Tanggal:08 September 2024

Days Sales Outstanding Adalah: Pengertian, Cara Menghitung, dan Contoh

Days Sales Outstanding (Sumber: Unsplash)

Demi kelangsungan bisnis agar semakin berkembang, tentunya dibutuhkan arus kas yang sehat. Bagaimana kas yang sehat itu? Yaitu ketika arus kas masuk lebih cepat daripada arus kas keluar. Hal ini karena arus kas digunakan untuk menutupi biaya operasional bisnis.

Baca juga: Memahami Perbedaan Pengertian Dalam Arus Kas Masuk dan Keluar

Salah satu hal yang memengaruhi arus kas, yaitu penjualan secara kredit atau mencicil. Penjualan inilah yang akan masuk kas dengan cara bertahap. Masalahnya, tidak semua pihak bisa membayar hutang tepat pada tempo dan perjanjiannya.

Inilah yang menjadi penghambat perkembangan bisnis sehingga dibutuhkan cara untuk memprediksi seberapa aman kondisi pembayaran piutang dengan cara menghitung Days Sales Outstanding atau disingkat DSO. Apa itu DSO? Seberapa penting perannya dalam laju keuangan bisnis? Yuk, simak penjelasan ini sampai akhir.

Apa yang Dimaksud Dengan Days Sales Outstanding?

Days Sales Outstanding adalah jumlah rata-rata harian yang dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan dana piutang usaha setelah melakukan penjualan yang menggunakan metode kredit sehingga nantinya bisa diubah menjadi uang tunai 

DSO diukur dalam kurun waktu satu bulan, tiga bulanan, atau tahunan. Jika nilai DSO rendah maka perusahaan lebih cepat untuk mengumpulkan dana piutang dari konsumen. Namun sebaliknya, jika nilai DSO tinggi maka arus kas akan mengalami masalah karena terjadi keterlambatan dalam menerima pembayaran.

Pentingnya Days Sales Outstanding

DSO dalam laju keuangan suatu perusahaan (Sumber: Unsplash)

Days Sales Outstanding bermanfaat bagi suatu perusahaan sebagai tolok ukur dalam hal piutang dalam penjualan secara kredit. Adanya DSO ini dapat menjadi bahan evaluasi dari kebijakan kredit yang dilakukan. Apalagi jika pembayaran konsumen yang awalnya tepat waktu menjadi molor, hal ini tentu menjadi pertanyaan apa alasannya.

Misalnya, ketidakpuasan konsumen atas pelayanan perusahaan, salah menentukan target pasar (mereka tidak cocok bertransaksi secara kredit), atau karena proses penagihan piutang kurang efisien. Bisa juga karena keadaan pasar yang terlalu ketat sehingga pelanggan sulit untuk membayar tepat waktu.

Nah, beberapa faktor inilah yang membuat nilai DSO menjadi tinggi dan menyebabkan arus kas perusahaan menjadi tidak sehat sehingga bisnis sulit berkembang. Oleh karena itu, adanya DSO ini penting dalam perusahaan untuk memantau laju keuangan perusahan agar tetap stabil.

Baca juga: 9 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bisnis Agar Semakin Maju

Bagaimana Cara Menghitung Days Sales Outstanding?

Penghitungan DSO (Sumber: Unsplash)

Cara menghitung Days Sales Outstanding ini membutuhkan tiga angka, yaitu jumlah piutang, penjualan kredit, dan waktu penghitungan. INGAT! Semua angka ini terakumulasi dari jangka waktu yang sama, entah itu per satu bulan, tiga bulan, atau setahun. Angka durasi bisa disamakan dengan kalender maupun disesuaikan dengan hari kerja, tergantung kesepakatan perusahaan. Walau waktu asli memiliki selisih yang tidak jauh dengan hari kerja, namun, penetapan waktu ini berpengaruh pada hasil DSO nantinya.

Misalnya, jika satu bulan dihitung 30 hari maka penghitungan selanjutnya juga menggunakan 30 hari agar perusahaan lebih mudah untuk comparing laju keuangan tiap waktunya. 

Rumus menghitung Days Sales Outstanding, yaitu dengan membagi antara jumlah piutang dengan nilai penjualan kredit kemudian dikali dengan jumlah hari:

DSO = Jumlah piutang ÷ Total penjualan bentuk kredit x Durasi dalam bentuk hari

Atau

DSO = 365 ÷ (Pendapatan ÷ piutang usaha)

Jumlah piutang bisa didapat dari neraca di bagian aset lancar. Lalu penjualan secara kredit bisa menggunakan angka penjualan/ pendapatan pada laporan laba rugi. Setelah itulah DSO bisa dihitung.

Baca juga: Neraca Pembayaran: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Komponennya

Contoh Days Sales Outstanding

Contoh penghitungan DSO bulanan dan tahunan (Sumber: Pexels)

Penghitungan Days Sales Outstanding ini bisa dihitung dalam kurun waktu bulanan atau tahunan.

Penghitungan Days Sales Outstanding bulanan

Mebel Morning pada bulan Desember 2019 mampu meraup pendapatan sebesar 75 juta rupiah dengan rincian penjualan kredit sebesar 30 juta rupiah dan penjualan tunai sebesar 45 juta rupiah. pada akhir bulan, didapatkan saldo piutang dari penjualan kredit  sebesar 15 juta rupiah. Jadi, berapa hasil Days Sales Outstanding Mebel Morning pada bulan Desember 2019?

Penghitungannya, yaitu:

DSO = 15.000.000 ÷ 30.000.000 x 30 hari

= 15 

Dari penghitungan di atas, didapatkan bahwa DSO Mebel Morning pada bulan Desember 2019, yaitu 15. Nilai ini lebih rendah dari standar, yakni 45 atau 40. Jadi, bisa disimpulkan bahwa perusahaan ini memiliki arus kas yang sehat. Mebel Morning memiliki kurun waktu sekitar 15 hari sebelum piutangnya terkumpul.

Penghitungan Days Sales Outstanding tahunan

Pada 2019, Butik Sunshine memiliki pendapatan tahunan sebesar 72 juta rupiah dan memiliki piutang kredit sebesar Rp360.000. Berapa DSO Butik Sunshine di 2019?

Penghitungannya, yaitu:

DSO = 365 ÷  (72.000.000 ÷  360.000)

= 1,825

Dari hasil ini didapat bahwa DSO Butik Sunshine di tahun 2019, yaitu 1,825. Nilai ini lebih rendah dari standar, yakni 45 atau 40. Jadi, bisa disimpulkan bahwa perusahaan ini memiliki arus kas yang sehat. Butik Sunshine memiliki kurun waktu sekitar 1,825 atau bisa dibulatkan menjadi 2 hari sebelum piutangnya terkumpul.

Itulah beberapa ulasan tentang bagaimana menghitung Days Sales Outstanding di sebuah perusahaan agar arus keuangan tetap stabil dan bisnis terus berkembang . Untuk kamu yang ingin mempelajari tentang keuangan perusahaan lebih detail, kamu bisa mengikuti kursus onlineKursus Akuntan: Tata Kelola Keuangan Perusahaan” milik Vocasia agar kamu bisa membuat, menata, dan menganalisa laporan keuangan dengan baik.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *