Tanggal:21 May 2024
Alasan Akuntansi Perlu Dipelajari

Mengapa Akuntansi Penting Untuk Dipelajari?

Keuangan merupakan inti dari perusahaan. Setiap perusahaan pasti perlu menyusun laporan keuangan untuk mengetahui kondisi finansial perusahaan tersebut. Maka dari itu, dibutuhkan pengetahuan tentang akuntansi keuangan agar keberlangsungan perusahaan tetap terjaga.

Selain untuk perusahaan, akuntansi ternyata dapat bermanfaat juga dalam kehidupan sehari-hari. Lalu, seberapa penting peran akuntansi dalam kebutuhan pribadi maupun profesional? Yuk, simak di sini!

1. Membuat catatan kondisi dan status keuangan

Peran utama dari akuntansi adalah membantu dalam pencatatan keuangan. Catatan yang dibuat menjadi refleksi perusahaan maupun pebisnis. Dengan melihat catatan keuangan, perusahaan/pebisnis bisa melakukan evaluasi terkait finansialnya agar tetap seimbang. Jika kamu memahami akuntansi, akan lebih mudah dan lebih teliti dalam menyusun catatan dengan baik.

2. Memberikan informasi seputar perusahaan

Tujuan akuntansi tidak hanya mengetahui atau menyangkut finansial saja, melainkan juga dapat mengetahui dari segi non finansial juga. Proses akuntansi juga mencakup informasi seputar perusahaan. Penting untuk mengawasi perkembangan dari semua data yang tercatat selama dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan, sekalipun bukan berupa keuangan.

3. Manajemen risiko

Akuntansi sangat membantu kamu jika kelak bekerja mengurus uang orang lain. Kamu dapat membaca kondisi perusahaan dan tingkat risiko yang akan muncul, berdasarkan laporan keuangan, dengan akuntansi. Para akuntan profesional biasanya akan dipercayakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menekan kemungkinan terburuk di kemudian hari. Caranya adalah dengan menganalisis langkah finansial yang akan diambil.

4. Dasar menentukan pajak

Dengan mempelajari akuntansi, kamu dapat menentukan pajak dari laporan keuangan yang diterima, baik dari individu maupun perusahaan. Pajak yang dikenakan akan semakin tinggi, jika semakin baik pula perkembangan usaha yang dikelola. Dalam hal ini, Corporate Social Responsibility akan diterapkan untuk membuat nominal pajak yang disetorkan sebuah perusahaan menjadi lebih rendah.

5. Mengetahui tingkat kesehatan bisnis

Pebisnis maupun perusahaan juga membutuhkan akuntansi untuk mengetahui tingkat ‘kesehatan’ bisnis melalui laporan keuangan. Akuntan akan memeriksa ketinggian pemasukan yang diterima perusahaan atau pebisnis beserta jenis-jenisnya. Perusahaan atau pebisnis akan segera mengambil tindakan untuk memperbaiki, jika ternyata ‘kesehatan’ keuangan dianggap buruk.

6. Mencegah penipuan dan kebangkrutan

Kamu sangat perlu memahami ilmu akuntansi karena tidak sedikit orang yang menyamarkan kondisi keuangan perusahaan atau bisnis dengan menggunakan bahasa-bahasa halus. Jika tidak menimba akuntansi, kamu hanya bisa mengangguk dan mengikuti apa yang mereka sebutkan. Tetapi, kamu yang mempelajari akuntansi tidak akan langsung percaya dan bisa menganalisis laporan keuangan. Kamu tidak tertipu begitu saja karena mampu memahami deretan angka yang dicantumkan.

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa belajar dan memahami akuntansi sangat penting dalam sebuah bisnis maupun kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu kamu sebagai calon akuntan, ya! Jika punya pertanyaan terkait pembahasan di atas, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Untuk kamu yang ingin mendalami bidang akuntansi, bisa mengikuti kursus Jago Akuntansi : Basic Accounting Course (IFRS) di Vocasia dengan harga promo hanya Rp22.500 saja! Klik gambar di bawah ini atau kunjungi vocasia.id untuk melihat kursus lainnya.

Penulis : Dwi Puspita Maharani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *