Tanggal:25 April 2024
rekomendasi podcast

7 Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris Untuk Tingkatkan Listening Skill

Apa itu Podcast?

Di era perkembangan teknologi digital yang berkembang pesat dan mudahnya akses internet, podcast atau siniar menjadi salah satu trend di Indonesia yang jumlahnya pun terus bertumbuh setiap hari. Podcast adalah konten audio yang disebar di dunia internet melalui media sosial dengan mengusung tema atau topik tertentu. Konten ini menawarkan kebebasan kepada pendengarnya untuk memilih topik yang diminati mereka, mulai dari berita, pendidikan, hobi, hiburan, cerita horor, bisnis, dan masih banyak lagi. Di zaman sekarang, podcast bukan sekedar sarana hiburan namun juga sarana belajar bahasa Inggris.

Keunggulan Podcast dibanding Radio

Walaupun mirip dengan radio, faktanya, siniar memiliki lebih banyak keunggulan daripada radio yang menjadikannya lebih diminati para penggemar. Berikut adalah beberapa kelebihan dari podcast, yaitu:

1) Tidak menayangkan iklan

Berbeda dengan radio, podcast tidak menyisipkan iklan meskipun kamu tidak berlangganan. Jadi, konten dapat didengarkan dengan nyaman dan fokus.

2) Banyak pilihan topik

Dalam suatu podcast terdapat banyak pilihan kategori dan topik pembahasan, seperti musik, film, komedi, atau lainnya.

3) Fleksibel

Podcast bersifat on-demand, sehingga kamu dapat mengunduhnya dan tidak perlu menunggu jadwal siaran seperti radio. 

4) Format yang variatif

Format yang dimiliki media ini bervariasi, dari pendek hingga berjam-jam.

Manfaat Podcast Bahasa Inggris

Tak hanya melalui film dan musik, sekarang kamu bisa memanfaatkan podcast menjadi sarana menambah pengalaman belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa, khususnya Bahasa Inggris. Beberapa manfaat utama dari mendengarkan siniar bahasa Inggris antara lain:

1) Meningkatkan listening skill (kemampuan mendengarkan)

Mendengarkan podcast Bahasa Inggris secara rutin akan membantu melatih telinga dan memperbaiki kemampuan mendengarkan. Kamu akan terpapar dan mulai terbiasa dengan beragam aksen, intonasi, dan kecepatan berbicara, sehingga lebih mudah memahami pembicaraan nyata. Selain itu, listening skill yang bagus pastinya akan sangat membantumu ketika kamu mengambil tes kemampuan Bahasa Inggris, seperti TOEFL maupun IELTS.

2) Memperbanyak kosakata dan memperbaiki pengucapan

Melalui berbagai topik yang tersedia di internet, kamu bisa meng-explore berbagai kosakata dan memperluas pengetahuan kosakatamu. Kamu juga bisa mempraktikkan pengucapan kata yang tepat setelah mendengar dari penutur asli bahasa Inggris.

3) Meningkatkan pemahaman tata bahasa atau grammar

Semakin sering kamu terpapar oleh bahasa Inggris, maka pemahamanmu tentang tata bahasa yang tepat juga akan semakin kuat. Kamu akan terbiasa dengan penggunaan kata kerja, struktur kalimat, idiom, bahkan slang yang sering dipakai dalam konteks nyata. Oleh karena itu, kamu juga bisa semakin leluasa dan lancar untuk mengungkapkan pikiran atau pendapat.

Rekomendasi Podcast Bahasa Inggris

Setelah mengenal siniar lebih dalam dan mengetahui bagaimana pentingnya siniar Bahasa Inggris, Minvo bakal kasih 7 rekomendasi siniar bahasa Inggris terbaik buat kamu yang ingin jago bahasa Inggris dan mau meningkatkan listening skill!

1. Ted-Ed

Ted-Ed memiliki misi untuk menciptakan pelajaran yang layak untuk dibagikan. Tak hanya konten audio, namun kamu juga akan dipuaskan dengan film animasi pendek yang telah meraih penghargaan.

2. BBC Learning English

Memiliki subscribers lebih dari 5 juta, BBC Learning English menyediakan video, siniar, tutorial, hingga kelas yang diunggah tiap minggu untuk membantumu belajar dan meningkatkan kemampuan speaking, listening, dan vocabulary and pronunciation.

3. DIVE Studios

Meskipun dibintangi oleh artis-artis K-pop, percakapan pada siniar Dive Studios ini disajikan menggunakan bahasa Inggris dengan topik-topik pembahasan yang variatif, seperti budaya, gaya hidup, dan masih banyak lagi. 

4. All Ears English

All Ears English hadir untuk membantumu belajar percakapan bahasa Inggris seperti native. Mereka percaya bahwa kesempurnaan bukanlah hal yang penting dalam belajar bahasa Inggris, namun koneksi. Mereka akan mengajakmu berani dan fasih berbahasa Inggris melalui materi pembelajaran yang menyenangkan dan membuatmu ketagihan.

5. Gals on the Go

Gals on the Go adalah siniar bertema gaya hidup yang dibawakan oleh influencer dan YouTuber Danielle Carolan dan Brooke Miccio. Siniar ini menyoroti percakapan tentang persahabatan, masa awal dewasa, tren media sosial, hubungan, keluarga, dan topik-topik menarik lainnya.

6. Real English Conversations Podcast

Real English Conversations menyediakan konten percakapan bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggrismu. Amy dan Curtis membicarakan tentang berbagai topik dalam bahasa Inggris sehari-hari yang sering kamu temui di kenyataan. Mereka tidak memiliki skrip, dan semua yang akan kamu dengar benar-benar nyata dari pasangan yang tinggal di Kanada Barat.

7. Easy Stories in English

Bersama Easy Stories in English, kamu bisa belajar bahasa Inggris secara natural tanpa harus mempelajari daftar kosakata maupun tata bahasa yang rumit. Setiap minggunya, Ariel Goodbody, seorang penulis dan guru bahasa, akan menyajikan sebuah cerita yang telah diadaptasikan setara dengan level bahasa Inggrismu.

Itulah 7 rekomendasi podcast terbaik untuk tingkatkan listening skill dari Minvo. Yuk, cek satu persatu dan temukan yang paling cocok dengan interest mu! Apabila kamu memiliki rekomendasi lain, jangan lupa bagikan dengan sobat Vocasia lainnya melalui komentar dibawah ini, ya. Selamat belajar bahasa Inggris!

Penulis : Valentina Chrysanti Herjanto – Kelompok D

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *