Tanggal:22 February 2024
trik menggunakan microsoft excel

Trik Microsoft Excel Ini Buat Kamu Auto Jadi Mahir Excel!

Trik Excel yang buat kamu auto jadi mahir Excel

ImageSource: EkrutMedia

Jika seseorang sudah mahir dalam menggunakan Microsoft Excel maka dia akan dapat bekerja dengan mudah, cepat, dan maksimal. Sebaliknya bagi seorang pemula yang belum menguasai Microso Excel, maka bisa jadi ketika proses membuat spreadsheet, menyelesaikan rumus, dan fungsi bisa sangat menakutkan.

Tidak jarang, banyak perusahaan di Indonesia saat proses seleksi terkait perekrutan karyawan mengutamakan calon karyawan yang dapat memahami penggunaan software ini. Bagi seseorang yang bekerja dibidang administrasi & pengolahan data, penggunaan Microsoft Excel sangatlah penting.

Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan beberapa trik Microsoft Excel dibawah ini yang bisa buat kamu auto jadi mahir dan tentunya dapat membantu kerjaan kamu jadi lebih mudah cepat dan maksimal.

1. Filter Data Dengan Format Tanggal Menggunakan Timline Slicer

Kegunaan dari fitur Timeline Slicer ini adalah dapat memfilter data pada PivotTable dengan format data tanggal. Buka file PivotChart.xlsx. Lalu klik worksheet “Slicer“ dan letakan pointer pada Area Data

Selanjutnya buatlah laporan menggunakan Pivot Table menggunakan “TGL” dan “Total“. Kemudian letakan pointer pada area PivotTable. Tambahkan Timeline Slicer untuk memfilter data dengan cara masuk ke tab Insert atau Analyze.

Dan pilih Timeline Slicer Pada window Timeline slicer gunakan checklist untuk memilih berdasarkan “TGL“. Klik OK, maka Timeline Slicer akan muncul pada workbook.

Adapun cara penggunaanya dengan drag (tombol) Timeline slicer. Pilih salah satu data “TGL” di slicer dan data tabel akan difilter secara otomatis. Pada timeline slicer ini kamu juga bisa membuat pilihan data berdasarkan hari, bulan, dan tahun.

2. Membuat Watermark Menggunakan Header & Footer

Untuk menandai dokumen rahasia, biasanya ditambahkan watermark sebagai pembeda dengan dokumen lain. Cara membuat watermark dapat menggunakan fitur fitur Header & Footer dengan cara menyisipkan gambar.

Langkah pertama, buka dokumen Excel yang ingin diberi Watermark. Lalu klik Insert dan buka dropdown text untuk memilih opsi Header & Footer. Selanjutnya kamu akan dibawa menuju menu Design, klik menu Picture untuk menambahkan gambar atau logo.

Lalu kamu dapat memilih menu Work Offline untuk mengunggah gambar yang tersimpan di computer/laptop. Setelah memilih gambar, klik gambar tersebut dan pilih Insert untuk memasukkannya.

Kemudian kamu dapat mengatur posisi dengan meletakkan kursor sebelum tulisan [&Picture]. Selanjutnya atur posisi gambar sesuai keinginan kamu dengan cara klik enter beberapa kali, posisi gambar akan turun ke tengah halaman.Setelah itu, klik Sel di bagian luar Header untuk melihat tampilan gambar di lembar kerja.

Disini jamu juga dapat mengatur ukuran gambar, dengan cara klik Format Picture pada Header & Footer Elements Grup. Kemudian pada Tab menu Size, ubah scale sesuai kebutuhan. Klik OK untuk menyimpan pengaturan gambar tersebut. Sekarang, file Excel kamu sudah berhasil ditambahkan watermark.

3. Menyembunyikan teks/tulisan di Excel

Fitur menyembunyikan teks di excel sangat berguna untuk menyembunyikan teks dalam sel yang tidak ingin kamu perlihatkan tetapi kamu juga tidak ingin menghapusnya. Langsung saja masuk ke caranya, kamu dapat membuka lembar rentang Excel di Microsoft Excel. Lalu pilih sel yang yang ingin kamu sembunyikan.

Selanjutnya klik kanan dan pilih Format Sel. Kemudian kamu akan masuk menu format sel. Langkah selanjutnya klik tab number dan pilih kategori Custom. Pada kolom type, ketik tiga titik koma. Klik OK dan data sel kamu sekarang sudah disembunyikan secara otomatis.

Nah itu tadi merupakan 3 trik Microsoft excel yang wajib kamu coba, buat kamu yang tertarik buat belajar Excel dan mau tau trik-trik Excel lainnya. Kamu bisa lho daftar kursus “Mahir Microsoft Excel” di Vocasia. Cek link dibawah ini untuk info kursus selengkapnya.

https://bit.ly/3ODoX4l

Penulis : Ilham Mahdika Saputra – Kelompok B

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

pelatihan mengelola peran dan tanggung jawab pekerjaan vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *