Tanggal:23 July 2024
tes ielts

Panduan Sukses Mengikuti Tes IELTS

Image Source: Desa Inggris

Dikutip langsung dari situs resmi IDP, International English Language Testing System atau yang biasa disebut IELTS merupakan program tes bahasa Inggris yang pada umumnya dapat digunakan untuk keperluan studi/belajar, bekerja, atau imigrasi.

Dalam tes IELTS terdapat beberapa rangkaian tes yang dirancang untuk menguji kemampuan peserta dalam 4 hal yaitu berbicara, mendengar, membaca, dan menulis bahasa Inggris.

Tes IELTS sendiri dinilai menjadi program pengujian kemampuan bahasa Inggris yang cukup sulit sehingga banyak peserta yang sudah mengikuti tes IELTS ini gagal untuk mendapatkan skor yang tinggi.

Namun tentunya dengan latihan dan persiapan yang baik, maka bukan tidak mungkin untuk memperoleh skor yang tinggi sehingga dapat sukses untuk mengikuti tes IELTS.

Berikut ini terdapat 5 panduan untuk dapat sukses mengikuti tes IELTS. Yuk simak baik-baik!

1. Membuat strategi yang tepat

Dengan membuat strategi yang tepat, maka kamu dapat menggunakan waktu sebaik mungkin ketika melakukan tes IELTS. Contohnya, pada tes mendengarkan (listening), kamu dapat menandai kata kunci yang bisa membuat kamu untuk fokus kepada hal-hal penting saja. Selanjutnya pada tes membaca (reading), kamu dapat mempersingkat waktu pada tes ini dengan cara langsung melihat daftar pertanyaannya saja.

2. Membaca banyak jurnal atau artikel berbahasa Inggris

Dilansir dari website schoters.com untuk meningkatkan kemampuan listening, kamu dapat mencoba memperbanyak bacaan berbahasa Inggris, seperti artikel di CNN, The Londoner ataupun jurnal-jurnal berbahasa inggris.

Selain itu, kamu juga bisa membaca novel atau komik berbahasa Inggris. Dari hal-hal tersebut, kamu akan sering menemukan kosa-kata baru yang dapat kamu pahami.

3. Memahami konteks percakapan (conversation) dalam bahasa Inggris

Perlu kamu ketahui jika rekaman ketika tes mendengarkan (listening) hanya diputar satu kali. Masalah yang sering ditemukan oleh peserta tes IELTS adalah kebingungan ketika mendengarkan percakapan ada rekaman tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat mencoba untuk mendengarkan podcast berbahasa Inggris, menonton YouTube dan film berbahasa Inggris. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk dapat mengerti konteks percakapan (conversation) pada saat tes mendengarkan (listening)

4. Brainstorming dan latihan

Jika kamu ingin menguasai kemampuan menulis (writing) berbahasa Inggris, maka kamu dapat melakukan brainstorming dengan menuliskan berbagai macam gagasan ataupun opini, lalu persingkat tulisan tersebut menjadi 4-5 kalimat saja.

Brainstorming yang kamu lakukan tersebut dapat memudahkan kamu ketika mengerjakan tes menulis (writing). Dengan catatan kamu harus berlatih secara terus menerus, bukan hanya sekali atau dua kali saja. Kemudian untuk dapat mengatur waktu tes IELTS agar kamu tidak telat mengerjakannya, kamu juga harus latihan. Belajarlah untuk mengatur waktu sesuai dengan tes sebenarnya.

Dari latihan tersebut, kamu dapat mengestimasi waktu saat tes berlangsung, lalu kamu juga bisa mencari kelemahan dan kelebihan yang kamu miliki. Misalnya kamu memiliki kesulitan saat tes mendengarkan (listening), maka kamu harus lebih banyak untuk berlatih pada tes mendengarkan (listening).

Itulah beberapa panduan yang patut kamu lakukan untuk mengembangkan skill bahasa inggris kamu, sehingga bisa lebih mudah untuk mengerjakan tes IELTS dan tentunya sukses mendapatkan skor yang tinggi atau sesuai keinginan kamu.

Buat kamu yang ingin mempelajari lebih dalam tentang tes IELTS ini, kamu dapat mengikuti kursus “Belajar IELTS Secara Efektif” di Vocasia. Segera kunjungi link di bawah ini dan dapatkan kursusnya sekarang juga!

https://bit.ly/3IIYtKY

Penulis : Ilham Mahdika Saputra – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

 

 

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *