Tanggal:23 April 2024
php developer

PHP Developer: Tugas, Skill, Gaji Hingga Tips Karirnya

PHP adalah bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk mengembangkan website, aplikasi, atau program. Seorang PHP developer bertanggung jawab merancang alur website, mengembangkan website, melakukan tes untuk memastikan optimalitas kinerja website, aplikasi, dan program, serta mengelola database. Dengan menguasai keterampilan inti PHP, memperdalam pengetahuan tentang teknologi web, dan terus berlatih, Anda dapat mempersiapkan diri secara lebih baik untuk menjadi seorang PHP developer profesional yang diminati oleh banyak perusahaan.

Apa itu PHP Developer?

Seorang PHP developer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam pengembangan server website, aplikasi, atau program. Dalam mengembangkan keahlian sebagai pengembang PHP, penguasaan bahasa pemrograman PHP menjadi keterampilan utama yang tak terhindarkan. Seorang pengembang PHP, atau yang sering disebut sebagai backend developer PHP, secara khusus menitikberatkan pada manajemen alur kerja server serta pengelolaan database website. Tanggung jawab seorang pengembang PHP mencakup pembuatan dan pengembangan berbagai jenis situs web, aplikasi, atau perangkat lunak. Selain itu, mereka melakukan pengujian menyeluruh terhadap situs web, aplikasi, dan program untuk memastikan kinerjanya optimal. Selama proses pengembangan, pengembang PHP bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemrograman untuk aplikasi atau antarmuka pemrograman aplikasi (API), sehingga perlu membangun kerangka kerja yang sesuai untuk mengoptimalkan kode-kode dalam pembuatan situs web.

Tugas PHP Developer

Seorang PHP developer memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pengembangan server website, aplikasi, atau program. Tugas seorang PHP developer meliputi merancang alur website, memastikan client dan server terhubung dengan baik, membuat dan mengembangkan website, aplikasi, atau software, melakukan tes pada website, aplikasi, dan program untuk memastikan berjalan dengan optimal, menyelesaikan error, menjaga performa website yang ada, mengelola database, dan bekerja dengan berbagai jenis programming untuk aplikasi atau API, sehingga perlu membangun framework yang tepat untuk mengoptimisasi kode-kode dalam membuat website.

Skill yang Harus Dimiliki PHP Developer

Seorang PHP developer harus memiliki beberapa skill yang diperlukan untuk mengembangkan website, aplikasi, atau program. Skill utama yang harus dimiliki adalah penguasaan bahasa pemrograman PHP, database management, dan pengalaman dalam menggunakan PHP framework. Selain itu, seorang PHP developer juga harus memiliki pengalaman dalam front-end tech, pemahaman tentang web security, version control system, dan kemampuan komunikasi yang baik. Selain itu, soft skill seperti kemampuan problem-solving, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim juga sangat penting.

Gaji PHP Developer

Gaji PHP developer bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, pengalaman, dan perusahaan yang membayar. Berdasarkan sumber yang ada, berikut ini adalah beberapa informasi mengenai gaji :

  • Gaji rata-rata untuk PHP Developer di Indonesia adalah Rp 6.132.641 per bulan.
  • Gaji rata-rata untuk PHP Developer di Jakarta adalah Rp 7.295.032 per bulan.

Beberapa skill yang harus dimiliki oleh PHP developer meliputi penguasaan bahasa pemrograman PHP, manajemen database, pengalaman dengan PHP framework, dan pengalaman front-end tech. Selain itu, pemahaman tentang web security, version control system, dan kemampuan komunikasi yang baik juga sangat penting. Dengan memiliki keterampilan ini, PHP developer dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan gaji yang lebih tinggi.

Jenjang Karir PHP Developer

Seorang PHP developer dapat memulai karir sebagai junior developer setelah bekerja dalam proyek PHP atau memiliki pengalaman dalam beberapa tahun. Setelah itu, posisi dapat naik sebagai ketua proyek. Seorang PHP developer bisa memulai karir sebagai junior developer setelah terlibat dalam proyek PHP atau memiliki beberapa tahun pengalaman. Dari sini, mereka dapat naik ke posisi sebagai ketua proyek atau memilih jalur karir lain, seperti Front-End Developer, Backend developer, Software Engineer, atau Technical Architect. Jenjang karir programmer terbagi menjadi tiga kategori: programmer junior, programmer middle, dan programmer senior.

Posisi yang dapat diisi oleh seorang programmer mencakup application programmer, QA programmer, architecture programmer, principal programmer, devOps programmer, software engineer, backend developer, frontend developer, mobile developer, UI/UX developer, tester, fullstack developer, database engineer, web design, IT support, data analyst, data scientist, AI & machine learning specialist, big data specialist, information security analyst, dan software & application developer. Gaji seorang backend developer di Indonesia cukup tinggi dalam ranah IT dan bisa melibatkan pekerjaan sebagai frontend developer atau full stack developer. Umumnya, pengembang backend menggunakan berbagai bahasa pemrograman seperti Golang, NodeJS, Ruby, dan Python.

Tips Menjadi PHP Developer Secara Professional

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang PHP developer secara profesional berdasarkan sumber yang ada:

  • Pendidikan dan Sertifikasi: Memiliki gelar sarjana (S1) terkait (misalnya Teknik Informatika/Ilmu Komputer) dapat menjadi modal awal yang baik. Selain itu, mendapatkan sertifikasi seperti Microsoft Certified System Developer (MCSD), Sun Certified Programmer, Oracle Certified DBA Professional, atau Certified Internet Web Master (CIW) juga dapat meningkatkan kredibilitas Anda.
  • Keterampilan yang Dibutuhkan: Memahami perilaku sinkron PHP, pola desain MVC, dasar-dasar teknologi front-end seperti JavaScript, HTML5, dan CSS3, serta pemrograman PHP berorientasi objek merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai.
  • Pengalaman Praktis: Mencoba membuat website, melakukan validasi data pengguna, dan menyiapkan portofolio coding akan membantu Anda memperoleh pengalaman praktis yang berharga.
  • Berlatih dan Meningkatkan Keterampilan: Terus berlatih dalam membuat website, menulis kode dengan rapi, dan melakukan validasi data pengguna. Selain itu, memperdalam pengetahuan tentang teknologi web, termasuk HTML, CSS, JavaScript, dan API juga sangat dianjurkan.
  • Menguasai Keterampilan Inti PHP: Penting untuk menguasai manajemen database, kerangka kerja PHP, pengalaman teknologi front-end, dan pemahaman tentang keamanan web.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat mempersiapkan diri secara lebih baik untuk menjadi seorang PHP developer yang profesional dan diminati oleh banyak perusahaan.

Upgrade Skillmu Bersama Vocasia

Vocasia menawarkan beberapa kursus untuk meningkatkan skill sebagai seorang PHP developer dan frontend developer. Berikut adalah beberapa kursus yang dapat diikuti:

1. Training Intensive Pemrograman PHP dan Database MySQL

Kursus ini membahas tentang dasar-dasar pemrograman PHP dan database MySQL. Peserta akan belajar membuat website dinamis dengan PHP dan mengelola database MySQL. Kursus ini cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar pemrograman PHP dan database MySQL.

2. Web Design Seri HTML dan CSS: Desain Web Menggunakan HTML dan CSS

Kursus ini membahas tentang dasar-dasar HTML dan CSS untuk membuat website yang menarik dan responsif. Peserta akan belajar membuat layout website, menambahkan gambar dan video, serta membuat efek animasi dengan CSS. Kursus ini cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar HTML dan CSS.

3. Menjadi Frontend Developer untuk Pemula dengan Nuxt.js

Kursus ini membahas tentang dasar-dasar frontend development dengan menggunakan Nuxt.js. Peserta akan belajar membuat website dengan Nuxt.js, mengelola data dengan Vuex, dan membuat tampilan website yang menarik dengan Vuetify. Kursus ini cocok untuk pemula yang ingin mempelajari dasar-dasar frontend development dengan Nuxt.js.

Dengan mengikuti kursus-kursus di atas, Anda dapat meningkatkan skill sebagai seorang PHP developer dan frontend developer. Kursus-kursus ini dapat membantu Anda memperdalam pengetahuan tentang pemrograman PHP, database management, HTML, CSS, dan frontend development.

Dalam dunia teknologi, PHP developer menjadi salah satu profesi yang banyak diminati. Seorang PHP developer bertanggung jawab dalam pengembangan server website, aplikasi, atau program. Untuk menjadi seorang PHP developer yang handal, dibutuhkan beberapa skill seperti penguasaan bahasa pemrograman PHP, database management, dan pengalaman dalam menggunakan PHP framework. Gaji PHP developer bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti lokasi, pengalaman, dan perusahaan yang membayar. Selain itu, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk menjadi seorang PHP developer yang profesional seperti memperdalam pengetahuan tentang teknologi web, memperbanyak pengalaman praktis, dan terus berlatih dalam membuat website. Dengan menguasai keterampilan inti PHP, memperdalam pengetahuan tentang teknologi web, dan terus berlatih, Anda dapat mempersiapkan diri secara lebih baik untuk menjadi seorang PHP developer yang profesional dan diminati oleh banyak perusahaan.

Penulis : Asep – Vocasia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *