Site icon Vocasia

Rima, Persamaan Bunyi dalam Ragam Sastra

persamaan bunyi

Rima merupakan istilah yang tak asing di telinga. Rima ialah persamaan bunyi yang terdapat dalam suatu ragam sastra. Dalam ragam sastra rima terikat dengan irama, matra, serta larik dan bait. Keseluruhan elemen ini berguna sebagai penambah nilai estetika pada bunyi dan visual dari ragam sastra. Biasanya, ragam sastra yang memiliki persamaan bunyi ini ialah puisi serta pantun. Untuk mengetahui penjelasan mengenai rima secara lebih lengkap, perhatikan penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 11+ Contoh Majas Metafora Beserta Pengertian Dan Contohnya

Pengertian Rima 

ilustrasi membaca ragam sastra berima (sumber: pexels)

Rima adalah pengulangan bunyi yang terdapat dalam ragam sastra, seperti puisi dan pantun. Pengulangan ini dilakukan untuk menghadirkan estetika, baik dari segi pendengaran maupun visual dari ragam sastra tersebut. 

Salah satu elemen dalam ragam sastra ini dijelaskan juga sebagai pengulangan terhadap bunyi yang terjadi secara berselang, baik dalam larik sajak maupun larik yang jaraknya berdekatan. Hal ini dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Adapun pendapat Zaidan dkk (1996: 71) yang menegaskan kembali perihal rima sebagai pengulangan bunyi berselang. Beliau juga menyebutkan bahwa pengulangan bunyi tersebut dapat berupa tampilan dari tekanan, nada tinggi, atau perpanjangan suara. 

Meninjau penjelasan tersebut, persamaan bunyi ini merupakan peristiwa yang dapat terjadi di larik sajak atau puisi yang jaraknya dapat berdekatan. Persamaan bunyi ini juga dapat terlihat di dalam larik atau akhir larik karya sastra. 

Baca juga: 11+ Contoh Majas Repetisi

Jenis Rima dan Contohnya 

Berdasarkan buku Apresiasi Puisi (Teori dan Aplikasi), jenis-jenis dari rima dapat dijelaskan dalam beberapa kategori, diantaranya:

Baca juga: 10 Rekomendasi Novel Terbaik & Terbagus 2022

1. Rima Berdasarkan Persesuaian Bunyi dalam Kata atau Suku Kata

Dalam hal ini rima dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu: 

2. Rima Berdasarkan Letak Kata dalam Baris 

ilustrasi contoh rima (sumber: pexels)

Persesuaian bunyi berdasarkan letak kata dalam baris dapat dijelaskan dalam penjelasan berikut ini. 

Baca juga: 11 Contoh Puisi Pendek Pendidikan Menyentuh Hati

3. Rima Berdasarkan Letak Pasangannya dalam Bait

Jenis persamaan pada letak pasangannya dalam bait ini dapat terlihat pada penjelasan berikut ini. 

Baca juga:

Demikianlah paparan mengenai rima yang biasanya terdapat dalam ragam sastra, seperti puisi dan pantun. Keberadaan rima atau persamaan bunyi ini dilakukan untuk memperindah bunyi dan visual dari ragam sastra yang diciptakan. Persamaan bunyi ini juga digunakan untuk memvariasikan gaya bahasa pada karya sastra. 

Untuk mengetahui artikel lain mengenai elemen dalam sastra atau artikel lainnya, klik tautan ini. Selain itu, kamu juga dapat mengakses tautan ini untuk menambah hard skill-mu guna memperluas kariermu. Ayo, bergabung bersama vocasia!

Exit mobile version