Site icon Vocasia

Tugas & Tanggung Jawab Seorang Manajemen Artis

Artis adalah seseorang yang kesehariannya bekerja dibidang entertainment. Dan setiap artis juga pasti selalu memiliki manajemennya masing-masing.

Lalu, apa saja tujuan adanya manajemen pada artis? Apa saja tanggung jawab serta tugas manajemen seorang artis? Langsung saja pada penjelasan kali ini kita akan sama-sama membahas mengenai tugas dan tanggung jawab manajemen seorang artis.

Pengertian Manajemen Artis

Dilansir dari laman Gurupendidikan,

Manajemen artis merupakan kebutuhan wajib yang ada di dunia selebritis. Manajemen yang solid mencerminkan profesionalitas dari artis tersebut.

Manajemen bertujuan untuk mengatur, logikanya manajemen ada untuk mengatur sesuatu yang belum teratur. Ataupun mencari keteraturan dalam suatu ketidak teraturan sehingga terciptanya sebuah pola yang baru.

Sepert halnya menjadi artis merupakan salah satu profesi dambaan setiap orang, sosok artis yang sering nampang di TV, Job manggung, main sinetron yang tidak pernah sepi. Semakin muncul di media massa, popularitas pun semakin naik. Seiring ketenaran yang melejit otomatis pundi-pundi emasnya pun bertambah banyak.

Karena banyaknya order manggung, main sinetron, iklan dan sebagainya maka artis-artis ini butuh seorang asisten dan manajer. Manajer inilah yang bertugas mengatur jadwal artis manggung, mengatur keuangan artis, mengatur perjanjian kontrak dengan sponsor dan lain sebagainya.

Beberapa Tugas Manajemen Artis

Berikut ini ialah fungsi dan tugas utama dari manajemen artis yang bisa dijadikan patokan kalian bila ingin membuka bisnis dibidang manajemen artis, sebagai berikut :

  1. Mengatur semua jadwal pentas, show dan shooting. Manajemen harus pandai mengatur jadwal undangan pentas untuk artis agar tak benturan dengan jadwal pentas lain. Selain itu juga harus memastikan fasilitas dan akomodasi untuk artis selama pentas/roadshow.
  2. Menyusun kontrak kerja dengan artis dan pihak ketiga yang ingin menggunakan jasa artis tersebut. Kontrak kerja ini sangat penting sebagai bukti kerjasama. Mengatur keuangan/pembagian kompensasi. Di dalam kontrak kerja antara manajemen dicantumkan pembagian hasil pemasukan dari pentas, main film, sinetron dan kontrak dari sponsor.
  3. Manajemen wajib membuat laporan keuangan, meliputi pemasukan dan pengeluaran si artis. Pembagian hasil atas pemasukan dari artis dengan menajer harus jelas presentasenya. Mengajukan legalitas/hak paten atas hasil karya artis.
  4. Manajemen artis diwajibkan mengurus hak paten atas hasil karya artis, hasil karya bersama dan segala merchandise, atribut iklan, promosi dan sebagainya. Perlindungan hak paten sangat penting bagi artis, karena merupakan sebuah hasil dari ide dan kreativitas untuk karya intelektual yang patut dilindungi. Mempromosikan artis yang ada di bawah manajemennya.
  5. Manajemen artis konsisten mempromosikan artis yang ada di bawah naungan dia agar selalu eksis dan mendapat tawaran dari pihak ketiga untuk show, mengisi event atau tawaran untuk iklan model produk. Semakin gencar menajemen mengorbitkan artis, tentu saja akan banyak tawaran yang masuk dan berdampak pada pemasukan manajemen itu sendiri.

Jadi seperti itulah tugas dan tanggung jawab seorang manajemen artis. Terima Kasih!

Baca juga :

Manajemen Bisnis: Pengertian, Jenis, Dan Fungsi

Manajemen Keuangan : Pengertian, Fungsi, Dan Tips Mengelola

8 Cara Manajemen Waktu Yang Baik, Terbukti Ampuh !

Fungsi-Fungsi Manajemen, Ada Apa Aja Ya?

Exit mobile version