Tanggal:08 September 2024

Penting! Ini Dia Hal yang Wajib Kamu Tahu Tentang Resi Pengiriman!

Bagi kamu yang sering belanja online atau mengirim barang, tentu sudah tidak asing lagi mendengar istilah resi. Untuk memantau perpindahan barang dari penjual ke tangan pembeli, para jasa ekspedisi akan menyediakan nomor resi pengiriman.

Nah, buat kamu yang ingin mengetahui lebih jauh tentang resi pengiriman, terutama cara cek no resi, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Resi Pengiriman

Resi pengiriman adalah sebuah nomor unik yang diberikan oleh jasa ekspedisi setelah barang yang akan dikirimkan diterima oleh mereka.  

Dalam setiap resi akan tersedia informasi lengkap tentang paket yang akan dikirimkan, yaitu berupa:

  • Nomor resi
  • Nama penerima
  • Alamat
  • Nomor telepon penerima
  • Nama pengirim
  • Nama barang
  • Deskripsi barang

Di Bukalapak sendiri, sudah menggunakan resi otomatis. Resi otomatis adalah fitur yang berfungsi mencatat alamat, resi, serta ongkos pengiriman secara otomatis dan memberikannya kepada ekspedisi yang bersangkutan sehingga penjual tidak perlu menuliskannya lagi secara manual. Penjual akan mendapatkan suatu kode booking untuk diserahkan ke pihak ekspedisi. 

Dengan fitur ini, penjual tidak perlu lagi memasukkan nomor resi secara manual maupun membayar ongkos pengiriman di agen. Nomor resi akan langsung masuk ke akun toko penjual maupun pembeli, dan dana yang diterima penjual merupakan dana yang telah dikurangi ongkos kirim.

Terlebih lagi, jika kamu menggunakan resi otomatis Bukalapak, kamu juga akan mendapatkan cashback dari kurir yang sudah menyediakan resi otomatis di Bukalapak.

Yuk, Daftar Seller Bukalapak Sekarang!

Fungsi Nomor Resi Pengiriman

Nomor resi ini merupakan nomor unik yang dihasilkan secara acak sebagai identitas dari setiap pengiriman. Nomor unik ini dibuat karena berfungsi untuk beberapa hal, berikut adalah beberapa di antaranya.

Tanda paket telah dikirim

Nomor resi akan diberikan langsung ke pengirim saat barang telah diterima oleh jasa ekspedisi. Nomor inilah yang akan dijadikan pegangan bagi pengirim/penjual bahwa barang telah dikirimkan. Pengirim/penjual bisa mengirimkan nomor resi ini ke pihak penerima/pembeli sebagai tanda bukti pengiriman.

Melacak paket

Dari sisi penerima barang/pembeli, nomor resi ini berfungsi sebagai nomor unik yang bisa digunakan untuk melacak proses pengiriman. Selain melacak posisi barang terkini, nomor resi juga akan memberikan estimasi waktu barang akan sampai di tempat tujuan.

Mengambil barang ke kantor ekspedisi

Dalam kondisi tertentu, misalnya alamat penerima tidak ditemukan atau tidak ada yang menerima paket di tempat tujuan, biasanya jasa ekspedisi akan menyimpan paket tersebut di kantor agen terdekat dari alamat. Nah, untuk bisa mengambil paketnya ke kantor ekspedisi, pihak penerima bisa menggunakan nomor resi ini sebagai syarat pengambilan barang beserta dokumen lainnya seperti fotokopi KTP atau identitas lainnya.

Mempermudah alur transaksi

Sebagai penjual, resi bisa mempermudah alur transaksi jual beli online. Hal ini karena dengan adanya resi otomatis, penjual tidak perlu melakukan pembaruan status pengiriman secara manual. Resi juga bisa membantu penjual dalam melakukan pengelolaan stok barang dengan mengetahui jumlah barang yang keluar.

Memberitahu segera jika ada kesalahan

Sama jika ada kesalahan pada pengiriman, penjual bisa mengetahui segera dan bisa lacak resi untuk segera mengurus kendala tersebut ke pihak jasa kirim. Entah itu kendala penundaan pengambilan oleh kurir, kegagalan pengiriman karena pelanggan tidak ada di lokasi tujuan, dan kendala lainnya,

Menghindari tindak pencurian

Ketika ada kejanggalan atau ketidaksesuaian antara penerima dengan informasi penerima yang tercantum dalam resi, maka kamu bisa lebih mudah mengetahuinya. Hal ini karena resi memuat informasi terkait nama pengirim dan penerimanya.

Apalagi saat ini, setiap jasa kirim juga wajib menyertakan bukti foto saat pesanan diterima oleh pelanggan. Oleh karena itu, penjual dan pembeli bisa mengetahui siapa yang menerima pesanan dari kurir secara transparan. 

Cara Melacak Paket dengan Nomor Resi Pengiriman

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi dari nomor resi pengiriman, sekarang saatnya mengetahui cara cek nomor resi untuk melacak paket. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Menyalin nomor resi

Setelah mendapatkan nomor resi dari pengirim, catat nomor tersebut dan simpan baik-baik. Jika kamu belanja online, kamu bisa menyalin nomor resi yang didapat dari website atau aplikasi tempat kamu berbelanja. Pastikan kamu tidak salah menyalinkan nomor.

Buka situs jasa ekspedisi

Langkah berikutnya adalah buka situs jasa ekspedisi tempat nomor resi tersebut diterbitkan. Cari pilihan untuk melacak paket atau cek resi pengiriman. Selain lewat situs resmi, kamu juga bisa menggunakan situs-situs pihak ketiga lainnya untuk mengecek resi ini.

Salin nomor resi

Setelah menemukan pilihan untuk melacak paket atau cek resi pengiriman, salinlah nomor resi yang telah disimpan pada kolom khusus nomor resi yang ingin dicek. Tunggu beberapa saat agar sistem bisa bekerja untuk melacaknya. Setelah selesai, informasi tentang proses pengiriman pun akan tampil secara mendetail.

Pada beberapa platform, kamu bahkan bisa mendapatkan informasi berupa estimasi pengiriman sampai siapa nama kurir yang akan mengantarkan paketnya. 

Meskipun hanya nomor unik, resi adalah dokumen yang memang tidak bisa diabaikan ketika mengirim paket ekspedisi. Nomor unik ini digunakan sebagai bukti pengirim oleh pihak pengirim atau penjual.

Selain itu, bagi pihak penerima atau pembeli bisa menggunakan nomor resi ini untuk melacak status pengiriman barang. Jadi, jangan sampai kehilangan dokumen resi setelah kamu melakukan pengiriman. Siapa tahu resi juga dibutuhkan kembali ketika terjadi masalah pada proses kirim.

Secara umum, cara melakukan pengecekan resi di berbagai ekspedisi relatif sama. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan sistem cek resi berbagai ekspedisi. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu:

  • Pastikan kamu sudah mengetahui nomor resi paket yang akan dicek posisinya.
  • Buka aplikasi yang menyediakan layanan cek resi.
  • Pada kolom nomor resi, masukkan nomor unik dari dokumen resi kamu.
  • Klik cek resi dan tunggu sebentar, sampai sistem melakukan pengecekan otomatis.
  • Akan muncul informasi perjalanan paket, dari gudang pengiriman hingga posisinya saat ini. Lengkap dengan tanggal dan waktunya.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Pada intinya, setelah kamu mendapatkan nomor resi, kamu tidak perlu menanyakan keberadaan paket kepada pengirim atau penjual. Kamu bisa cek resi sendiri secara online melalui website atau aplikasi jasa pengiriman yang kamu gunakan.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang resi pengiriman. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu sudah tidak bingung lagi ya mengenai resi pengiriman! Jika masih ada yang belum jelas, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Ditulis Oleh DWI PUSPITA MAHARANI (Mahasiswa Studi Independen Batch 4)

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *