Tanggal:24 June 2024

9 Cara Jitu Mengatur Keuangan Bisnis Agar Semakin Maju

Mengatur keuangan bisnis dengan mudah.

Semua orang ingin membangun bisnisnya masing-masing. Kamu mungkin salah satunya. Nah, di samping memiliki kemampuan berbisnis, kamu juga harus memiliki kemampuan lain, nih. Apa kemampuan lainnya itu? Ketika membangun bisnis, kamu ternyata juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur keuangan bisnismu tersebut. Manajemen keuangan menuntutmu untuk bisa merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan keuangan dalam berbisnis.

Adanya kemampuan manajemen keuangan ini sangat dibutuhkan karena dengan kamu bisa mengatur kas masuk dan keluar dengan baik, nantinya kamu bisa mengendalikan keuangan bisnismu tersebut. Banyak usahawan yang tak memiliki kemampuan mengatur keuangan ini akhirnya harus gagal dalam membangun bisnisnya tersebut. Oleh karena itu, sebelum kamu menerjunkan diri dalam membangun bisnismu nantinya, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana mengatur keuangan bisnis. Nah, berikut cara jitu mengatur keuangan bisnis agar semakin maju dan berkembang. Langsung saja, check it out!

1. Lakukan Edukasi Diri tentang Keuangan

Pelajari segala pengeluaran yang ada.
Pelajari segala pengeluaran yang ada. Sumber: Pexels

Cara jitu #1 yang bisa kamu lakukan ketika memanajemen keuangan usaha adalah melakukan edukasi diri terkait pengelolaan keuangan. Maksud dari melakukan edukasi diri ini adalah kamu harus mengetahui dan mempelajari bagaimana cara mengatur dan mengelola suatu keuangan usaha. Nah, laporan keuangan ini terdiri dari beberapa jenis. Pertama, ada laporan keuangan arus kas. Kedua, laporan keuangan modal. Ketiga, laporan keuangan neraca. Terakhir, laporan keuangan penghasilan. Dari adanya pembelajaran mengenai pengelolaan keuangan, nantinya kamu bisa dengan baik mengambil langkah dalam merencakan pengembangan bisnismu tersebut.

2. Buat Perencanaan Keuangan

Buat perencanaan keuangan.
Buat perencanaan keuangan. Sumber: Pexels

Cara jitu #2 yang bisa dilakukan dalam mengatur keuangan usaha adalah dengan membuat perencanaan. Perencanaan ini harus kamu lakukan sebelum memulai bisnis. Di dalam perencanaan umum ini, kamu bisa mulai dengan membuat rencana mengenai apa saja rencana-rencana yang akan dijalankan dalam satu periode panjang, yang setelahnya dapat kamu bagi ke dalam periode-periode pendek seperti bulan atau mingguan. Selain itu, di dalam perencanaan general ini, kamu juga bisa merencanakan kebutuhan yang diperlukan atau modal yang harus dikeluarkan.

Setelah dilakukannya perencanaan general, kamu juga harus membuat perencanaan pendapatan. Di dalam perencanaan pendapatan ini, kamu bisa memulainya dengan memikirkan produk-produk yang akan dijual, target jualan yang ingin dicapai, strategi yang digunakan untuk mencapai target tersebut, dan lain sebagainya.

3. Membuat Catatan Keuangan dengan Cermat

Buat catatan keuangan bisnismu.
Buat catatan keuangan bisnismu. Sumber: Pexels

Cara jitu #3 dalam mengatur keuangan bisnis yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat catatan keuangan dengan cermat. Tujuan dilakukannya pencatatan keuangan ini agar kamu bisa mengawasi dan mengotrol segala transaksi yang berhubungan dengan keuangan bisnismu tersebut dengan baik dan transparan. Adanya pencatatan keuangan ini juga dimaksudkan agar kamu bisa meminimalisasi keuangan yang tidak perlu. Pencatatan keuangan ini bisa berupa pencatatan terhadap kas masuk, keluar, utang dan piutang, serta lain sebagainya. Usahakan ketika mencatat keuangan bisnismu tersebut, kamu harus jeli dan cermat ya! Nah, untuk memudahkanmu dalam melakukan pencatatan ini, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi atau software pembukuan keuangan bisnis yang sudah banyak tersedia di  App Store atau Play Store-mu.

4. Buat Anggaran Keuangan secara Rutin

Buat anggaran keuangan secara rutin.
Buat anggaran keuangan secara rutin. Sumber: Pexels

Cara jitu #4 yang harus kamu lakukan selanjutnya dalam mengatur keuangan bisnis adalah membuat anggaran keuangan secara rutin. Maksud dilakukannya pembuatan anggaran ini adalah kamu nantinya bisa memperkirakan pengeluaran apa saja yang perlu dikeluarkan untuk kepentingan pengembangan usaha dalam jangka waktu tertentu. Sebagai contoh, dalam waktu 3 bulan, pengeluaran apa saja yang harus kamu keluarkan, misalnya saja untuk kebutuhan pokok, peralatan, dan lain sebagainya. Nantinya, dari pembuatan anggaran ini, kamu bisa membatasi pengeluaran agar tidak membengkak. Buat anggaran secara teratur, dan pastikan semua kebutuhan terpenuhi.

5. Awasi Arus Kas Masuk dan Keluar

Awasi arus kas keuangan.
Awasi arus kas keuangan. Sumber: Pexels

Cara jitu #5 dalam mengatur keuangan bisnis agar semakin berkembang adalah mengawasi arus kas yang masuk dan keluar. Sekali lagi, tujuan adanya pengawasan terhadap arus keuangan ini adalah untuk mencegah terjadinya kesalahan kas. Nah, dalam melakukan pengawasan kas ini, kamu juga harus jeli, jermat, atau teliti dalam melakukannya. Untuk membantu kegiatan pengawasan kas ini, kamu bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi keuangan yang telah ada.

6. Gunakan Laba untuk Kembangkan Bisnis

Gunakan laba untuk mengembangkan usaha.
Gunakan laba untuk mengembangkan usaha. Sumber: Pexels

Cara jitu #6 yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan bisnis adalah dengan menggunakan laba untuk mengembangkan bisnis. Ketika bisnismu telah mendapatkan labanya, jangan langsung gunakan laba tersebut untuk kepentingan pribadi, tetapi gunakan untuk mengembangkan bisnis. Nah, kamu bisa memanfaatkan laba yang telah didapatkan tersebut untuk meningkatkan kualitas usaha yang dijalankan. Nantinya, jika kamu merasa bahwa bisnismu sudah stabil, barulah kamu bisa memanfaatkan laba tersebut untuk keperluan pribadimu.

7. Bedakan Uang Pribadi dan Uang Usaha

Mulai bedakan uang pribadi dan usaha.
Mulai bedakan uang pribadi dan usaha. Sumber: Pexels

Cara jitu #7 yang bisa kamu ikuti agar bisa mengatur keuangan bisnis dengan baik adalah dengan mampu membedakan uang untuk pribadi dan uang untuk usaha. Mulailah untuk memisahkan keduanya. Tujuan dibedakannya uang pribadi dan usaha ini agar uang untuk modal usaha tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Nah, kamu bisa nih menggunakan dua rekening bank yang berbeda untuk penyimpanan keduanya tersebut. Kamu juga harus berkomitmen pada dirimu sendiri untuk tidak sekali-kali menggunakan uang untuk usaha tersebut untuk kepentingan sendiri.

8. Siapkan Dana Darurat

Mulai siapkan dana darurat.
Mulai siapkan dana darurat. Sumber: Pexels

Cara jitu #8 dalam mengatur keuangan usaha yang bisa kamu coba lakukan adalah menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini disiapkan untuk kepentingan-kepentingan mendadak yang bisa saja muncul di waktu tertentu. Misalnya saja ketika keadaan yang membuat bisnismu berada di tempat tak aman atau tak stabil. Nah, dana darurat inilah yang bisa digunakan untuk mengatasi masa-masa sulit tersebut. Gunakan dana darurat dengan cermat ya!

9. Lunasi Semua Tagihan yang Ada

Jangan lupa untuk melunasi tagihan yang ada.
Jangan lupa untuk melunasi tagihan yang ada. Sumber: Pexels

Cara jitu terakhir dalam mengatur keuangan bisnis adalah dengan melunasi semua tagihan yang ada. Dengan dilakukan pembayaran pada semua tagihan ini, kamu nantinya bisa mengetahui laba yang telah didapatkan. Nah, keuntungan bersih hanya bisa kamu lihat setelah membayar semua tagihan-tagihan ini.

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usahamu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnismu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *