Tanggal:23 April 2024

Admin Clerk: Tugas, Skill, Kualifikasi dan Gajinya

Dalam dunia kerja, peran seorang admin clerk sangat vital dalam menjaga kelancaran administrasi kantor. Dari mengelola dokumen hingga berkomunikasi dengan klien, admin clerk memegang peran penting. Artikel ini akan membahas secara komprehensif mengenai tugas, skill, kualifikasi, dan gaji yang terkait dengan posisi admin clerk. Dengan pemahaman mendalam mengenai hal ini, pembaca akan mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa yang diperlukan untuk berhasil dalam peran ini.

Apa itu Admin Clerk?

Admin clerk adalah seorang pekerja yang menangani administrasi kantor, membantu karyawan agar lebih fokus, mengelola dokumen/file, dan menghubungi klien melalui telepon atau email. Tugas dan tanggung jawab seorang admin clerk dapat berbeda-beda pada tiap perusahaan, namun secara umum meliputi: membantu kelancaran kegiatan operasional dan administrasi kantor sehari-hari, melakukan monitoring kegiatan operasional kantor, mengatur dan mengorganisir file, mengoperasikan peralatan kantor seperti printer, mesin fotocopy, fax, dan instrumen multimedia, serta menyusun dan memelihara catatan transaksi bisnis kantor. Syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang admin clerk antara lain memiliki pengalaman minimal 1 tahun di bidang administrasi, paham cara menggunakan software Microsoft Office (Excel dan Word), bisa membuat catatan administrasi, memiliki usia maksimal 30 tahun, mau belajar dan cepat beradaptasi, rajin dan jujur dalam bekerja, teliti, proaktif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Tugas Admin Clerk

Admin clerk adalah seorang pekerja yang menangani administrasi kantor, membantu karyawan agar lebih fokus, mengelola dokumen/file, dan menghubungi klien melalui telepon atau email. Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab admin clerk:

  • Membantu kelancaran kegiatan operasional dan administrasi kantor sehari-hari.
  • Melakukan monitoring kegiatan operasional kantor.
  • Mengatur dan mengkoordinasikan pengiriman barang ke customer.
  • Membantu dan membuat laporan data stok.
  • Bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan administrasi.
  • Memelihara catatan transaksi perusahaan, baik itu keluar maupun juga masuk.
  • Mengoperasikan peralatan kantor, seperti printer, mesin fotocopy, fax, dan instrumen multimedia, merupakan keterampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugas administratif.
  • Menyusun dan memelihara catatan transaksi bisnis kantor.
  • Mendata dan mem follow up purchase.
  • Mengatur dan mengelola inventaris perusahaan yang dimiliki atau akan dibeli nantinya.

Sebagai admin clerk, Anda harus memiliki pengalaman minimal 1 tahun di bidang administrasi, paham cara menggunakan software Microsoft Office (Excel dan Word), bisa membuat catatan administrasi, memiliki usia maksimal 30 tahun, mau belajar dan cepat beradaptasi, rajin dan jujur dalam bekerja, teliti, proaktif, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan mampu bekerja di bawah tekanan.

Skill yang Harus Dimiliki Admin Clerk

Skill yang harus dimiliki oleh seorang admin clerk meliputi:

  • Pelayanan Pelanggan (Customer Service)
  • Pengolahan Data (Data Entry)
  • Ketelitian (Detail Oriented)
  • Keterampilan Organisasi (Organizational Skills)
  • Pengolahan Kata (Word Processing)
  • Data Gaji (Payroll Data)
  • Sistem Database (Database Systems)

Selain itu, kemampuan komunikasi, kecerdasan emosional, dan kemampuan administrasi juga merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang admin clerk.

Kualifikasi Admin Clerk

Kualifikasi yang umumnya dibutuhkan untuk menjadi seorang admin clerk termasuk:

  • Minimal pendidikan SMA/D3 atau sederajat.
  • Kemampuan menggunakan komputer dengan baik.
  • Kemampuan mengetik secara cepat.

Selain itu, beberapa sumber juga menyebutkan kualifikasi tambahan seperti pengalaman minimal 1 tahun di bidang administrasi, kemampuan berkomunikasi, kecerdasan emosional, dan kemampuan administrasi yang baik.

Gaji Admin Clerk

Gaji admin clerk dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti lokasi kerja, pengalaman, dan perusahaan yang mempelajari. Berdasarkan sumber yang tersedia, berikut adalah beberapa contoh gaji admin clerk:

  • Jooble menyebutkan gaji admin clerk di antara Rp. 2,500,000/bulan hingga Rp. 5,000,000/bulan.
  • Indeed menyebutkan gaji admin clerk di Indonesia berada di antara Rp. 2,300,000/bulan hingga Rp. 5,000,000/bulan.
  • AyoInvestasi menyebutkan gaji admin clerk di Indonesia sekitar Rp. 3,750,000/bulan.

Namun, perlu dicatat bahwa gaji ini hanya berlaku sebagai referensi dan mungkin berbeda tergantung pada kondisi pasar, pengalaman, dan perusahaan yang mempelajari.

Tips Menjadi Admin Clerk yang Handal

Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang admin clerk yang handal:

  • Kuasai Keterampilan Teknis: Selain tugas administratif dasar, penting untuk menguasai penggunaan perangkat lunak kantor seperti Microsoft Office (Excel, Word, PowerPoint) dan sistem basis data.
  • Perhatikan Detail: Keterampilan dalam memperhatikan detail sangat penting dalam pekerjaan administratif untuk memastikan akurasi dan ketepatan dalam melaksanakan tugas.
  • Kembangkan Keterampilan Komunikasi: Kemampuan komunikasi yang baik diperlukan untuk berinteraksi dengan karyawan dan klien, baik melalui telepon, email, maupun secara langsung.
  • Pelajari Prosedur Perusahaan: Setiap perusahaan memiliki prosedur administratif yang berbeda. Penting untuk memahami prosedur-prosedur ini dan beradaptasi dengan cepat.
  • Tingkatkan Efisiensi: Usahakan untuk meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas-tugas administratif, seperti pengelolaan file dan pengolahan data.

Dengan menguasai keterampilan teknis, perhatian terhadap detail, keterampilan komunikasi yang baik, pemahaman akan prosedur perusahaan, dan meningkatkan efisiensi, Anda dapat menjadi seorang admin clerk yang handal.

Upgrade Skillmu Bersama Vocasia

Vocasia menyediakan berbagai kursus online untuk meningkatkan keterampilan teknis, termasuk kursus “Mahir Mengolah & Menganalisa Data dengan Ms Excel” dan “Langkah Praktis Belajar Ms Office Word“. Kursus “Mahir Mengolah & Menganalisa Data dengan Ms Excel” akan membantu Anda menguasai Microsoft Excel mulai dari dasar, menggunakan rumus kalkulasi sederhana, dan mengolah data sederhana yang sering digunakan dalam dunia kerja oleh para karyawan profesional maupun dalam proses seleksi karyawan baru. Sedangkan kursus “Langkah Praktis Belajar Ms Office Word” akan membantu Anda menguasai Microsoft Word, yang merupakan skill wajib yang harus dikuasai oleh setiap orang, khususnya bagi mereka yang ingin bekerja di bidang perkantoran maupun bagi anak sekolahan. Selain itu, Vocasia juga menyediakan berbagai kursus untuk mengasah hard skill dan soft skill dengan harga yang terjangkau.

Dengan demikian, menjadi seorang admin clerk bukanlah tugas yang mudah. Diperlukan keterampilan teknis, pemahaman mendalam akan prosedur administrasi, dan kemampuan berkomunikasi yang baik. Namun, dengan dedikasi dan pengembangan diri yang terus-menerus, peran ini dapat menjadi batu loncatan yang baik dalam karir administratif. Semoga pemahaman mendalam mengenai tugas, skill, kualifikasi, dan gaji admin clerk dari artikel ini dapat membantu para pembaca mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk meniti karir dalam bidang ini.

Penulis : Asep – Vocasia

Menulis Surat Lamaran - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *