Tanggal:23 December 2024

Apa Itu Meme Marketing? Kelebihan, Cara Membuat dan Contohnya

Di era digital yang berkembang dengan pesat, strategi pemasaran juga ikut berpengaruh pada proses perkembangan. Nah, salah satu dari pemasaran ini adalah meme marketing. 

Sobat, meme marketing itu apa sih? Meme itu bukannya hanya sebuah gambar yang berisikan kata-kata lucu/rumor yang relate dengan kehidupan? Namun disini yang akan dibahas tentang meme marketing yang dapat menarik para konsumen.

Apa itu meme marketing? kelebihannya apa? cara membuatnya bagaimana? dan contoh meme marketing itu apa? Simak penjelasan selengkapnya dalam Artikel di bawah ini!

Apa Itu Meme Marketing?

Meme marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan meme sebagai perlengkapan untuk mempromosikan brand atau produk. Meme yaitu berbentuk gambar, video, atau teks yang tersebar luas di Internet dan sering menjadi viral. Pemasaran meme sering menggunakan konten yang lucu atau menghibur untuk menarik perhatian konsumen. Meme marketing ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan pemasaran. 

Konten lucu sangat disukai dan dibagikan dengan cepat oleh publik. Itulah mengapa banyak perusahaan mencoba menggunakan meme untuk pemasaran. Konten pemasaran yang lucu bisa lebih mudah diterima oleh audiens. 

Selain itu, meme juga bisa menjadi alat pemersatu. Setiap kali meme diunggah, konten itu akan selalu dibanjiri komentar ribuan pengguna. Pemirsa dapat berinteraksi satu sama lain dan menyuarakan pendapat mereka.

Kelebihan Meme Marketing

Selain pengertian, meme marketing juga memiliki kelebihan sebagai berikut:

1) Memiliki daya tarik yang kuat

Meme biasanya menggunakan humor atau konten yang menghibur sehingga mempunyai daya tarik yang kuat serta dapat menarik perhatian konsumen dengan lebih mudah.

2) Memperluas jangkauan

Meme seringkali menjadi viral di media sosial sehingga meme yang berhubungan dengan marketing memiliki potensi yang dapat memperluas jangkauan pemasaran merek dan produk dengan cepat.

3) Meningkatkan keterlibatan

Konten yang menghibur dan menarik perhatian dapat meningkatkan keterlibatan konsumen dengan merek atau produk yang sobat promosikan. Meme bertema marketing dapat membantu merek atau produk agar berinteraksi dengan lebih akrab kepada konsumen.

4) Menjadi cara yang efektif dan murah

Meme marketing bisa menjadi cara pemasaran yang efektif dan murah, dikarenakan sobat tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membuatnya. Bahkan seorang kreator konten pemula pun bisa membuat meme dengan menggunakan smartphone atau aplikasi editing gratis.

5) Meningkatkan brand awareness

Meme marketing sangat membantu proses peningkatan kesadaran merek dan memperluas jangkauan pemasaran sehingga brand awareness menjadi lebih kuat.

Dengan adanya beberapa kelebihan di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa meme marketing bisa menjadi pilihan strategi pemasaran yang efektif dan menarik untuk merek atau produk sobat.

Namun, sobat juga perlu mempertimbangkan faktor lain, seperti target pasar dan tujuan pemasaran. Sebelum nantinya memutuskan untuk menggunakan meme marketing.

Cara Membuat Meme Marketing

Untuk membuat meme marketing, ada beberapa hal yang dapat sobat ikuti, antara lain:

1) Menentukan tujuan pemasaran

Sebelum sobat membuat meme, sobat terlebih dahulu harus menentukan tujuan pemasaran yang ingin dicapai.

2) Kenali target konsumen

Meme marketing harus disesuaikan dengan target pasar dan target konsumen yang akan dituju.

3) Pilih topik yang relevan

Sobat dapat memilih topik/isu yang sedang tren atau relevan dengan merek dan produk sobat yang akan dipromosikan.

4) Gunakan gambar yang menarik

Sobat dapat menggunakan gambar yang menarik dan mudah diingat agar konsumen ketika melihat gambar itu di platform lain langsung teringat merek atau brand sobat.

5) Buat teks yang lucu dan menghibur

Dengan adanya teks yang lucu dan menghibur dapat membuat meme lebih menarik.

6) Pastikan meme mudah dibagikan

Meme marketing harus mudah dibagikan di media sosial atau platform lainnya.

Contoh Meme Marketing

Beberapa contoh meme marketing yang sedang populer, yaitu:

Nady’s

Rumah makan cepat saji Nady’s menggunakan meme untuk mempromosikan menu makan siang mereka. Mereka membuat meme tentang siang hari yang malas dan butuh asupan untuk membangkitkan tenaga. 

Old Spice

Merek produk perawatan pria Old Spice menggunakan meme untuk mempromosikan produk mereka. Mereka membuat meme tentang kegagalan para pria dalam berdandan dan menjadi lebih menarik setelah menggunakan produk Old Spice.

Oreo

Merek biskuit Oreo menggunakan meme untuk mempromosikan merek mereka. Mereka membuat meme yang menampilkan biskuit Oreo yang dicocokkan dengan berbagai hal, seperti film atau karakter kartun.

Nah sobat, itulah tadi ulasan terkait meme marketing dari Vocasia, buat sobat yang ingin belajar desain grafis dari dasar sebagai pengetahuan singkat mengenai teori-teori dasar dalam desain grafis.

Sobat dapat mengikuti Kursus Desain Darurat, dengan mengikuti kursus ini, sobat dapat Mengerti tentang dasar desain grafis dan tentunya juga bisa membuat meme marketing yang keren.

grit adalah

Kursus digital marketing
Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *