Tanggal:25 May 2024

Pentingnya menjaga Customer Review bagi suatu Bisnis

Model bisnis online  memiliki beberapa keunggulan yang sangat menguntungkan  penggunanya, baik penjual maupun pelanggan. Satu hal yang pasti, bisnis online membuat berbisnis menjadi lebih mudah, cepat dan efisien. Namun ada satu hal yang tidak boleh Anda anggap remeh dalam  bisnis online, yaitu review online. Ini karena ulasan online memainkan peran penting dalam kelangsungan bisnis. Apa  manfaat penilaian online? Inilah beberapa di antaranya :

  • Meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan 

Dalam berbelanja online, rasa saling percaya antara penjual dan pelanggan sangatlah penting. Salah satu cara membangun kepercayaan dengan calon pelanggan adalah melalui ulasan online. Kebanyakan orang cenderung menjelajah internet sebelum membeli produk untuk membaca ulasan online tentang kualitas produk yang mereka beli. Jadi jika bisnis Anda mendapatkan banyak ulasan bagus, itu pasti dapat meningkatkan kepercayaan pembaca ulasan atau calon pelanggan  dan mendorong mereka untuk membeli.  Dengan ulasan online, calon pelanggan  tahu dan lebih yakin bahwa produk Anda benar-benar bagus. Namun, jika bisnis Anda banyak menerima ulasan negatif,  Anda perlu mengevaluasi kualitas bisnis atau produk Anda dan segera memperbaikinya agar tidak kehilangan calon pelanggan. 

  • Sebagai alat pemasaran yang ampuh 

Disadari atau tidak, ulasan online juga bisa menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk merek dan produk yang Anda jual. Pelanggan yang  puas tidak segan-segan membagikan pengalamannya di toko online Anda. Sekarang mendapatkan ulasan online ini di forum, halaman e-niaga, atau bahkan di media sosial  pelanggan seperti mempromosikan bisnis online Anda. Kabar baiknya, “iklan” ini juga gratis. Jadi bisa dibilang review online yang diberikan pelanggan Anda  adalah free marketing. 

  • Dapat digunakan untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan 

Selain menjadi alat pemasaran gratis, ulasan online  memberi Anda  kesempatan untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai pelanggan. Mengunggah ulang ulasan pelanggan yang positif  di blog bisnis atau media sosial Anda akan membuat pengulas merasa dihargai. 

Dari segi psikologis,  penulis review ini juga  merasa lebih dekat dengan toko online. Jadi ketika Anda mengunggah ulang ulasan mereka, jangan lupa untuk memberikan kredit juga. Dengan cara ini Anda juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan di toko online Anda. 

  • Meningkatkan penjualan 

Lagi pula, ulasan online yang ditulis dengan baik dapat menarik pelanggan baru, terutama jika penulisnya adalah orang  terkenal seperti  influencer atau artis. Ini tidak hanya meningkatkan kesadaran orang tentang bisnis online Anda, tetapi juga secara alami memberikan otoritas pada merek dan bisnis online Anda. 

Tips Mengatasi Komentar negatif

Menerima ulasan negatif dari pelanggan  dapat berdampak serius pada bisnis Anda. Ulasan negatif dapat menyebabkan calon pelanggan mempertimbangkan kembali untuk  membeli atau menggunakan produk atau layanan Anda. Berikut  adalah beberapa tip untuk membantu Anda menangani ulasan pelanggan yang buruk. 

Nilai setiap ulasan konsumen 

Jika Anda menerima ulasan negatif, segera hapus. Hal ini dapat menimbulkan keraguan di kalangan konsumen lainnya. Cobalah untuk menjawab ulasan dengan pendekatan teknis. Tanyakan mengapa konsumen memberikan ulasan yang buruk. Kemudian tawarkan solusi untuk membuat konsumen senang. Memperhatikan ulasan negatif berarti Anda juga memperhatikan kontribusi untuk mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik. 

Tetap memberikan jawaban profesional 

Pemilik bisnis bertanggung jawab untuk menanggapi ulasan pelanggan. Entah itu negatif atau positif, Anda  tetap perlu memberikan tanggapan yang  profesional. Jika Anda menginginkan ulasan negatif, Anda harus menanggapinya dengan  sopan. Mohon maaf atas masalah yang dihadapi konsumen  dan berikan jawaban atas masalah tersebut. Dengan respon yang profesional, pelanggan akan merasa bahwa Anda adalah pemilik bisnis yang bertanggung jawab. 

Sesegera mungkin membalas ulasan

Tinjauan pelanggan yang buruk dapat disebabkan oleh produk atau layanan yang Anda tawarkan tidak memenuhi harapan konsumen. Oleh karena itu, jangan tingkatkan pelanggan Anda yang merasa Anda tidak bertanggung jawab atau cepat tanggap. Harap balas sesegera mungkin setelah meninggalkan komentar. Jangan dibiarkan terlalu lama karena bisa menjadi jebakan dan menimbulkan masalah baru bagi pelanggan lain yang ikut berkomentar.

Ditulis Oleh ILHAM ASTA PANGESTU (Mahasiswa Peserta Studi Independen Batch 4) Kelompok B

Public relation masterclass

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *