjutnya yang perlu kamu ketahui adalah smooth tool, alat ini berfungsi untuk meluruskan atau menghaluskan garis dan sketsa pada suatu objek tertentu. Biasanya, penggunaan tool ini untuk menghaluskan atau meluruskan objek garis yang berbentuk zig-zag agar menjadi lebih halus atau bahkan lurus.

5. Smudge Tool

Alat yang satu ini merupakan tools dalam CorelDraw yang memiliki fungsi untuk mengubah bagian pada suatu objek yang memiliki bentuk lingkaran atau lengkungan. Kemudian, cara menggunakan tools ini adalah dengan meng-klik pada garis objek yang akan kamu pilih, lalu secara bebas kamu bisa mengubah bentuk objek tersebut.

6. Attract and Repel Tool

Tool ini dalam aplikasi desain Coreldraw adalah sebuah alat yang sangat berguna bagi kamu yang memiliki hobi membuat gambar jenis ilustrasi seperti sketsa dan kartun. Attract and Repel berfungsi mengubah bagian tertentu dari suatu objek secara bebas dan menjadikan objek tersebut melengkung atau runcing.

Cara menggunakannya yaitu dengan meng-klik objek dan menariknya ke arah manapun secara bebas. Kemudian, untuk memberikan efek yang lebih smooth, kamu juga bisa menarik objek tersebut sambil menekan tombol pada mouse.

7. Swirl Tool

Selanjutnya adalah Swirl Tool yang berfungsi untuk memberikan efek tertentu dalam sebuah objek. Selain itu, Swear Tool juga akan memberikan nuansa yang berbeda dalam suatu objek, terutama bagi pembuatan desain grafis dengan tingkatan yang rumit.

Cara menggunakan tools ini adalah dengan meng-klik tepi atau sudut objek, lalu tahan hingga putaran objek tersebut sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan.

Image: Freepik

8. Crop Tool

Selanjutnya adalah Crop Tool, alat ini memiliki fungsi khusus untuk memotong atau menghilangkan bagian pada objek tertentu yang telah kamu pilih. Selain itu, terdapat juga tools tambahan lain yang memiliki fungsi hampir sama dengan crop tool, antara lain adalah:

  • Knife tool: Berfungsi untuk memotong objek.
  • Virtual Segment Delete Tool: berfungsi untuk menghapus bagian tertentu, seperti sudut atau sebuah pertemuan antar garis dalam suatu objek.
  • Eraser tool: berfungsi untuk menghilangkan atau menghapus bagian yang tidak kamu perlukan pada suatu objek dalam sebuah layer.

9. Zoom Tool

Alat ini ditandai dengan ikon bergambar kaca pembesar. Sesuai dengan simbol ikonnya, Zoom Tool adalah alat yang berfungsi untuk mengatur ukuran tampilan serta memperbesar objek pada sebuah layer. Melalui tools ini, kamu dapat memperbesar serta memperkecil tampilan lembar kerja sesuai dengan ukuran layer yang kamu inginkan.

Selain itu, dalam Zoom Tool juga terdapat alat lain, seperti Pan Tool yang berfungsi untuk mengontrol atau mengatur tampilan layer tanpa perlu meng-klik atau menahan layer tersebut.

10. Freehand Tool

Selanjutnya adalah Freehand Tool, alat ini memiliki fungsi untuk membuat garis secara bebas agar membentuk suatu objek tertentu. Biasanya, Freehand Tool sangat berguna untuk mengatur penyebaran color palette pada desain, terutama untuk menentukan jenis objek dan line yang akan kamu gunakan dalam layer desain tersebut.

Selain itu, pada Freehand Tool juga terdapat alat lain yang bisa kamu gunakan untuk memperindah hasil desain grafis yang telah kamu buat, antara lain adalah:

  • 2 Point Line Tool: Berfungsi untuk menggambar sebuah garis lurus dari dua buah titik yang saling terhubung.
  • Bezier Tool: Berfungsi untuk menggambar garis atau kurva yang nantinya bisa kamu hubungkan satu sama lainnya antar tiap titik tersebut.
  • Pen Tool: Berfungsi untuk menggambar garis atau kurva secara langsung serta mengubah garis tersebut menjadi sebuah objek.
  • B-Spline: Berfungsi untuk membuat garis atau kurva yang berbentuk lingkaran atau lengkungan.
  • Polyline Tool: Berfungsi untuk menggambar garis atau kurva dengan bentuk lurus atau bebas.
  • 3 Point Curve Tool: Berfungsi untuk membuat garis atau kurva yang berdasarkan pada 3 titik awal objek dalam sebuah layer.

Baca juga| Jurusan Desain Komunikasi Visual: Pengertian Dan Prospek Kerjanya

11. Artistic Media Tool

Alat yang satu ini merupakan sebuah tools Coreldraw yang berfungsi untuk mempercantik objek tertentu agar memiliki tampilan secara lebih artistik. Tools ini akan sangat bermanfaat untuk keperluan desain kartun yang menuntutmu harus membuat desain dengan tampilan yang artistik.

Selain itu, dalam alat Artistic Media Tool juga terdapat beberapa pilihan tools tambahan yang memiliki fungsi unik. Tools tersebut antara lain adalah:

  • Live Sketch Tool: berfungsi untuk membuat garis atau kurva seperti sebuah coretan pensil pada sebuah layer dalam CorelDraw.
  • Smart Drawing Tool: Berfungsi untuk membuat garis atau coretan menjadi objek yang kamu inginkan secara otomatis. Tools ini akan mempercantik tampilan objek dengan fitur smart filling dan pemilihan warna yang digunakan bisa kamu sesuaikan sesuai selera.

12. Rectangle Tool

Selanjutnya adalah Rectangle Tool yang berfungsi untuk membuat objek berbentuk persegi atau segi empat. Biasanya tools ini akan berguna untuk keperluan desain logo dan ilustrasi. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan ukuran segi empat sesuai dengan desain yang akan kamu buat.

13. Ellipse Tool

Alat selanjutnya bernama Ellipse Tool yang berfungsi untuk membuat sebuah objek berbentuk lingkaran atau oval secara otomatis. Biasanya, penggunaan alat ini bermanfaat untuk keperluan pembuatan desain logo dan juga ilustrasi.

Image: Freepik

14. Roughen Tool

Kamu bisa menggunakan tools ini untuk mengubah bagian pada objek, khususnya pada elemen garis agar lebih runcing atau berbentuk gerigi. Roughen Tool merupakan alat yang sangat penting untuk kamu ketahui, terutama bagi kamu yang memiliki hobi membuat desain kartun dengan latar belakang berbentuk objek yang kasar.

Baca juga| Apa Itu CMYK? Kenali Perbedaannya Dengan RGB Dalam Desain Grafis

15. Parallel Dimension Tool

Berikutnya adalah Parallel Dimension Tool yang berfungsi untuk membuat garis beserta ukurannya 

(panjang/lebar). Selain itu, pada pilihan tools ini juga terdapat berbagai jenis tools lainnya yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Horizontal or Vertical Tool: Memiliki fungsi untuk membuat garis ukur dengan posisi horizontal dan vertikal.
  • Angular Dimension Tool: Berfungsi untuk membuat garis yang digunakan untuk mengukur sudut sebuah objek.
  • Segment Dimension Tool: Berfungsi untuk menampilkan garis ukur pada bagian sebuah objek.
  • 2-Leg Callout Tool: Berfungsi untuk membuat garis petunjuk pada bagian objek.

16. Connector Tool

Alat ini memiliki fungsi untuk membuat garis penghubung antar dua objek atau lebih. Pada dasarnya, tools ini juga memiliki tools lain yang dapat membantu proses editing, seperti Anchor Tool yang memiliki fungsi untuk mengatur posisi titik penghubung antar objek.

17. Shadow Tool

Alat selanjutnya adalah Shadow Tool yang berfungsi untuk memberikan efek bayangan pada sebuah objek. Selain itu, ada juga tools lainnya yang dapat memberikan efek menarik pada objek, diantaranya adalah:

  • Contour Tool: Berfungsi membuat objek baru secara berurutan berdasarkan bentuk awalnya.
  • Blend Tool: Berfungsi untuk menghubungkan antar dua objek yang berbeda.
  • Distort Tool: Berfungsi untuk memberikan efek yang dapat mengubah bentuk dengan menarik bagian pada garis objek.
  • Envelope Tool: Untuk melengkungkan bagian pada objek yang dipilih.
  • Extrude Tool: Berguna untuk menambahkan bentuk 3D atau ruang pada objek.
  • Block Shadow Tool: Berfungsi untuk memberikan efek bayangan tebal berdasarkan titik sudut pada objek.

Baca juga| Cara Membuat Desain ID Card Di Photoshop

Nah, sekian penjelasan mengenai tools Coreldraw yang perlu kamu ketahui untuk mempermudah aktivitas desain grafis. Selain itu, tingkatkan juga kreativitas agar hasil karya yang kamu ciptakan memiliki keunikannya tersendiri.

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *