Site icon Vocasia

Sebelum Mendaftar, Ini Dia 7 Manfaat Jika Melanjutkan Kuliah S2!

Manfaat Lanjut Kuliah S2. Sumber: pexels.com

Kamu yang saat ini sudah menyandang gelar sarjana mungkin merasa cukup dan tidak berpikir untuk meneruskannya ke jenjang S2. Bahkan ada juga yang berpikiran untuk melanjutkan S2, tetapi bingung dengan pekerjaan yang telah didapatkan. 

Dua opsi antara memilih kerja atau melanjutkan kuliah S2 setelah mendapat gelar sarjana adalah hal yang sebetulnya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, sebelum memilih salah satu diantaranya kamu bisa melihat lebih dahulu manfaat yang bisa didapatkan dengan melanjutkan kuliah S2! 

Baca juga: Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Manfaat Kuliah S2

Apa Manfaat Melanjutkan Kuliah S2. Sumber: pexels.com

Artikel ini telah merangkum dari berbagai sumber mengenai manfaat kuliah S2. Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahui manfaat kuliah S2 bagi kamu yang saat ini masih kebingungan! Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca juga: Cara Menghadapi Klien yang Menyebalkan

1. Membangun Koneksi yang Luas

Setelah lulus S1 banyak mahasiswa lebih memilih untuk membangun karirnya dengan berencana untuk meneruskannya ke pendidikan jenjang S2. Pendidikan S2 atau dikenal dengan pascasarjana terbilang menjadi hal yang penting karena berguna untuk meningkatkan kualitas pendidikan seseorang.

Dengan melanjutkan kuliah S2 kamu akan memiliki kualitas untuk mendapatkan peluang kerja yang lebih baik dan yang terpenting adalah membangun koneksi agar lebih luas karena ruang lingkup pertemanannya banyak terlibat pada berbagai perusahaan. Kuliah dijalani tidak hanya sekadar belajar dari pengalaman atau teori dosen saja, tetapi memberi kesempatan untuk memiliki koneksi yang luas.

2. Kesempatan Memiliki Pengetahuan yang Mendalam

Dilansir dari Kompas, pengetahuan dan wawasan yang kamu terima saat S2 biasanya menjadi lebih mendalam atau lebih bersifat kepakaran. Hal tersebut artinya dengan melanjutkan pendidikan S2 akan meningkatkan kemampuan kamu dalam bidang akademis. 

Akan ada banyak teori yang semakin kamu perdalam dengan mengambil jurusan yang lebih spesifik lagi di kuliah S2 atau pascasarjana dibanding saat kamu menempuh S1. Ilmu yang lebih spesifik ini akan sangat dihargai di dunia kerja dengan pengetahuan yang telah kamu kuasai.

Baca juga: Pengertian Influencer Jenis-Jenis Influencer

3. Mengasah Kemampuan Riset dan Analisis

Dengan lebih memperdalam teori secara spesifik ini akan membuat kamu mengasah kemampuan riset dan analisis. Perkuliahan S2 atau pascasarjana lebih banyak melakukan analisis, riset, dan praktik langsung ke lapangan, begitu pun dengan waktu perkuliahan yang hanya berlangsung selama 2 tahun. Kemampuan riset dan analisis ini penting untuk karir yang kamu bangun di dunia kerja, apalagi jika kamu berkesempatan untuk menjadi manajer.

4. Meningkatkan Kualitas Diri

Pemberlakukan sistem yang lebih otonom yang akan kamu rasakan saat S2 dapat berupaya agar proses belajar yang dijalani memiliki inisiatif yang lebih tinggi. Hal ini tentu berguna untuk mengembangkan keterampilan pribadi sebagai suatu hal yang berkualitas, seperti kemandirian, motivasi diri, manajemen waktu, dan lain-lain.

Hal ini juga akan sangat dirasakan bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di luar negeri! Dengan bertemu budaya lain yang lebih beragam dan mahasiswa dari berbagai negara akan berguna dalam mempelajari keterampilan hidup yang baru, mengembangkan keterampilan sosial, dan meningkatkan kepercayaan diri dalam komunikasi untuk membantu karir dan kehidupanmu.

5. Mendapatkan Posisi Kerja yang Lebih Tinggi

Beberapa perusahaan dengan penawaran posisi tertentu menetapkan syarat pelamar kerja harus memiliki pendidikan terakhir S2. Hal tersebut karena lulusan S2 memiliki kapasitas, wawasan dan pengetahuan yang mendalam terhadap bidang tertentu.

Jika kamu lulus kuliah S2, ini menjadi salah satu manfaat kuliah S2 agar kamu memperoleh posisi kerja lebih tinggi dan tentunya mendapatkan gaji yang lebih besar. Belum lagi jika kamu adalah lulusan S2 dari almamater sebuah universitas bergengsi di dalam atau di luar negeri. Akan jadi manfaat besar buat kamu, lho!

Baca juga: Prospek Kerja Jurusan Ekonomi Syariah

6. Meningkatkan Pola Pikir yang Matang 

Pemikiran biasa dianggap sejalan dengan kedewasaan. Namun, jika kamu berkesempatan untuk mengenyam pendidikan S2 ini akan mengasah kamu untuk berpikir logis dan terstruktur.

Banyaknya mahasiswa S2 dengan usia dan latar belakang yang beragam akan membuat kamu belajar banyak sudut pandang. Secara tidak langsung, berbagai sudut pandang ini bisa meningkatkan pola pikir yang lebih matang lagi dan memberikan kamu kemudahan ketika di dunia kerja.

7. Investasi paling Bermanfaat

Memiliki gelar magister adalah investasi yang sangat pantas didapatkan. Kamu bisa mempertimbangkan investasi ilmu ini sebagai manfaat kuliah S2. Terlebih waktu kuliah yang dihabiskan dalam menempuh gelar magister yang cukup singkat, tetapi manfaat yang diperoleh dapat sangat beragam mulai dari pengalaman kerja, koneksi yang luas, belajar menerapkan teori di dunia riil untuk mempersiapkan kamu memasuki dunia kerja yang serba kompetitif.

Baca juga: Perbedaan Skema Ponzi dan MLM

Nah, itu dia manfaat kuliah S2 yang bisa kamu ketahui sebelum menentukan keputusan. Percayalah bahwa menuntut ilmu akan selalu berguna bagi kamu di masa depan baik itu pada kehidupan maupun pengetahuan serta wawasan yang kamu miliki. semangat terus, ya!

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Kode Etik Profesi Public Relations

Exit mobile version