Baca Juga | Kata-Kata Promosi di Facebook yang Menarik untuk Bisnismu
Tahukah kamu? Indonesia menepati nomor 4 pengguna facebook terbanyak di dunia. Menurut data melalui website teknologi bisnis.com Indonesia total pengguna akun facebook pada tahun 2019 sebanyak 120 juta atau 44.94 dari total populasi dan setiap tahunnya posisi itu menaik sampai saat ini. Ini menandakan bahwa kamu mempunyai kesempatan menggunakan aplikasi facebook sebagai wadah tempat promosi yaitu dengan menggunakan fitur facebook advertising yang dimana ini merupakan langkah awal untuk mamasang iklan di facebook, Instagram, messenger. Di Fitur facebook advertising pun saat ini sudah terhubung sebanyak 1,6 miliar orang lohh ini bisa sebagai bentuk promosi produk Anda ke semua pengguna facebook sehingga ini dapat meningkatkan omzet penjualanmu. Dengan aplikasi Pengelola Iklan untuk iOS dan Android, Anda bisa terus memantau kampanye kapan saja dan di mana saja. Anda tetap bisa membuat dan mengedit iklan, melacak kinerjanya, dan mengelola anggaran serta jadwal iklan di mana pun Anda berada.
Baca Juga | Kata – kata Promosi Menarik untuk Bisnis Onlinemu di Instagram
Dengan ini kamu bisa mencoba tips-tips ini sebagai panduan untuk memasang iklan secara mudah.
1. Memilih Tujuan Anda Untuk Memulai Iklan
Baca Juga | 5 Fungsi Manajeman Operasi pada Bisnis, Optimalkan Pencapaian Perusahaan!
Tujuan ini menentukan fokus yang akan Anda ingin capai. Iklan Facebook ini akan membantu kamu mendapatkan sasaran kampanye atau kategori iklan yang sesuai dengan produk Anda. Ini adalahp pilihan pertama saat kamu membuka laman untuk membuat iklan.
· Brand Awarness
Meningkatkan ad recall atau kesadaran orang untuk tertarik mengunjungi iklan yang ditampilkan melalui postingan halaman maupun tayangan video.
Baca Juga | 7 Cara Mudah Membangun Brand Sendiri, Dijamin Berhasil!
· Menampilkan jangkauan
Anda dapat menampilkan iklan sebanyak mungkin tanpa melampaui anggaran dana atau bisa juga memilih hanya untuk menjangkau orang yang berada di sekitar lokasi bisnis Anda.
2. Memilih target pemasaran
Baca Juga | 5 Tips Pasang Iklan di Tokopedia Agar Jumlah Pengunjung Meningkat
Facebook akan menampilkan secara otomatis jika calon pengunjung Di dalam facebook ada 3 macam-macam fitur pemirsa, yaitu:
- Pemirsa Inti
Menentukan pemirsa berdasarkan kriteria seperti usia, minat, lokasi geografis, dan lain-lain.
- Pemirsa Khusus
Kembali terhubung dengan orang yang pernah berinteraksi dengan bisnis Anda, baik secara online maupun offline. Misalnya : Daftar kontak, pengunjung situs, pengguna aplikasi.
- Pemirsa Serupa
Jangkau orang baru yang minatnya serupa dengan para pelanggan terbaik Anda.
3. Menentukan Penempatan yang Bagus Untuk Memasang Iklan
Baca Juga | 6 Tips Mudah Beriklan di Shopee untuk Kamu yang Baru Memulai Bisnis
Tergantung tujuan yang dipilih saat membuat kampanye, iklan Anda bisa muncul di Facebook, Instagram, Messenger. Mengelola Iklan dikelompokkan berdasarkan cara orang melihat iklan Anda di seluruh platform. Misalnya, orang memiliki pengalaman serupa dengan iklan Stories di Facebook, Instagram, dan Messenger.
4. Menentukan Biaya Iklan
Baca Juga | Simak 6 Cara Mudah Memasang Iklan di Bukalapak
Masukan biaya harian atau masa promosi dan periode waktu yang inginkan selama menjalankan iklan. Beberapa jenis iklan tingkat lanjut membutuhkan jumlah belanja minimal agar bisa dijalankan. Anda akan diberi tahu tentang hal ini saat membuatnya. Biaya ini semua bisa anda control secara keseluruhan.
5. Memilih Format Iklan
Baca Juga | Berikut 6 Jenis Iklan Berdasarkan Medianya
Memilih salah satu dari enam format yang telah disediakan oleh facebook secara fleksibel, semuanya dirancang agar berfungsi efektif di semua perangkat dan kecepatan koneksi . Anda bisa mengedit iklan dalam bentu video atau gambar yang dilengkapi caption sesuai produk Anda menjadi sebuah cerita bisnis Anda. Tampilkan bisnis Anda secara menonjol di Facebook, Instagram, Messenger, dengan iklan yang menjangkau konsumen melalui perangkat Anda.
6. Mulai Mengelola Akun
Baca Juga | Simak Yuk 10 Cara Mudah Beriklan di OLX
Setelah selesai terupload, iklan akan masuk ke laman lelang iklan yang akan membantu mengarahkan ke pengguna tepat. Setelah itu Anda dapat melacak kampanye dan mengedit di laman Pengelola Iklan. Track secara berkala apakah iklan yang Anda pasang meningkat atau mungkin sebaliknya menurun jika dibandingkan dengan iklan yang lain. Jika iya Anda bisa mengatur perubahan dan melakukan penyesuaian.
Nah itu semua tips – tips untuk memasang iklan di facebook. Gimana mudah kan? Oh iyaa.. Jangan lupa untuk fokus memposting sesuai target pasarmu agar mereka tertarik dengan produkmu dan mendapatkan peluang lebih besar untuk mereka like, comment dan share postingan Anda.
Baca Juga | Kata – kata Promosi Whatsapp yang Menarik untuk Olshop Anda