Tanggal:21 May 2024

11 Daftar Formasi CPNS 2023 Lulusan S1, Yang Mana Pilihanmu?

Halo calon abdi negara yang bersemangat! Apakah kamu lulusan S1 yang berambisi besar untuk berkontribusi pada pelayanan public? Tidak lama lagi pendaftaran CPNS 2023 akan segera dibuka lho pada tanggal 20 September 2023. Selain itu ada kabar gembira untuk kamu yang ternyata jurusannya tidak terdaftar di formasi- formasi CPNS, karena ada sebanyak 5% formasi dengan syarat pendidikan S1 dari semua jurusan dari total 11 formasi yang ada.

Kamu penasaran apa saja formasinya? Yuk disimak!

Formasi CPNS 2023 untuk Lulusan S1 Semua Jurusan

Berikut daftar formasi yang bisa dilamar oleh lulusan S1 dari semua jurusan:

1. Widyaswara

Kamu mungkin merasa asing dengan formasi ini. Widyaswara merupakan salah satu formasi yang memungkinkan lulusan S1 dari semua jurusan bisa mendaftar. Diposisi ini kamu berwenang untuk mengajar dan melatih Pegawai Negeri Sipil pada lembaga pendidikan dan pelatihan pemerintah.

Baca Juga: Cara Beli Meterai Elektronik Untuk Daftar CPNS 2023 Dan Cara Pasangnya

2. Pekerja Sosial

Formasi CPNS lulusan S1 selanjutnya pekerja sosial. Jika kamu berminat melamar di posisi ini, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk memberikan bantuan atau pertolongan berupa pelayanan kepada individu, kelompok, ataupun masyarakat yang membutuhkan bantuan. Kamu bisa menjumpai beberapa instansi yang memiliki kiprah pekerja sosial, seperti lembaga penanggulangan bencana, lembaga penanganan kemiskinan, pengembangan masyarakat, dan masih banyak lagi.

3. Analisis Kebijakan

Di formasi ini, nantinya kamu akan bertanggung jawab melakukan analisis terkait isu-isu seperti ekonomi, politik, sosial, hingga lingkungan. Dengan harapan kamu bisa membawa solusi yang lebih baik.

Baca Juga: Apa Perbedaan ASN Dan PNS? Ini Penjelasan Lengkapnya!

4. Penyuluh Sosial

Jika kamu mempunyai kemampuan berkomunikasi dan keterampilan pemberdayaan yang baik, mungkin formasi ini sangat cocok untuk kamu. Karena di formasi ini, kamu memiliki tanggung jawab dalam memberikan informasi, arahan, dan layanan kesejahteraan sosial kepada individu atau kelompok yang menjadi sasaran program pemerintah.

5. Auditor

Jika kamu merupakan orang yang memiliki kemampuan untuk memeriksa laporan dengan cermat dan teliti, formasi ini sangat cocok. Di posisi ini kamu akan memiliki tanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan dan validasi terhadap ketepatan pencatatan keuangan serta memeriksa kepatuhan suatu instansi atau perusahaan terhadap regulasi perpajakan yang berlaku.

6. Penggerak Swadaya Masyarakat

Formasi ini tersedia diberbagai instansi dengan tanggung jawab memberikan penyuluhan, pelatihan, dan pendampingan kepada masyarakat untuk mendorong komitmen mereka terhadap perubahan yang positif. Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat mencapai kemandirian, produktivitas, kesejahteraan, dan kemampuan bersaing yang sesuai dengan program-program yang mereka jalankan.

7. Pemeriksa

Kamu memiliki sifat ketelitian dan kemampuan analitik? Formasi ini sangat cocok untuk kamu. Di posisi ini, kamu akan bertanggung jawab untuk melakukan cross-check terhadap dokumen atau barang. Keaslian dokumen atau barang harus dilaporkan dengan baik dan sesuai prosedur. Pemeriksa juga harus memberikan saran dan rekomendasi tentang bagaimana menyimpan dan merawat dokumen atau barang tersebut.

Baca Juga: 5 Tips Lolos Seleksi SKD Dan SKB CPNS Yang Harus Kamu Tahu!

8. Pengawasan Penyelenggara Urusan Pemerintah Daerah

Formasi CPNS untuk lulusan S1 lainnya, yaitu pengawasan penyelenggara urusan pemerintah daerah. Di posisi ini kamu nantinya akan bertanggung jawab untuk menilai, mengawasi, hingga memantau kinerja penyelenggara urusan pemerintah daerah.

9. Perekayasa

Seorang perekayasa adalah PNS yang bertanggung jawab untuk mengkaji dan menerapkan ilmu pengetahuan serta teknologi untuk menghasilkan inovasi dan layanan teknologi. Perekayasa juga harus mampu mengembangkan infrastruktur dan sistem teknologi yang sesuai dengan programnya.

10. Peneliti

Peneliti di bidang ASN akan melakukan penelitian, seperti peneliti lainnya. Biasanya, penelitian ini berkaitan dengan bidang pengetahuan dan teknologi.

11. Perencanaan

Formasi CPNS untuk lulusan S1 yang terakhir adalah perencanaan. Seorang perencana dalam konteks CPNS adalah individu yang memiliki tanggung jawab  untuk merancang dan mengatur perkembangan organisasi atau proyek  yang sedang dilaksanakan oleh suatu instansi.

Baca Juga: Apa Itu PPPK? Pengertian, Tugas, Syarat Dan Bedanya Dengan PNS

Tips Memilih Formasi CPNS untuk Lulusan S1

Pemilihan formasi dalam tes CPNS adalah salah satu langkah penting yang perlu kamu lakukan. Keputusan ini akan mempengaruhi karier kamu ke depannya di dalam pemerintahan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dengan cermat. Berikut beberapa tips memilih formasi CPNS:

1. Pertimbangan Passion dan Minat Kamu

Pada saat kamu memilih formasi, pertimbangkan apa yang sebenarnya kamu minati dan bidang itu merupakan passion kamu. Karena jika kamu memilih sesuai dengan passion maka, kamu akan lebih termotivasi dan bersemangat dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara,

2. Pahami Persyaratan Formasi CPNS yang Kamu Minati

Setelah kamu sudah tahu ingin mendaftar di formasi apa, langkah selanjutnya adalah pahami persyaratan formasi tersebut. Apakah kamu memenuhi persyaratannya atau tidak, biasanya persyaratan ini berupa pendidikan, usia, kesehatan, skor TOEFL dan lain sebagainya.

3. Perhatikan Lokasi Penempatan Kerja

Lihat lokasi formasi CPNS yang kamu minati. Pastikan lokasinya mudah dijangkau dan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan memilih formasi CPNS yang terlalu jauh dari tempat tinggal kamu, kecuali siap untuk pindah.

4. Perhatikan Peluang Karier di Masa Depan

Lihat peluang karir di formasi CPNS yang kamu minati. Pastikan formasi tersebut memiliki peluang karir yang bagus dan dapat membantu kamu berkembang.

Nah, itulah 11 formasi CPNS untuk lulusan S1 semua jurusan. Kamu sudah tidak perlu bingung lagi nih mau mendaftar formasi apa karena jurusanmu tidak terdaftar. Jadi, kamu bisa fokus menyiapkan persyaratan dan belajar untuk test seleksinya saja.

Skor TOEFL merupakan salah satu persyaratan untuk kamu bisa mendaftar di berbagai formasi CPNS. Setiap formasi memiliki minimum skor TOEFL yang berbeda-beda. Kalau kamu bingung mau belajar TOEFL di mana, kamu bisa lho belajar kursus Belajar TOEFL PBT dari nol hingga 550+ di Vocasia. Selain harganya terjangkau, kursus TOEFL di Vocasia sudah banyak sekali membantu para pesertanya mendapatkan skor TOEFL yang memuaskan.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Daftarkan dirimu segera dan dapatkan akses materi yang berkualitas untuk membantu kamu mencapai skor TOEFL yang fantastic. Bergabunglah sekarang untuk meningkatkan peluang diterimanya menjadi PNS.

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *