Rumus atau fungsi SUM pada excel umumnya digunakan untuk menjumlahkan data.
Buat kamu yang saat ini sedang mempelajari cara menggunakan excel dengan optimal, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas tentang rumus SUM sekaligus cara penggunaannya.
- Baca juga: Fungsi rumus count di excel
Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan ini dengan seksama!
Pengertian rumus SUM di excel
Rumus SUM merupakan salah satu fungsi pada excel yang digunakan untuk memudahkan kita menjumlahkan dara serta menambahkan semua suatu angka menjadi suatu argumen.
Rumus SUM bisa kamu gunakan untuk menjumlahkan beberapa data atau angka yang tedapat do beberapa sel atau range yang diinginkan.
- Baca juga: Fungsi rumus counta di excel
Cara menggunakan rumus SUM di excel beserta contohnya
Formula rumus :
Contoh penggunaanya :
Berikut adalah rumus yang menggunakan dua rentangsel: =SUM(A2:A4,C2:C3) menjumlahkan angka dalam rentang A2:A4 dan C2:C3. Kamu menekan Enter untuk mendapatkan total 39787.
Langkahnya:
- Ketik =SUM dalam sel, diikuti dengan tanda kurung buka (.
-
Untuk memasukkan rentang rumus pertama, yang disebut argumen (bagian data yang perlu dijalankan rumus), ketik A2:A4 (atau pilih sel A2 dan seret melalui sel A6).
- Ketik koma (,) untuk memisahkan argumen pertama dari argumen berikutnya.
- Ketikkan argumen kedua, C2:C3 (atau seret untuk memilih sel).
- Ketik tanda kurung tutup ), lalu tekan Enter.
Setiap argumen dipisahkan oleh tanda baca koma.
- Baca juga: Fungsi Rumus average di excel
Demikian adalah pengertian, cara menggunakan rumus SUM di excel beserta contohnya.
Ada event menarik nih buat kamu yang sedang ingin mempelajari sekaligus mempraktikan langsung mengenai rumus-rumus yang ada pada excel, dengan mengikuti program bootcamp excel dari Vocasia berikut ini.
Yuk daftarkan dirimu segera sebelum kehabisan! Klik di sini untuk daftar!
Buat kamu yang ingin mengunakan excel secara profesional untuk di dunia kerja, kamu bisa mengikuti kursus “Basic Excel Training For Professional Employees & Recruitment Selection Candidates” dari Vocasia. Kursus ini sangat cocok buat kamu yang masih pemula dalam menggunakan Excel.
Dengan mengikuti kursus ini kamu akan mendapatkan beberapa benefit seperti:
- Mampu mengenali basic tools yang ada di Excel
- Mampu menggunakan Aplikasi Excel
Nikmati diskon hingga 84%!
Kamu akan mendapatkan 3,5 jam+ video yang terbagi dalam 60 materi pembelajaran dan bisa diakses kapanpun dan dimanapun!
Klik disini untuk daftar sekarang!
Sumber : kelasexcel.id & microsoft,com
Leave a Reply