Tanggal:21 February 2024
TOEFL vs IELTS

TOEFL VS IELTS? Apakah Sama?

TOEFL vs IELTS beda atau sama? Kemampuan berbahasa inggris adalah salah satu syarat untuk kamu yang akan kuliah di luar negeri. Saat ini terdapat 2 tes untuk mengukur kemampuan berbahasa inggris yang diterima oleh universitas – universitas di luar negeri yaitu TOEFL dan IELTS. Tes Toefl dan IELTS terdiri dari kemampuan reading (membaca), listening (mendengarkan), speaking (berbicara), dan writing (menulis).

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Lalu manakah yang lebih penting? TOEFL atau IELTS?

Apa itu TOEFL?

TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language berupa tes untuk membuktikan kemampuan dan keterampilan kamu dalam menggunakan bahasa Inggris. Hasil dari tes TOEFL berlaku selama 2 tahun.

Apa itu IELTS?

IELTS (International English Language Testing System) adalah sebuah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris skala Internasional yang sangat populer pada saat ini. Fungsi IELTS adalah untuk keperluan pekerjaan, sekolah dan migrasi di luar negeri, IELTS pertama kali dikenalkan pada tahun 1989 sebagai tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional untuk mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris.

IELTS sudah diklaim dan dikelola  oleh 3 organisasi, yang pertama yaitu British Council kemudian yang kedua IDP: IELTS Australia dan yang terakhir adalah Cambridge English Language Assessment.Bersama dengan TOEFL, IELTS keduanya merupakan salah satu dari dua tes bahasa kemampuan bahasa Inggris utama di dunia. Tes IELTS ini telah diakui di sebagian besar negara di dunia karena saat ini terdapat lebih dari 1,000 pusat tes yang tersebar di 140 negara.

Memilih TOEFL vs IELTS tergantung dari negara tujuan kamu

Toefl diterima dan diakui oleh lebih dari 11.000  Universitas di 150 lebih negara. Saat ini, sekitar 90% Universitas di Amerika Serikat menyarankan para pelajar internasional untuk menyerahkan hasil nilai TOEFL saat mendaftar ke institusi mereka. Selain di Amerika Serikat, Tes TOEFL juga diterima sebagai salah satu persyaratan untuk masuk Universitas seperti di Kanada, Australia, Selandia Baru,  Jerman, dan Prancis.

Untuk IELTS diterima dan diakui mayoritas universitas di Australia, Kanada, Inggris, Irlandia, Selandia Baru, dan wilayah Eropa. IELTS juga diterima dan diakui oleh sekitar 3.000 universitas di Amerika Serikat.

Perbedaan TOEFL vs IELTS

Meskipun keduanya merupakan tes untuk mengukur kemampuan bahasa inggris. Toelf dan IELTS memliki perbedaan antara lain :

1. Negara

Perbedaan pertama antara TOEFL dan IELTS adalah dari sisi negara. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda bisa dari hasil tes TOEFL atau IELTS untuk pelajar internasional saat masuk ke institusi pendidikan tinggi di negaranya.

2. Jenis

Pada tes TOEFL terdapat 2 jenis yaitu TOEFL IBT (Internet Based Test) dan PBT (Paper Based Test). TOEFL IBT dilakukan secara online dengan menggunakan komputer, sedangkan PBT menggunakan kertas.

Sama seperti TOEFL , Tes IELTS juga terdapat 2 jenis yaitu IELTS untuk akademis (IELTS academic test) dan umum (IELTS general test). Oleh karena itu, kita harus mengetahui tujuan kita melakukan tes IELTS tersebut. Apabila tujuan kita adalah untuk persyaratan masuk universitas, maka pilih tes IELTS akademis. Apabila untuk kebutuhan bekerja atau untuk kepentingan imigrasi, pilihlah tes IELTS umum.

3. Tujuan

TOEFL biasanya untuk tujuan akademis dan pekerjaan sedangkan IELTS bisa digunakan untuk tujuan akademis, pekerjaan, atau imigrasi. Untuk tes TOEFL lebih diterima di Kanada. Akan tetapi, apabila kita ingin pindah ke Kanada secara permanen, kita harus menggunakan IELTS, karena setiap negara memiliki kebijakannya masing-masing akan hal ini. Untuk itu, sebelum mengambil tes TOEFL atau IELTS, kita harus benar-benar tahu tujuan dan negara yang akan kita tuju.

4. Format dan Struktur Tes

Pada tes TOEFL semua pertanyaan berjenis pilihan ganda. Sedangkan pada tes IELTS jenis pertanyaan yang diajukan bervariasi, di antaranya adalah pilihan ganda, melengkapi kalimat, true or false, menyocokan, dan sebagainya.

Pada tes TOEFL diberikan waktu selama 4 jam pada tes ini menggunakan bahasa Inggris Amerika (American accent). Sementara pada tes IELTS diberikan waktu 2 jam 40 menit pada tes ini menggunakan dengan menggunakan British accent. Kedua tes ini memliki struktur tes yang sama yaitu kemampuan reading (membaca), listening (mendengarkan), speaking (berbicara), dan writing (menulis).

5. Skoring

Dari jumlah skor, terdapat perbedaan antara tes TOEFL dan IELTS yaitu maksimal skor TOEFL adalah 677. Sedangkan sistem penilaian pada IELTS berkisar pada angka 0 – 9 .

Kursus persiapan tes TOEFL dan IELTS bersama Vocasia

Sekarang kamu sudah mengetahui apa itu TOEFL dan IELTS juga perbedaan dari keduanya. Vocasia hadir untuk membantu kamu mempersiapkan diri untuk mengikuti tes ini. Dengan harga yang terjangkau, penjelasan serta contoh soal yang mudah dipahami dan dapat mengakses video pembelajaran seumur hidup. Nah, jika kamu tertarik belajar TOEFL dan IELTS, kamu bisa menggunakan Vocasia sebagai tempat kursus mu.

Penulis : Elsa Novia Ramdani – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *