Tanggal:25 May 2024

Overview Internet Marketing

Semakin berkembangnya jaman, teknologi pun semakin berkembang. Salah satu hal yang berubah dikarenakan perubahan teknologi adalah cara pemasaran kita. Pada saat ini, internet marketing adalah cara yang sering digunakan untuk memasarkan produk dan jasa. Berikut beberapa penjelasan mengenai internet marketing yang bisa dipelajari!

Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan bantuan internet melalui berbagai media atau platform berbasis online. Contoh platform yang sering dipakai adalah website, email, blog, mesin pencari, dan juga media social. Selain itu, internet marketing juga dapat dikatakan sebagai online marketing. Dimana, segala proses pemasaran dilakukan secara online dengan bantuan teknologi digital yang ada. Namun, prinsip pemasarannya memang tidak jauh berbeda dengan metode konvensional. 

Menurut Traver dan Laudon (2008), internet marketing merupakan pemasaran yang dilakukan di web untuk membangun hubungan jangka panjang yang positif dengan pelanggan. Menurut Keller dan Kotler (2009), “Internet marketing merupakan suatu wujud dari upaya perusahaan untuk menginformasikan, mempromosikan, mengkomunikasikan, serta menjual jasa atau produk dengan memakai media internet”.

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Overview Internet Marketing

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Ciri-Ciri Internet Marketing

Ciri-ciri internet marketing antara lain:

  • Internet marketing adalah jenis promosi yang lebih fleksibel dan tersebar. Promosi tersebut bisa dilakukan melalui artikel, update blog, status social media, dan lain sebagainya.
  • Memiliki ruang lingkup pemasaran yang lebih luas, dapat diakses dan ditujukan kepada siapa saja tanpa batas ruang dan waktu.
  • Bersifat lebih responsif dan terbuka dengan para konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya marketplace yang ada yang melayani konsumennya selama 24/7.
  • Memungkinkan untuk mendapatkan timbal balik dan komunikasi yang bisa dilakukan pada banyak arah 

Tujuan dan Manfaat Internet Marketing

Kegiatan pemasaran melalui internet memiliki tujuan penting. Tujuan utama dari Langkah ini adalah untuk menarik perhatian calon konsumen. Baik untuk berjualan produk barang maupun jasa, sistem pemasaran modern ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan. 

Berbagai manfaat internet marketing yang bisa dirasakan antara lain:

Menjangkau Audiens Lebih Luas

Penggunaan teknologi internet yang tidak mempunyai batas ruang serta waktu memberikan jangkauan audiens yang lebih luas lingkupnya. 

Menghemat Biaya

Menekankan biaya pemasaran juga dapat menjadi satu manfaat internet marketing yang sangat penting. Anggaran tersebut nantinya bisa dialokasikan untuk kebutuhan penting lainnya. 

Mengukur Performa Bisnis Lebih Mudah

Banyak tips dan cara internet marketing yang mudah dipraktekan. Karena semua data dan informasi dapat diakses secara online pada real time. Dengan begitu, performa metode pemasaran juga dapat diukur dengan mudah.

Memperoleh Audiens yang Relevan

Mencari audiens yang lebih relevan juga dapat dilakukan secara otomatis apabila menggunakan metode ini. 

Mempermudah Perolehan Leads

Leads adalah orang yang mempunyai potensi yang besar untuk memakai produk yang dijual. Secara sederhana, manfaat dari internet marketing dapat membantu dalam meningkatkan jumlah lead dan juga sales atau penjualan.

Memudahkan Usaha Pemasaran

Karena terdapat beragam jenis serta elemen dari internet marketing, maka dapat memilih cara termudah untuk mengaplikasikannya. Apabila cara yang dipilih telah sesuai, maka usaha pemasarannya juga akan dapat dilakukan dengan mudah.

Elemen dalam Internet Marketing

Dalam kegiatan pemasaran melalui internet, terdapat beberapa elemen supaya proses pemasaran yang dilakukan dapat berjalan lebih efektif serta efisien. Elemen-elemennya antara lain:

Website

Website merupakan salah satu elemen internet marketing yang dapat membantu untuk melakukan evaluasi. Dengan menggunakan website, dapat memperoleh data, seperti jenis pengguna yang masuk bisa menjadi sebuah konversi, kemudian penilaian tentang konten dari para audiens, serta halaman mana saja yang paling sering dijumpai serta dikunjungi oleh audiens.

E-commerce

e-commerce merupakan elemen internet marketing yang meliputi kegiatan pembelian melalui media elektronik. Sebelumnya, kegiatan pembelian dilakukan di televisi atau telepon, tetapi saat ini lebih banyak dilakukan melalui jaringan internet.

Artikel SEO

Berbeda dengan artikel lian, artikel SEO dibuat sesuai dengan Teknik SEO. Dengan begitu, search engine seperti contohnya Google akan mudah mengetahui isi artikel dengan cepat. Untuk menghasilkan artikel SEO yang bagus, disarankan untuk menggunakan keyword yang relevan serta yang paling banyak dicari oleh pengguna.

Email Marketing

Email marketing hingga saat ini masih sering digunakan oleh marketer. Strategi melakukan pemasaran melalui email marketing adalah dengan memperhatikan hal-hal seperti membuat email yang menarik yang nantinya bisa menghasilkan ketertarikan agar konsumen dapat mengambil tindakan seperti melakukan pembelian ataupun membalas email yang dikirimkan tadi.

SEM

Search Engine Marketing merupakan elemen internet marketing yang memiliki tujuan untuk mengoptimasi website supaya bisa muncul pada halaman pertama saat pengguna mencari sesuatu dengan menggunakan iklan berbayar.

Social Media Marketing

Dengan menggunakan social media marketing, bisa menjadi salah satu solusi untuk kebutuhan para audiens, juga dapat menerima timbal balik secara real time. Dengan ini, kita dapat membangun relation yang lebih dekat dengan audiens.

Systemize Follow-Up

Systemize follow-up mempunyai definisi sebagai tindak lanjut. Ini dilakukan dengan cara mengambil tindak lanjut setelah tadi menawarkan dan memperkenalkan produk ke audiens.

Sales

Sales merupakan elemen internet marketing yang mencakup aktivitas penjualan produk, barang, serta layanan yang dilakukan penjual ke pembeli. Sales dikatakan sebagai orang yang melakukan penawaran serta penjualan kepada calon pelanggan.

Jenis Internet Marketing

Beberapa jenis internet marketing antara lain:

  • Facebook Marketing

Potensi dari facebook marketing sangatlah besar dikarenakan pengguna facebook yang masih sangat banyak, dan masih terdapat peningkatan tiap harinya. Facebook marketing adalah kegiatan yang dilakukan menggunakan Facebook account. Tujuannya adalah untuk memasarkan produk dan menjalin hubungan dengan target audiens secara lebih dekat.

  • Youtube Marketing

YouTube marketing adalah salah satu jenis pemasaran online melalui platform YouTube. Kegiatan pemasaran pada YouTube ini meliputi pembuatan dan pengunggahan video berhubungan dengan produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan.

  • Website Marketing

Website marketing merupakan bentuk kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan untuk meningkatkan traffic pada website atau situs tertentu. Kegiatan pemasaran ini bisa dibilang berhasil apabila website yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa memiliki banyak trafik. Dari tingginya traffic tersebut, maka akan banyak peluang untuk menjadikan visitor menjadi pelanggan.

  • SEO Marketing

SEO marketing atau Search Engine Optimization adalah aktivitas pemasaran melalui internet dengan tujuan meningkatkan visibilitas situs web atau page website di search engine seperti Google. Aktivitas ini dilakukan dengan cara memilih nama domain, konten website, dan juga mencari keyword yang tepat pada mesin pencari.

  • Content Marketing

Content marketing adalah merupakan strategi yang mencakup kegiatan membuat dan menyebarkan konten. Konten disini biasanya dapat mendeskripsikan bisnis secara jelas dan informatif. Strategi untuk menggunakan content marketing adalah dengan menggunakan tiga sifat konten, yaitu, penting, relevan, dan konsisten.

Tips Internet Marketing

Pahami Image BRAND

Tips yang pertama adalah ketahui image dari produk yang akan dipromosikan. Ini adalah tips internet marketing paling dasar sehingga harus dilakukan dengan baik.

Up Top Date

Sebagai seorang marketer, tentunya perlu untuk selalu update mengenai berita-berita terkini yang mungkin sedang ramai diperbincangkan atau trend yang sedang viral.

Mulai dari SEO

SEO adalah teknik dan contoh internet marketing yang mudah untuk dilakukan. Oleh karena itu, sebaiknya memahami SEO terlebih dahulu.

Belajar dengan yang Lebih Berpengalaman

Belajar dengan orang yang lebih ahli ataupun bisa meng hire professional yang berpengalaman apabila belum terlalu paham.

Lakukan Analisis dan Evaluasi

Setelah menerapkan beberapa strategi pemasaran internet, kita harus memantau hasilnya. Lakukan analisa serta evaluasi apabila target yang diinginkan belum bisa tercapai.

Penulis: Dayananda Sarasvati Mas Putri (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *