Tanggal:17 September 2024

Cerita (Juas Ruhiyat Akbar), Peserta Studi Independen Batch 5 di Vocasia

Studi independen adalah program pemerintah yang bertujuan untuk memperluas pengetahuan dan keterampilan sobat, di bidang yang sobat minati. Di era di mana pembelajaran mandiri semakin ditekankan, program studi independen kampus merdeka telah menjadi magnet bagi para mahasiswa yang bersemangat untuk kontrol atas pendidikan mereka sendiri. Kali ini, Minvo akan membahas pengalaman menarik salah satu peserta dari batch 5 studi independen kampus merdeka, yang memilih untuk menjalani perjalanan studinya di Vocasia, sebuah perusahaan edutech di Indonesia.

Program Studi Independen Kampus Merdeka

Program studi independen kampus merdeka adalah salah satu program kampus merdeka yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk merancang perjalanan mereka sendiri sesuai minat, pasion, dan tujuan karier. Program ini merupakan peluang emas bagi mereka yang ingin mempelajari bidang yang mereka minati. Walaupun program ini dilaksanakan di luar kampus, mahasiswa tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan dan berhak mendapatkan konversi minimal 20 sks dari kampus.

Baca Juga: Testimoni Achmad Refikasa, Peserta Studi Independen Batch 4 Di Vocasia

Tujuan utama dari program ini adalah membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk menjalani pengalaman belajar yang unik. Ini juga merespon dari permintaan akan tenaga kerja yang lebih adaptif, kreatif, dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri saat ini.

Tujuan Program Studi Independen Kampus Merdeka

Program studi independen kampus merdeka dirancang dengan serangkaian tujuan yang jelas. Ini adalah upaya untuk membawa pendidikan tinggi ketingkat yang lebih tinggi dan memberikan mahasiswa kontrol lebih besar atas pengalaman pendidikan mereka. Berikut beberapa tujuan program studi independen:

1. Memfasilitasi Penemuan Minat dan Passion

Program studi independen ini memberikan peluang kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi minat dan passion mereka yang sebenarnya. Hal ini yang dapat memotivasi mereka untuk bersemangat dan berdedikasi dalam perjalanan pendidikan mereka, karena mereka belajar tentang hal-hal yang mereka sukai.

2. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi

Program ini mendorong inovasi dan kreativitas. Mahasiswa diberi kesempatan untuk berpikir luar biasa, membuat proyek yang berbeda, dan menemukan cara baru untuk menyelesaikan masalah yang ada. Dalam dunia yang terus berkembang, ini adalah atribut yang sangat berharga.

Baca Juga: Testimoni (Balebat Dwi.A, Elsa Novia.R),Peserta Studi Independen Batch 4 Di Vocasia

3. Persiapan Untuk Dunia Kerja

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk sukses di dunia kerja dengan memberikan mereka tidak hanya pengetahuan tetapi juga keterampilan yang sangat dicari oleh pengusaha, seperti berpikir kritis, berkomunikasi dengan baik, dan kepemimpinan.

Manfaat Mengikuti Studi Independen

Program studi independen kampus merdeka memberikan berbagai manfaat yang dapat menunjang karier para mahasiswa. Di bawah ini, Minvo akan menjelaskan beberapa manfaat dari mengikuti studi independen:

1. Pembelajaran Ilmu Praktis dan Sertifikasi yang Sesuai Kebutuhan Industri

Dalam studi independen, peserta dapat fokus pada pembelajaran ilmu yang relevan dengan kebutuhan industri. Mereka dapat memilih bidang ilmu yang mereka minati dan untuk tujuan karier mereka kedepannya. Selain itu, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat yang diakui oleh industri dan memperkuat kualifikasi mereka di industri.

2. Pengalaman Mengimplementasikan Ilmu Sesuai Standar Industri

Peserta studi independen mendapatkan kesempatan untuk mengimplementasikan pengetahuan mereka sesuai dengan standar industri. Mereka nantinya akan diberikan proyek-proyek yang relevan dengan bidangnya. Ini memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa.

3. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis

Studi independen mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis. Mereka diberi kesempatan untuk menilai informasi secara kritis, mempelajari berbagai sudut pandang, dan meningkatkan kemampuan analisis mereka. Ini adalah sifat yang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan, terutama dalam membuat pilihan yang tepat.

Baca Juga: Studi Independen Di Vocasia

4. Peluang yang Besar untuk Keberlanjutan Karier.

Studi Independen memberikan pengetahuan praktis, sertifikasi, dan pengalaman industri kepada peserta, yang meningkatkan peluang mereka untuk sukses dalam karier mereka. Mereka juga lebih siap untuk menghadapi perubahan dalam dunia kerja dan memiliki dasar yang kuat untuk terus belajar dan berkembang.

Studi Independen Batch 5 di Vocasia

Vocasia merupakan perusahaan edutech di Indonesia yang fokus pada penyediaan berbagai jenis pelatihan daring, seperti kursus online, masterclass, bootcamp, dan acara online. Dalam batch 5 Program Studi Independen  di Vocasia, Vocasia menawarkan tiga kelas: Front End Developer, Back End Developer, dan Fullstack Web Developer. Sebagai perusahaan edutech di Indonesia, Vocasia mempersiapkan peserta dengan keterampilan yang relevan dengan industri dengan menjadikannya pilihan ideal bagi mereka yang ingin memperdalam pemahaman teknologi dan bersiap untuk karier di dunia IT. Dengan bimbingan ahli di Vocasia, peserta studi independen batch 5 sedang membangun dasar yang kuat untuk masa depan di dunia teknologi.

Cerita Peserta Studi Independen Batch 5 di Vocasia

Cerita Juas Ruhiyat Akbar

“Saya sangat senang dengan pengalaman belajar saya di mitra Vocasia. Program studi independen bersertifikat di mitra vocasia yang memberikan fleksibilitas yang luar biasa dalam menyesuaikan jadwal belajar saya dengan kegiatan sehari-hari. Materi pembelajaran yang disajikan sangat relevan dengan dunia kerja dan disampaikan oleh pengajar yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu, mitra Vocasia juga menyediakan platform pembelajaran online yang sangat mudah diakses, sehingga memudahkan saya dalam mengakses materi dan berinteraksi dengan teman sekelas.

Selama studi independen ini, saya merasa didukung dengan baik oleh tim akademik dari mitra Vocasia. Mereka sangat responsif dan siap membantu dalam menjawab pertanyaan atau memberikan bimbingan ketika saya mengalami kesulitan dalam memahami materi.

Saya merasa bahwa studi independen di mitra Vocasia memberikan saya kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan saya secara mandiri. Saya merasa lebih percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia kerja setelah menyelesaikan program ini. Terima kasih Vocasia!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *