Tanggal:25 April 2024
manfaat belajar bahasa inggris

Manfaat Belajar Bahasa Inggris, Skill Penting di Masa Kini!

Image Source: EuropaWire

Sejak kita sekolah, Bahasa Inggris menjadi salah satu hal yang dipelajari dan menjadi mata pelajaran wajib. Hal tersebut tentunya memiliki alasan yang penting. Bahasa Inggris menadi bahasa asing yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari selain bahasa Indonesia.

Ketika bermain sosial media, pasti kita menemukan konten-konten yang ditulis dengan bahasa Inggris, jika tidak mahir berbahasa Inggris tentunya kita tidak akan memahami informasi yang terdapat pada konten tersebut. Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi penting untuk dipelajari pada masa kini.

Apa aja sih manfaat belajar Bahasa Inggris? Nah, biar lebih tau apa manfaatnya, simak artikel ini sampai habis!

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

1. Memperluas Pengetahuan

Tentunya mempelajari bahasa baru akan menambah dan memperluas pengetahuan kita. Dengan mempelajari bahasa Inggris, kita akan mendapat pengetahuan mengenai kosa kata baru bahkan mengetahui budaya baru karena ketika mempelajari bahasa secara tidak langsung kita mempelajari juga budayanya.

2. Mempermudah Komunikasi

Di era teknologi yang semakin menjangkau komunikasi sehingga komunikasi bisa dilakukan antar benua, tentunya ada alat yang penting untuk menunjang komunikasi dapat dilakukan dan dipahami, alat tersebut adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang mampu menunjang jalannya komunikasi tersebut, bahasa ini diketahui dan digunakan secara global.

Selain itu, ketika jalan-jalan ke luar negeri kita tidak merasa kebingungan untuk melakukan sesuatu karena tidak tahu cara menyampaikan apa yang kita maksud. Dengan bahasa Inggris, kita juga tidak memerlukan penerjemah ketika jalan-jalan ke luar negeri sehingga lebih hemat budget!

3. Meningkatkan Value dan Skill

Mempelajari bahasa Inggris sehingga mampu menggunakannya dalam komunikasi aktif sangat bermanfaat di masa kini. Saat ini, skill bahasa Inggris merupakan skill penting yang banyak dibutuhkan dan dicari loh! Jadi, yuk mulai belajar bahasa Inggris sehingga value dirimu lebih meningkat.

4. Mendapat Kesempatan Bekerja di Luar Negeri

Siapa nih yang bercita-cita bekerja di luar negeri? Nah, untuk mencapai cita-cita tersebut tentunya banyak hal yang perlu dipersiapkan. Kamu perlu mencari tahu dan melakukan riset bagaimana negara tempat kamu akan bekerja. Selain itu, tentunya kemampuan berbahasa Inggris menjadi bekal utama untuk dapat mewujudkan cita-cita tersebut. Bahasa Inggris nantinya akan menjadi bahasa yang akan digunakan untuk bekerja ataupun dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk kamu yang ingin bekerja dengan perusahaan luar negeri tetapi tidak ingin meninggalkan Indonesia, saat ini juga banyak lowongan kerja secara remote yang bisa kamu lakukan di rumah. Tentunya, syarat utamanya adalah kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni untuk mendapatkan kesempatan bekerja dengan perusahaan luar negeri.

5. Mendapat Kesempatan Study Abroad

Belajar di luar negeri merupakan kesempatan yang sangat berharga dan patut untuk dicoba. Terlebih saat ini banyak sekali beasiswa yang membiayai studi hingga biaya hidup ketika belajar di luar negeri. Salah satu persyaratan beasiswa biasanya adalah sertifikat test kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL dan IELTS.

Mengapa demikian? Tentunya karena ketika belajar di luar negeri nanti, kamu akan mempelajari materi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, untuk dapat memahami materi tersebut kamu harus menguasai dan bisa berbahasa Inggris. Selain itu, teman-teman studimu juga berasal dari seluruh penjuru dunia, jadi penting sekali menguasai bahasa Inggris karena bahasa Inggris lah yang menjadi alat komunikasi nanti.

Sangat banyak manfaat mempelajari bahasa Inggris yang dapat kita rasakan. Nah, untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris secara terstruktur, kamu dapat mengikuti kursus online di Vocasia. Daftar di sini yuk!

https://bit.ly/3IIYtKY

Penulis : Khansa Anindya – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *