Tanggal:25 May 2024
Pentingnya Pendidikan

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan menjadi hal yang sangat penting dan bisa dibilang menjadi kebutuhan pokok bagi semua manusia. Dimana banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa dimiliki apabila menempuh pendidikan tersebut. 

Apa Itu Pendidikan?

Kursus online belajar grammar vocasia

Pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan juga secara otodidak. Kurniawan (2017:26) berpendapat bahwa pengertian pendidikan adalah mengalihkan (menurunkan) berbagai nilai, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan kepada generasi yang lebih muda sebagai usaha generasi sebelumnya dalam menyiapkan fungsi hidup generasi selanjutnya, baik jasmani maupun rohani.

Tujuan Pendidikan

Tujuan pendidikan adalah fokus utama dari perubahan yang diinginkan setelah peserta didik mengikuti pendidikan. Berbagai instansi yang berbeda biasanya akan memiliki tujuan pendidikan yang berbeda pula. Beberapa pendidikan bertujuan untuk melatih aspek afektif pada peserta didik. Elfachmi (2015:16) menjelaskan bahwa tujuan pendidikan adalah untuk memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan, oleh karena itu tujuan pendidikan memiliki dua fungsi yaitu memberikan arahan kepada segenap kegiatan pendidikan, dan sebagai sesuatu yang ingin dicapai oleh segenap kegiatan pendidikan. Melengkapi tujuan pendidikan menurut ahlinya, Danim (2010:41) menjelaskan bahwa secara akademik, pendidikan memiliki beberapa tujuan, yakni:

  1. Mengoptimalkan potensi kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki oleh siswa.
  2. Mewariskan nilai-nilai budaya dari generasi ke generasi untuk menghindar sebisa mungkin anak-anak tercabut dari akar budaya dan kehidupan berbangsa dan bernegara.
  3. Mengembangkan daya adaptabilitas siswa untuk menghadapi situasi masa depan yang terus berubah, baik intensitas maupun persyaratan yang diperlukan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan dan mengembangkan tanggung jawab moral siswa, berupa kemampuan untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah, dengan spirit atau keyakinan untuk memilih dan menegakkannya.

Fungsi Pendidikan

Danim (2010:45) menjelaskan fungsi pendidikan sesungguhnya adalah membangun manusia yang beriman, cerdas, kompetitif, dan bermartabat. Selain itu, pendidikan memiliki fungsi

spesifik untuk tujuan serta kebutuhan yang spesifik pula, yaitu:

  1. Menyiapkan sebagai manusia yang berbudi
  2. Menyiapkan tenaga kerja
  3. Menyiapkan warga negara yang baik

Sementara itu, dalam undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang sisdiknas, dikemukakan  fungsi pendidikan adalah “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Manfaat Pendidikan

Manfaat pendidikan menurut Elfachmi (205:16) adalah sebagai berikut:

  1. Mendapatkan ilmu yang akan dibutuhkan untuk masa depan.
  2. Belajar di luar sekolah bisa menambah wawasan yang lebih luas.
  3. Melalui ilmu dan wawasan yang lebih luas, kita dapat meraih cita-cita yang kita impikan.
  4. Menjadikan manusia memiliki budi pekerti yang luhur, sesuai dengan pengertian dan tujuan pendidikan. Pendidikan sangatlah bermanfaat bagi kehidupan semua agar menjadi manusia seutuhnya, karena sejatinya pengertian pendidikan adalah sebagai alat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.

Jenjang Pendidikan

Jenjang pendidikan adalah tahapan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan peserta didik dan kelengkapan dan kedalaman filum yang diajarkan. Menurut Tirtarahardja dan Sulo (2012:268) jenjang pendidikan meliputi:

Jenjang Pendidikan Dasar

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan dasar diselenggarakan untuk memberikan pengetahuan dasar yang diperlukan untuk hidup dan bermasyarakat dari segi pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, jenjang ini juga berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mengikuti pendidikan menengah. Pendidikan ini mencakup Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Madrasah, dsb.

Jenjang Pendidikan Menengah

Pendidikan menengah adalah lanjutan dan pengembangan dari pendidikan dasar. Pendidikan ini memiliki tingkat keluasan dan kedalaman pengetahuan yang lebih tinggi dari pendidikan dasar. Pendidikan ini berfungsi untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi dunia kerja maupun melanjutkan pendidikan jenjang pendidikan tinggi. Pendidikan menengah meliputi Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Luar Biasa, dsb.

Jenjang Pendidikan Tinggi

Pendidikan tinggi merupakan tingkat kelanjutan dari pendidikan menengah. Pendidikan ini diselenggarakan untuk menyiapkan peserta didik yang unggul dalam kemampuan akademik. Pendidikan tinggi dapat memiliki berbagai tujuan spesifik yang berbeda satu sama lain. Beberapa pendidikan tinggi bertujuan untuk melatih pendidik menjadi tenaga kerja profesional yang berkualitas. Sementara pendidikan lain mencetak peserta didik agar menjadi akademi yang akan meneliti, mengembangkan, bahkan menciptakan ilmu pengetahuan.

Pentingnya Pendidikan

Saat ini pendidikan sangatlah penting dan sudah menjadi sebuah kebutuhan. Dengan pendidikan, manusia akan memiliki kecerdasan yang berguna bagi dirinya bahkan sekitarnya, serta bisa mengubah taraf penghidupan yang lebih layak. Berikut beberapa alasan pentingnya pendidikan bagi kehidupan:

Memiliki Masa Depan yang Cemerlang

Dengan memiliki tingkat pendidikan yang baik, manusia akan lebih mudah memiliki masa depan yang mapan, mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dengan mudah dan memiliki karir dan pekerjaan yang bagus. Sehingga dengan pendidikan, orang dapat mampu menata masa depan dengan bijaksana. 

Membangun Karakteristik yang Baik

Saat ini, beberapa sekolah menjadikan pendidikan karakter merupakan suatu hal yang harus diajarkan kepada murid. Tidak hanya cerdas di bidang akademik, tetapi diharapkan seseorang juga memiliki karakter yang baik. Dengan adanya pendidikan, dapat membentuk watak seseorang, dan membentuk kepribadian yang baik untuk menjadi seseorang yang bermartabat. Seharusnya, selain pendidikan akademiknya yang bagus juga diikuti dengan pendidikan karakternya yang bagus pula agar menjadi manusia yang berguna.

Mencapai Impian Menjadi Kenyataan

Banyak anak-anak memiliki mimpi yang besar. Seperti ingin menjadi pribadi yang populer, ingin menjadi kaya dan sebagainya. Salah satu cara agar impian tersebut tercapai adalah menempuh pendidikan yang baik sesuai dengan bakat dan potensi masing-masing. Pendidikan adalah jembatan untuk menuju impian dan keberhasilan, terlebih jika memiliki cita-cita dan mimpi yang besar. Dengan pendidikan, impian yang hanya menjadi angan-angan bisa menjadi kenyataan jika seseorang belajar dengan sungguh-sungguh.

Ikut Serta Dalam Memajukan Bangsa

Pendidikan dapat membantu memajukan bangsa karena bangsa yang maju ada ditangan orang yang berpendidikan. Pendidikan merupakan salah satu aspek fundamental dalam membangun peradaban bangsa. Dengan pendidikan yang baik yang didapatkan oleh anak- anak generasi bangsa, mereka akan mengubah bangsa kita menjadi bangsa yang kuat dan bangsa yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Masa depan bangsa ada ditangan masyarakat yang berpendidikan. Oleh karena itu, sangat penting mengemban pendidikan yang baik agar bangsa ini menjadi bangsa yang maju.

Analysis

Keadaan Pendidikan di Indonesia Saat Ini

Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Kementerian Pendidikan Kebudayaan  Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Dr. Samto mengungkapkan sejumlah kondisi pendidikan di Indonesia saat pandemi COVID-19. “Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini, banyak anak yang putus sekolah ya. Dalam arti mereka terpaksa harus bekerja kemudian persepsi orang tua bahwa kenapa anaknya tidak sekolah,” kata Samto dalam acara UNICEF “Menuju Respon dan Pemulihan COVID-19 yang Berfokus Pada Anak” secara daring di Jakarta. Samto mengungkapkan saat ini dunia pendidikan Indonesia telah mengalami penurunan capaian pembelajaran yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran dari rumah.

SWOT Analysis Pendidikan

Penulis: Dayananda Sarasvati Mas Putri (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *