Site icon Vocasia

Tugas dan Peran Administrasi Marketing

Administrasi marketing (rawpixel.com)

Administrasi marketing (rawpixel.com)

Apa itu administrasi marketing?

Seorang administrasi pemasaran merencanakan, mengarahkan, dan mengatur struktur pemasaran suatu bisnis. Pelajari tentang persyaratan pendidikan dan langkah-langkah lain dalam peta jalan karir untuk administrator pemasaran.

Administrator pemasaran mengoordinasikan kegiatan departemen pemasaran dan Humas, yang dapat mencakup penempatan iklan dan mengoordinasikan logistik pameran dagang dan acara khusus. Untuk memastikan strategi periklanan mereka tetap relevan, mereka harus tetap waspada terhadap tren industri dan mampu menganalisis dan mempresentasikan riset pasar ke departemen mereka, yang memerlukan riset dan keterampilan analitis yang kuat. Karena administrator pemasaran berkomunikasi baik di dalam departemen mereka sendiri maupun dengan klien, mereka harus memiliki keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang kuat dan nyaman menangani kelompok besar. Perusahaan pemasaran biasanya menangani banyak proyek sekaligus, jadi administrator harus terorganisir dan mampu melakukan banyak tugas.

Baca Juga: Apa itu Marketing beserta Jenis-jenisnya?

Responsibilities

Langkah-langkah untuk menjadi administrator pemasaran

Langkah 1: Dapatkan Gelar Sarjana

Posisi entry-level dalam administrasi pemasaran biasanya membutuhkan gelar associate; namun, posisi manajemen tingkat menengah membutuhkan gelar sarjana. Jurusan yang berlaku untuk calon administrator pemasaran meliputi seni komunikasi, pemasaran, periklanan, dan hubungan masyarakat. Kursus dalam program ini akan melatih mereka untuk memasarkan dan membangun koneksi untuk perusahaan atau bisnis. Jurusan administrasi bisnis juga bisa menjadi pilihan yang layak.

Langkah 2: Dapatkan Pengalaman Kerja

Pekerjaan entry-level dan magang dapat ditemukan dengan majikan yang mengkhususkan diri dalam media, barang dan jasa. Posisi ini biasanya mencakup sejumlah tugas, seperti membuat buletin mingguan atau surat elektronik untuk daftar klien perusahaan, mengembangkan kampanye iklan untuk publik, dan bekerja dengan tim media untuk merancang proyek baru. Beberapa perusahaan memiliki persyaratan khusus untuk administrator pemasaran masa depan, seperti pengalaman kerja sebelumnya dalam desain grafis.

Langkah 3: Bergabunglah dengan AMA

American Marketing Association (AMA) menawarkan keanggotaan kepada para profesional di bidang pemasaran. Menjadi anggota grup ini dapat mendorong administrator pemasaran ke lebih banyak peluang karir, serta membuat mereka tetap up to date pada perubahan yang dapat mempengaruhi industri mereka. Konferensi yang diadakan oleh AMA memungkinkan anggotanya untuk membangun kontak dalam tenaga kerja pemasaran.

Langkah 4: Tingkatkan Pendidikan dan Karir Anda

Gelar master dalam administrasi bisnis dan pemasaran dapat meningkatkan prospek pekerjaan administrator pemasaran. Kursus tingkat master biasanya mencakup riset pasar, perilaku konsumen, dan pemasaran internasional. Lulusan akan memiliki keterampilan kepemimpinan dan pengetahuan teoritis yang diperlukan untuk mengambil peran yang lebih penting dalam perusahaan. Mereka mungkin juga memenuhi syarat untuk dipromosikan menjadi manajer pemasaran atau direktur. Tugas pekerjaan lanjutan mungkin termasuk menganalisis strategi pemasaran dan produk, melakukan penelitian untuk produk baru dan menerapkan program promosi.

Singkatnya, seorang administrator pemasaran biasanya membutuhkan gelar sarjana dalam pemasaran, seni komunikasi atau bidang terkait, serta pengalaman kerja dengan perusahaan yang mengkhususkan diri dalam media, barang atau jasa.

Exit mobile version