Site icon Vocasia

Faktur Pembelian: Pengertian, Komponen, Fungsi, dan Kegunaannya!

Faktur pembelian. Sumber: pexels.com

Bukti transaksi dalam akuntansi menjadi salah satu hal yang wajib dan sangat penting. Bukti transaksi secara dasar berguna bagi para akuntan dalam melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan. Bukti transaksi yang dibutuhkan dapat berupa faktur pembelian atau faktur penjualan.

Adanya bukti transaksi dapat mempermudah proses pembukuan sehingga dapat menghasilkan laporan keuangan yang tepat dan bermanfaat bagi para penggunanya untuk menentukan keputusan di masa depan.

Faktur adalah salah satu istilah yang digunakan untuk merujuk pada  bukti transaksi yang dilakukan suatu perusahaan melalui aktivitasnya. sudah akrab mendengar istilah faktur? Jika belum, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Apa Itu Cyberbullying dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Pengertian Faktur Pembelian

Apa yang dimaksud dengan faktur pembelian. Sumber: pexels.com

Istilah lain dari faktur yang lebih dikenal adalah invoice. Pada faktur pembelian diterima oleh pihak pembeli dari penjual, khususnya dalam transaksi yang diselesaikan secara tunai. Penerimaan faktur pembelian dilakukan pada saat barang sudah diterima di tangan pembeli. Begitu pun sebaliknya pada faktur penjualan. 

Faktur menjadi dokumen transaksi yang secara sah diberikan oleh penjual, supplier, atau vendor kepada pembeli ketika sudah menyelesaikan transaksi dan menerima barang yang dibutuhkan. Catatan transaksi yang menerbitkan faktur pembelian dapat berguna dalam membantu proses pengecekan stock opname.

Baca juga: Here’s The Do’s Don’ts While You’re at The Interview

Komponen Faktur Pembelian

Komponen yang terdapat dalam faktur pembelian. Sumber: pexels.com

Faktur memiliki berbagai komponen inti yang tercantum di dalamnya agar dapat berjalan sesuai dengan fungsinya, di antaranya

Baca juga: Franchise Kabobs

Fungsi Faktur Pembelian

Fungsi faktur pembelian. Sumber: pexels.com

Fungsi faktur dalam pembelian di antaranya:

Dimuatnya harga serta detail produk yang dibeli adalah bukti bahwa pembeli sudah memastikan barang atau jasa memang sudah sesuai dengan keinginan serta kesepakatan.

Tercantumnya harga dan tanggal jatuh tempo untuk penagihan juga menjadi bukti sah saat penjual melakukan penagihan atas barang atau jasa yang digunakan.

Pencatatan akuntansi membutuhkan dokumen yang secara sah digunakan sebagai dasar pembukuan termasuk pada faktur.

Jika ada cacat tersembunyi yang bisa mengakibatkan kerusakan, ketidaksesuaian dengan barang aslinya, produk bisa dikembalikan dengan menyertakan faktur pembelian yang menyatakan kebenaran pemilik dari barang tersebut.

Baca juga: Apa Itu Korean Wave

Kegunaan Faktur Pembelian 

Faktur juga memiliki kegunaan selain manfaat utamanya dalam mempermudah proses pembukuan pada akuntan. Oleh sebab itu, penting untuk menyimpan faktur pembelian setelah melakukan pembelanjaan. 

Beberapa kegunaan atau manfaat faktur di antaranya:

  1. Bukti secara fisik pada pembelian yang dilakukan dengan sesuai;
  2. Bukti informasi terhadap nilai tagihan pembayaran yang wajib dibayarkan oleh pembeli atau pada saat penagihan;
  3. Dokumen yang dapat menunjukkan banyak tidaknya persediaan barang setelah dilakukan pembelian;
  4. Bukti sah dalam melakukan klaim dari pembeli ke penjual jika ada barang rusak atau tidak sesuai pesanan.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Twitter untuk Mengembangkan Karier

Itu dia penjelasan mengenai faktur pembelian yang secara garis besar berguna dalam memudahkan para akuntan membuat laporan pembukuan. 

Kunjungi tautan berikut untuk membaca artikel seputar akuntansi dan keuangan yang menarik lainnya untuk memperluas pengetahuan dan wawasan yang kamu miliki. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube, dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang penting untuk kamu!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlian dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang memiliki banyak pengalaman dalam bidangnya!

Tunggu apalagi? Daftarkan diri sekarang juga agar kamu bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia. Gabung segera untuk mengikuti kelas online dan raih berbagai kemampuan yang ingin kamu kuasai pastinya dengan harga yang terjangkau! Temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Tips Ikut Job Fair Online

Exit mobile version