Site icon Vocasia

4 Waktu Tepat Penggunaan Active Voice dalam Bahasa Inggris

4 Penggunaan Active Voice. Sumber: pexels.com

Artikel sebelumnya, kamu telah mempelajari bagaimana penggunaan passive voice sebagai kalimat pasif yang terdapat dalam Bahasa Inggris. 

Sebaliknya, dalam artikel ini kita akan mempelajari active voice yang merupakan kalimat aktif dalam bahasa Inggris dan seringkali digunakan dalam menyusun sebuah kalimat.

Baca Juga: Pengertian Expressing Hope

Pengertian Active Voice

Pengertian active voice. Sumber: pexels.com

Active voice adalah kalimat yang subjeknya bertindak berdasarkan kata kerja. Jadi, active voice digunakan ketika fokus dari sebuah kalimat adalah subjek dari kata kerja utama, sehingga yang melakukan kata kerja (pekerjaan) bisa berupa orang atau benda. Dalam bahasa Indonesia, active voice dikenal dengan kalimat aktif yang juga menyatakan perlakuan dari kata kerja. 

Melansir dari Grammarly, kalimat aktif dalam bahasa Inggris memiliki struktur mendasar yaitu subject, verb, dan object. Fokus dari active voice adalah subjek yang melakukan suatu pekerjaan atau tindakan pada objek. Dengan demikian pada active voice, subject bertindak sebagai the doer of the action (pelaku aksi).

Kalimat sehari-hari yang biasa diucapkan dalam percakapan mayoritas sudah menggunakan kalimat aktif atau active voice. Dalam penggunaannya, rumus kalimat aktif dalam Bahasa Indonesia menggunakan kata kerja yang berimbuhan me- atau ber-. Sementara dalam active voice adalah S + verb + direct object/receiver of the action

Baca Juga: Apa itu Demonstrative Pronoun

Sebelum menggunakan active voice, kamu harus mengetahui tujuan saat menuturkan active voice. Lalu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan active voice dalam tulisan bahasa Inggris, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Tulisan Memiliki Urgensi Tinggi

Jika tulisan memiliki urgensi tinggi, memiliki keharusan untuk mudah dipahami, dan cepat di proses dapat menggunakan active voice. Misal: intruksi, larangan, dan sebagainya.

2. Tulisan Formal

Jika ingin menulis sebuah tulisan formal layaknya karya ilmiah, kamu boleh menggunakan kalimat aktif. Kenapa tidak menggunakan kalimat pasif? Karena dalam penggunaannya kalimat pasif cenderung memiliki sifat yang bertele-tele, memutar, bahkan menyembunyikan fakta.

3. Penulisan dalam Koran 

Sifat active voice yang to-the-point atau langsung pada inti tentunya akan menyingkat banyak sekali kalimat. Hal ini bisa bermanfaat untuk mempersingkat space dalam penulisan yang kamu lakukan di koran.

4. Tulisan yang Mengandung Banyak Fakta atau Variabel 

Pada tulisan yang banyak mengandung fakta dan variabel, gunakan kalimat aktif agar pembaca tidak bingung. Tulisan yang mengandung fakta tak harus berupa karya ilmiah, bisa berlaku juga pada saaat penulisan Curriculum Vitae (CV) atau resume yang dibutuhkan dalam persyaratan kerja.

Baca Juga: Cara menjawab soal TPS UTBK 

Untuk lebih jelas dan memudahkan kamu menggunakan active voice dalam Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari, berikut di bawah ini beberapa contoh penggunaan kalimat aktif 

Baca Juga: Pengertian Adverb of Frequency

Itu dia penjelasan lengkap mengenai 4 waktu yang tepat dalam penggunaan active voice. Untuk mengetahui penjelasan sebaliknya yaitu mengenai kalimat pasif kamu bisa mencarinya dengan klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%! 

Baca Juga: Pengertian Compound Adjective

Exit mobile version