Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tentang rumus COUNTA sekaligus cara penggunaannya.
- Baca juga: Paduan rumus Sum di excel
Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan ini dengan seksama!
Pengertian rumus COUNTA di excel
Di artikel sebelum kkita sudah mempelajari tentang cara menhitung sel excel yang berisikan data berupa angka, yaitu dengan menggunakan rumus COUNT.
Perlu diingat bahwa suatu sel yang terdapat data berupa teks maka data tersebut tidak termasuk dalam hitungan.
Berbeda dengan COUNT, rumus COUNTA bisa digunakan untuk menghitung berapa jumlah sel yang di dalamnya terdapat teks. Ms Excel menyediakan rumus COUNTA sebagai solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
- Baca juga: Paduan rumus Count di Microsoft Excel
Tidak hanya itu dengan ms excel juga kamu bisa menghitung sel yang kosong atau tidak berisikan data sekalipun dengan menggunakan rumus COUNTBLANK.
Walau kelihatannya fungsi ini tidak bermanfaat banyak, tetapi terkadang rumus ini sangat dibutuhkan disituasi tertentu.
Cara menggunakan rumus COUNTA di excel beserta contohnya
Formula rumus:
Contoh penggunaanya:
Salin contoh data di dalam tabel berikut ini dan tempel ke dalam sel A lembar kerja Excel yang baru. Agar rumus menunjukkan hasil, pilih datanya, tekan F2, lalu tekan Enter. Jika perlu, Kamu bisa menyesuaikan lebar kolom untuk melihat semua data.
- Baca juga: Paduan rumus Average di Microsft Excel
Data | ||
---|---|---|
39790 | ||
19 | ||
22,24 | ||
TRUE | ||
#DIV/0! | ||
Rumus | Deskripsi | Hasil |
=COUNTA(A2:A6) |
Menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam sel A2 hingga A6. |
5 |
Setiap argumen dipisahkan oleh tanda baca koma.
Demikian adalah pengertian, cara menggunakan rumus COUNTA di excel beserta contohnya.
Ada event menarik nih buat kamu yang sedang ingin mempelajari sekaligus mempraktikan langsung mengenai rumus-rumus yang ada pada excel, dengan mengikuti program bootcamp excel dari Vocasia berikut ini.
Yuk daftarkan dirimu segera sebelum kehabisan! Klik di sini untuk daftar!
Buat kamu yang ingin mengunakan excel secara profesional untuk di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia. Kursus ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan Excel.
Dengan mengikuti kursus ini kamu akan mendapatkan beberapa benefit seperti:
- Mampu mengenali basic tools yang ada di Excel
- Mampu menggunakan Aplikasi Excel
Nikmati diskon hingga 84%!
Kamu akan mendapatkan 3,5 jam+ video yang terbagi dalam 60 materi pembelajaran dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun!
Sumber : kelasexcel.id & microsoft,com
Leave a Reply