Tanggal:03 May 2024

Memahami Perbedaan Pengertian dalam Arus Kas Masuk dan Keluar

Dalam mengelola suatu perusahaan, keberadaan kas menjadi penting dalam untuk dilihat sebagai suatu aliran (arus kas). Terdapat beberapa jenis arus kas yang perlu kamu ketahui saat mengelola keuangan perusahaan yakni arus kas masuk dan kas keluar. 

Apa saja perbedaannya? Sebaiknya simak dan pelajari pengertian arus kas masuk dan kas keluar terlebih dahulu di bawah ini. 

Baca juga: Apa Itu Direct Marketing

Definisi Arus Kas (Cash Flow)

Pengertian Cash Flow. Sumber: pexels.com

Sebelum mengetahui pengertian arus kas masuk dan keluar, apa itu pengertian arus kas?

Arus kas (cash flow) merupakan suatu laporan keuangan berisikan pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi, dan kegiatan transaksi pembiayaan serta kenaikan maupun penurunan bersih dalam kas perusahaan dalam kurun waktu satu periode.

Laporan arus kas adalah revisi dari mana uang kas dimiliki oleh suatu perusahaan dan bagaimana perusahaan mengelola atau membelanjakannya. Laporan arus kas merupakan ringkasan dari penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan selama periode tertentu, tetapi umumnya satu tahun satu buku.

Menurut Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI), arus kas adalah arus masuk dan arus keluar atau setara kas. Berdasarkan definisi tersebut, arus kas dalam jumlah kas yang mengalir masuk dan keluar dari suatu perusahaan dalam periode tertentu. Dengan kata lain, arus kas adalah perubahan yang terjadi dalam perkiraan kas suatu periode tertentu.

Baca juga: Franchise Fried Chicken Dbesto

Arus Kas Masuk (Cash Inflow)

Apakah Pengertian Cash Inflow. Sumber: pexels.com

Arus kas masuk (cash inflow) merupakan aliran sumber dari mana kas diperoleh perusahaan. Cash inflow terjadi dari kegiatan transaksi yang menghasilkan keuntungan kas atau berupa penerimaan kas. Arus kas masuk (cash inflow) terdiri dari:

  • Hasil penjualan produk atau jasa perusahaan,
  • Penagihan piutang dari penjualan kredit,
  • Penjualan aktiva tetap,
  • Penerimaan investasi dari pemilik atau saham bila perseroan terbatas,
  • Pinjaman atau utang dari pihak lain, dan
  • Penerimaan sewa dan pendapatan lain.

Arus kas masuk (cash inflow) terbagi menjadi dua:

  1. Bersifat rutin, artinya penerimaan dari hasil penjualan secara tunai, penerimaan piutang yang telah dijadwalkan sesuai dengan penjualan kredit yang dilakukan, dan lain-lain.
  2. Bersifat tidak rutin, artinya penerimaan uang sewa gedung, penerimaan modal saham, penerimaan utang atau kredit, penerimaan bunga, dan lain-lain.

Baca juga: Gaya Kepemimpinan Paternalistik

Arus Kas Keluar (Cash Outflow)

Apakah Pengertian Cash Outflow. Sumber: pexels.com

Arus kas keluar  (cash outflow) adalah arus kas yang terjadi dari kegiatan transaksi yang mengakibatkan beban pengeluaran kas. Arus kas keluar (cash outflow) terdiri dari:

  • Pengeluaran biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan biaya pabrik lain-lain,
  • Pengeluaran biaya administrasi umum dan administrasi penjualan,
  • Pembelian aktiva tetap,
  • Pembayaran utang perusahaan,
  • Pembayaran kembali investasi dari pemilik perusahaan,
  • Pembayaran sewa, pajak, deviden, bunga dan pengeluaran lain-lain.

Arus kas keluar juga dikeluarkan untuk pembiayaan kegiatan operasional suatu perusahaan. Arus kas keluar  (cash outflow) terdiri dari: 

  1. Bersifat rutin, artinya dilakukan dalam pembelian bahan baku dan bahan pembantu, membayar upah dan gaji, membeli peralatan kantor habis pakai, dan lain-lain.
  2. Bersifat tidak rutin, artinya dilakukan dalam pembelian aktiva tetap, pembayaran angsuran utang, pembayaran dividen, dan lain – lain.

Baca juga: Masalah Perdagangan Internasional

Demikian penjelasan mengenai pengertian arus kas masuk dan kas keluar beserta perbedaannya. Klik tautan berikut untuk dapat membaca artikel menarik lainnya seputar akuntansi dan bidang lainnya yang dapat memperluas pengetahuan dan wawasan. Jangan lupa ikuti kami di Instagram, Twitter, Youtube dan media sosial lainnya agar tidak ketinggalan update dan informasi terbaru yang tidak kalah penting!

Vocasia merupakan platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan berbagai kursus untuk menunjang keahlianmu dalam berbagai macam bidang. Dengan bergabung bersama Vocasia, tentunya kamu akan dapat berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor yang berpengalaman banyak dalam bidangnya!

Daftarkan diri secepatnya agar bisa menikmati segala penawaran khusus di Vocasia pastinya dengan harga yang terjangkau untuk mengikuti berbagai kelas online dan mahir dalam berbagai bidang! Segera temukan kursus terbaru dan terkini yang cocok untuk kamu ikuti hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Apa Itu Debt Equity Ratio

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *