Tanggal:08 September 2024

Apa Itu Zeigarnik Effect? Apa Manfaatnya Bagi Produktivitas?

Sobat Vocasia, pernah gak, sih, kamu jadi susah tidur atau melakukan aktivitas lain karena ada tugas yang belum selesai? Seperti rasanya hidup kamu tuh terasa gelisah karena terus-terusan memikirkan tugas ini. Nah, kalo kamu mengalami hal ini, itu berarti kamu pernah merasakan apa yang dikenal sebagai Zeigarnik Effect.

Zeigarnik Effect adalah kondisi di mana seseorang merasa sulit untuk mengabaikan pekerjaan yang belum selesai. Buat kamu yang ingin mengenal lebih dalam tentang Zeigranik Effect hingga manfaatnya bagi produktivitas, kali ini Vocasia akan mengulasnya! Yuk, simak ulasan yang satu ini!

Sebenarnya, Apa Itu Zeigarnik Effect?

Ilustrasi Apa Itu Zeigarnik Effect (Sumber: Freepik.com)

Zeigarnik Effect adalah kecenderungan orang untuk mengingat tugas yang belum selesai lebih banyak dibandingkan yang sudah selesai. Seperti yang dijelaskan, kamu mungkin akan lebih mengingat tentang cerita drama Korea yang belum selesai, pekerjaan rumah yang belum selesai, atau materi ujian akhir yang belum teruji. Yap, itu semua terjadi karena Zeigarnik Effect.

Efek ini pertama kali diteliti pada tahun 1920-an oleh seorang psikolog bernama Bluma Wulfovna Zeigarnik. Suatu hari, dia mengamati seorang pelayan di sebuah restoran yang mampu mengingat semua detail pesanan pelanggan. Menariknya, para pelayan tersebut hanya mengingat pesanan saat belum disajikan atau belum dibayar. Sebaliknya, pelayan tersebut akan lupa ketika pesanan sudah selesai.

Baca Juga: Pahami Kerja Cerdas Agar Pekerjaan Terselesaikan

Terus, Apa Penyebab Zeigarnik Effect?

Ilustrasi Penyebab Zeigarnik Effect (Sumber: Freepik.com)

Mungkin dari kamu banyak yang bertanya-tanya, apa penyebab Zeigarnik Effect? Ternyata, ketegangan kognitif dari tugas yang belum selesai menyebabkan munculnya Zeigarnik Effect, seperti yang dilansir dari Good Therapy. Ketegangan kognitif ini dapat memperkuat keinginan otak untuk menyelesaikan tugas dengan cepat begitu dimulai. Ketika tugas selesai, otak terasa lega dan ketegangan dilepaskan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Bluma Zeigarnik menemukan bahwa gangguan selama proses pengerjaan tugas yang membutuhkan konsenstrasi sebenarnya dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk mengingat tugasnya setelah itu. Namun, berhasil tidaknya cara ini bagi seseorang bergantung pada beberapa faktor, antara lain: motivasi pribadi, tingkat kepercayaan diri, tingkat kelelahan, dan durasi interupsi yang dialami. 

Baca Juga: Sering Mager ? 7 Cara Ini Efektif Mengatasi Rasa Malas

Manfaat Zeigarnik Effect terhadap Produktivitas

Ilustrasi Manfaat Zeigarnik Effect (Sumber: Freepik.com)

Tau gak, sih? Pekerjaan yang belum selesai dapat memicu pikiran-pikiran mengganggu, loh, yang biasa kita kenal sebagai pikiran instruktif. Namun, pada kenyataannya apabila disikapi dengan baik dan benar, Zeigranik effect dapat meningkatkan produktivitas kamu, loh! Penasaran gimana caranya? Berikut ini beberapa manfaat dari efek Zeigarnik terhadap produktivitas:

1. Mengatasi dan mencegah procrastination

Apakah kamu termasuk seorang deadliner yang suka menunda-nunda pekerjaan? Jika iya, Zeigarnik Effect bisa membantu kamu untuk mematahkan kebiasaan menunda-nunda atau yang bisa juga disebut sebagai procastination. Meskipun cukup mengganggu, perasaan cemas dan tidak nyaman yang disebabkan oleh Zeigarnik Effect dapat mendorong kamu untuk mulai menyelesaikan tugas yang belum selesai. Jadi, secara tidak langsung, hal ini berdampak positif pada peningkatan produktivitas kamu.

2. Membentuk kebiasaan belajar yang efektif

Hayo, ngaku! Siapa nih yang kalau ada ujian sering ‘SKS’ alias pakai ‘Sistem Kebut Semalam’? Duh, kalau kamu salah satunya, yuk, segera ubah metode belajarmu sekarang! Menurut Zeigarnik Effect, setiap interupsi atau gangguan dalam menyelesaikan tugas dapat membuat kamu lebih mengingat tugas ini.

Dalam hal ini, daripada menjejali otak kamu dengan segala macam materi ujian sepanjang malam, lebih baik belajar secara bertahap. Jadwalkan studi kamu dengan merencanakan istirahat sehingga kamu dapat fokus pada hal-hal selain belajar. Saat istirahat, otak kamu akan mencoba mengingat materi yang sebelumnya terganggu. Dengan cara ini, otomatis akan lebih meningkatkan memori kamu.

3. Menjaga kesehatan mental

Kecemasan dan gangguan yang disebabkan oleh Zeigarnik Effect memang sangat mengganggu. Perasaan ini dapat membuat hidup kamu tampak gelisah selama kamu memiliki urusan yang belum selesai. Namun, pada kenyataannya jika dikelola dengan baik, efek ini bisa berdampak positif bagi kesehatan mental kamu, loh!

Salah satunya kamu akan mengarah pada kepuasan dan kepercayaan diri ketika tugas berhasil diselesaikan. Ditambah lagi, Zeigarnik Effect dapat membantu kamu untuk mencegah procastination agar tidak membuat kamu stres. Yuk, hilangkan kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan yang dapat berakibat fatal terhadap kesehatan mental kamu!

Baca Juga: 5 Cara Efektif Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Nah, itu dia penjelasan lebih detail terkait Zeigarnik Effect. Ternyata, jika kamu mengingat pekerjaan yang belum selesai adalah hal yang wajar. Bahkan hal ini dapat mendorong kamu lebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan tanpa menunda-nundanya. 

Buat Sobat Vocasia yang tertarik untuk belajar seputar personal development atau pengembangan diri, kamu bisa mengikuti berbagai pilihan kelas yang disediakan oleh Vocasia. Seperti kursus dengan topik Menguasai 7 Kebiasaan Orang yang Paling Efektif untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja” dan masih banyak lagi! Yuk, cek pilihan kelas lainnya di sini dan daftar sekarang juga! 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *