Site icon Vocasia

Cara-Cara Kamu Untuk Budidaya Ikan Gurame di Rumah!

Siapa sih yang gak pernah cobain jenis ikan yang satu ini untuk dijadikan sebuah hidangan utama, mungkin saat makan siang atau malam? Ikan Gurame memiliki rasa dan tekstur yang sangat lezat untuk dimakan. Banyak sekali restoran-restoran yang menyajikan hidangan ini, contohnya seperti restoran Indonesia, atau restoran khas sunda! 

Tetapi kamu tahu tidak sih, kalau ikan yang biasanya kamu makan di restoran-restoran ini bisa kamu budidaya sendiri di rumah kamu, masa iya? Betul banget, kamu tinggal mengikuti cara-cara berikut yang akan membantu kamu melakukan budidaya ikan gurame hanya di rumah. Untuk kamu yang ingin mewujudkan dalam membudidayakan ikan gurame, yuk ikutin cara-caranya berikut!

Pembuatan Kolam 

Hal yang pertama harus kamu perhatikan adalah penentuan ukuran kolam. Pastikan kamu sudah tahu berapa ukuran kolam tersebut. Kamu juga harus mengingat bahwa ukuran ikan gurame cukup besar, jadi pastikan ikan-ikan yang nanti akan tinggal di kolam tersebut memiliki ruang yang cukup untuk para ikan nanti hidup dan tumbuh. Jangan sampai terlalu sempit ya!

Baca Juga | Cara Lengkap Budidaya Lobster di Rumah

Membersihkan Kolam  & Mengisi Air Kolam

Setelah kamu membuat kolam dan telah jadi, kamu harus segera membersihkan kolam dari sisa-sisa kotoran seperti semen, debu, dedaunan dan lainnya agar kolam akan terlihat bersih dan siap untuk digunakan. Setelah itu, kamu langsung mengisi kolam dengan air. Pastikan juga volume air yang akan dimasukkan dalam kolam adalah ¾ dari volume kolam yang ada. Kamu juga harus mendiamkan kolam selama 7 hari sebelum memasukkan bibit-bibit ikan nantinya.

Siapkan Bibit & Penebaran Bibit Ikan Gurame 

Selanjutnya, kamu akan memilih bibit-bibit yang pastinya layak untuk dipindahkan dan hidup di kolam. Kriteria-kriteria yang harus kamu ketahui adalah biasanya bibit sehat memiliki umur berusia satu tahun ke atas, tanpa ada kecacatan dan normal. Lalu, beratnya juga sekitar 100 gram. Untuk pembelian bibitnya sendiri dapat kamu dapatkan di tempat yang membudidayakan ikan gurame di sekitar tempatmu. Jika kamu sudah membeli bibit dan menyelesaikan satu minggu lamanya untuk mendiamkan kolam, sekarang saatnya kamu menyebarkan bibit-bibit tersebut ke dalam kolam. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan sesuai dengan ukuran dan volume kolam, jangan sampai bibit-bibit tersebut tidak memiliki ruang untuk tumbuh.

Baca Juga | Cara Breeding Ikan Cupang

Siapkan Pakan Yang Akan Diberikan 

Untuk pakan yang harus diberikan, pastikan kamu memberikan pakan-pakan yang terbaik untuk bibit-bibit ikan gurame. Contohnya saja pakan yang memiliki kandungan protein nabati, seperti daun kangkung. Setelah kamu memberikan pakan untuk para bibit, jangan lupa juga untuk membuang sisa-sisa pakan tersebut, agar kolam tetap terjaga bersih, dan para bibit tidak memakan sisa-sisa pakan tersebut.

Hilangkan Bau & Penyakit Dalam Kolam 

Bau dan penyakit dalam sebuah kolam pastinya akan terjadi. Tetapi, kamu sudah harus tahu juga untuk menanganinya. Bagaimana caranya? Contohnya saja kamu harus sering mengganti air dan melakukan pemupukan secara rutin agar kolam akan terlihat bersih dan sehat. Pastikan juga kamu mengurangi sinar matahari yang datang ke kolam kamu, hal ini dihindari agar tidak terjadinya pertumbuhan plankton.

Berikan Tanaman Pada Kolam 

Memberikan dan menanam tumbuh-tumbuhan juga salah satu cara untuk menjaga dan merawat kolam ikanmu. Contohnya saja, kamu dapat menanam tanaman eceng gondok di kolam kamu karena tumbuhan tersebut dapat mengurangi bau yang ada di kolam dan mengurangi kenaikan suhu pada sinar matahari. Keren banget ya!

Baca Juga | Cara Mengetahui Tanah yang Subur

Perawatan Kolam 

Tahap ini sangat penting untuk kamu lakukan secara rutin. Jika kamu tidak mengikutinya, kolam akan terlihat seperti tidak terawat dan kotor, bahaya sekali untuk ikan tinggal di kolam seperti itu. Jadi, pastikan bahwa kamu melakukan perawatan secara rutin dengan penggantian air, dan hal-hal lainnya yang dapat membuat ikan-ikan memiliki tempat hidup yang layak. Coba kamu menanam pohon dekat sekitar kolam, itu sangat membantu lho!

Saatnya Panen 

Jika sudah saatnya panen, pastikan bahwa ikan-ikan yang sudah siap panen kamu ambil dengan hati-hati, dan memisahkan ikan yang terlihat belum siap panen. Jangan sampai yang belum siap sudah kamu panen ya!

Yuk kita budidaya Ikan Gurame di rumah!

Baca Juga :

Exit mobile version